ITS News

Senin, 29 April 2024
11 Mei 2007, 14:05

Workshop Robotika LCEN, Diramaikan Mahasiswa

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Tak bisa dipungkiri, teknologi robot mutlak diperlukan dalam berbagai proses, khususnya dalam otomatisasi industri. Inilah yang mendasari Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro (Himatektro) bekerjasama dengan club Robotik PT G-Com Teknologi, menggelar pelatihan robot. Dengan mengangkat tema Membuat Robot Itu Mudah, panitia ingin memperkenalkan teknologi jenis ini kepada peserta.

Dalam acara ini, awalnya peserta diperkenalkan mengenai pengertian robot termasuk bagian-bagiannya.Selain itu, mereka juga diberikan penjelasan dengan kontruksi robot G-Com oleh Lukas GEE, tutor dari PT G-Com Teknologi.

Menurut Henri Sukamajaya, salah satu event organizer (baca: panitia pelaksana) acara, peserta ditutut merakit sebuah mekanik robot sekaligus mengisi elektronik robot tersebut dengan program. "Selanjutnya, nanti pada hari Sabtu, hasil dari robot yang dibuat mereka ditandingkan di arena yang telah disiapkan," papar mahasiswa Teknik Elektro angkatan 2005.

Masing-masing tim peserta, lanjut mahasiswa yang akrab disapa Henri ini, diberikan fasilitas personal computer, sehingga membuat penyampaian materi dari pembicara lebih efektif dan dapat langsung direspon peserta. Disamping itu, panitia pendamping sebelumnya juga dibekali training dulu agar dapat memberikan penjelasan pada peserta.

Menurut mahasiswa asal Lamongan ini pula, target utama dari acara adalah siswa-siswi setingkat SMA. "Tapi, kenyataannya peserta yang mendaftar paling banyak yaitu dari kalangan mahasiswa sendiri," tandas Henri. Rinciannya, peserta dari SMA kurang lebih hanya empat tim, sedangkan dari mahasiswa sekitar 18 tim.

Namun, imbuh Henri, jika dilihat dari jumlah peserta, maka kegiatan ini telah melebihi target. ”Target kami dalam workshop ini awalnya 20 tim,” pungkasnya. (@nx/th@)

Berita Terkait