ITS News

Rabu, 01 Mei 2024
19 Januari 2008, 20:01

Uji Kreativitas dengan Penampilan Masquerade

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Setelah sukses menggelar pameran tugas akhir tanggal 17-18 Januari lalu, kini giliran Ujian Akhir Semeseter (UAS) mata kuliah Kreativitas. Seperti tradisi tahun-tahun sebelumnya tema UAS bagi mahasiswa tahun pertama adalah Masquarade. Pertunjukan uji kreativitas ini diadakan pada 19 Januari ini. Kegiatan ini diinspirasi acara yang dipopulerkan oleh masyarakat Jepang dan dianggap sebagai ajang yang pas untuk mengetahui sejauh mana tingkat kreativitas mahasiswa.

Ujian dilaksanakan di ruang kuliah yang di setiap sisinya telah ditutupi background kain hitam untuk menciptakan ilusi visual. Ujian yang diikuti oleh mahasiswa program studi Desain Komunikasi Visual dan Desain Interior ini ternyata juga cukup menarik antusiasme dari mahasiswa angkatan-angkatan sebelumnya.

Sebanyak empat belas kelompok tampil dalam ujian yang berlangsung selama kurang lebih dua setengah jam. Aplaus nyaring terdengar manakala kelompok yang tampil mampu membawakan ilusi visual yang menarik. Salah satunya adalah kelompok 3 saat menampilkan atraksi bermain bola bertajuk Liga Brutal. Menanggapi hal ini salah satu anggota kelompok Eka Pramudita Muharram mengaku puas.

”Bisa dibilang kami mengeluarkan biaya nol untuk ujian kali ini. Untuk properti kami menggunakan bahan yang sudah ada. Seminggu terakhir kami latihan non-stop, mungkin sekitar dua puluh kali lebih,” ujarnya. Kerja keras mereka tidak sia-sia. Kelompok yang seluruh anggotanya laki-laki ini diganjar dengan nilai A.

Kisah lucu datang dari Kelompok 14. Kelompok yang menampilkan atraksi menyikat gigi superbesar ini mengaku ada saja kejadian-kejadian yang menghambat proses latihan mereka. ”Rencananya waktu itu kami mau gladi. Sudah agak lega karena sebelumnya rasanya ada saja hambatannya. Eh, helm saya kecurian akhirnya latihannya molor lagi karena saya harus ke kantor polisi,” ucap Widi Sarinastiti dari Desain Komunikasi Visual sambil tertawa geli. “Tapi kami berusaha berpikir positif saja dan alhamdulillah nilainya juga tidak mengecewakan,” lanjutnya.

UAS Kreativitas ini adalah ujian terakhir bagi mahasiswa angkatan 2007 prodi Desain Komunikasi Visual dan Interior dan penutup semester ini. Setelah ini, para mahasiswa dapat menikmati libur hingga awal semester depan.(tyz/rif)

Berita Terkait