ITS News

Sabtu, 04 Mei 2024
19 September 2007, 02:09

Mahasiswa Asing di ITS Bertambah

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Kesepuluh mahasiswa asing tersebut semuanya mengikuti perkuliahan di ITS untuk program master (S-2) dari berbagai disiplin ilmu. Mereka adalah Kaisone Sonthikhoummane dari Laopor (Fisika FMIPA), Esther Wanjiru Njotoge dari Kenya (Kimia FMIPA), Thambatshira Johannes Tshifaro dari Afrika Selatan (Kimia FMIPA), Eltaf Abd Alsalam Mohamed Basher dari Sudan (Teknik Elektro), Suliman Badawi Ahmed Mohamed dari Sudan (Teknik Sipil), Mohammad Tajul Islam Mollah dari Bangladesh (Teknik Lingkungan), MD Anisuzzaman Siddique dari Bangladesh (Teknik Informatika), Papa Diene Siene dari Senegal (Teknik Informatika), Chimwemwe Bright Nyironggo dari Malawi (Teknik Sipil), dan Anthony Kbet Ngeno dari Kenya (Teknik Informatika).

”Sebagian dari para mahasiswa asing ini sudah melakukan daftar ulang, tapi kami belum bisa memastikan apakah keseluruhannya nanti mendaftar ulang atau tidak,” jelas Eddy Soedjono, kepala International Office (IO) ITS, Selasa (18/9).

Menurut Eddy, tahun ini sebenarnya ITS meloloskan 16 dari 25 pendaftar mahasiswa asing. Namun hanya 10 orang yang akhirnya disetujui oleh Ditjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Depdiknas. ”ITS sebenarnya tidak pernah membatasi jumlah mahasiswa asing yang bisa diterima, asalkan bisa memenuhi kriteria yang ditentukan,” jelasnya.

Dikatakan Eddy, beasiswa untuk para mahasiswa asing dari program KNB ini berasal dari dana DIPA Ditjen Dikti tahun anggaran 2007. Karena itu, Dikti ikut menentukan jumlah mahasiswa yang disetujui untuk mendapatkan beasiswa tersebut sesuai jumlah anggaran yang ada.

Meski mereka telah diterima, lanjut Eddy, para mahasiswa asing ini masih harus mengikuti kelas pelajaran Bahasa Indonesia selama 8 bulan. Setelah itu, baru mereka bisa mengikuti perkuliahan pascasarjana selama dua tahun pada tahun ajaran berikutnya. (Humas/jie)

Berita Terkait