ITS News

Senin, 29 April 2024
10 Mei 2007, 12:05

Finalis Hadirkan Teknologi Unik

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Sekitar pukul dua siang, raut meyakinkan tergambar jelas di wajah para finalis saat mempresentasikan alat yang dihasilkannya di hadapan para pengunjung. Mereka berusaha meyakinkan pengujung kalau alat yang mereka buat adalah karya terbaik dengan menjelaskan beragam keunggulan yang dimilkinya.

Seperti I Dewa Putu Adhika Happy Putra dan Samuel Elkana Gautama Nata Praja, salah satu finalis dari SMP Kristen Petra 3 yang menunjukan karya uniknya, closet without water. Awalnya alat ini memang terlihat aneh, sebagaimana umumnya closet membutuhkan air untuk membuang kotoran di dalamnya. Tapi tidak menurut Samuel, ”Closet ini memanfaatkan massa jenis minyak yang lebih kecil dari air. Sehingga jika ada orang buang air kecil maka posisi urine akan berada di bawah dan bisa langsung masuk pembuangan."

Agar minyak tersebut tidak ikut terbuang bersama urine dan ke pembuangan, maka dibuatlah  katup dengan detektor sehingga akan tertutup secara otomatis. Menurut Samuel, closet seperti ini berperang penting terutama untuk toilet umum. Karena tidak akan banyak air yang tumpah dan mengurangi bau tidak sedap.

Melihat alat yang unik dan kreatif  ini, para pengunjung pun mulai mengajukan banyak pertanyaan. Seperti mengenai minyaknya, apakah nanti tidak ikut berbau? Dengan gaya yang meyakinkan, Andhika kemudian menjelaskan bahwa minyak yang digunakan akan ditaburi pewangi powder yang larut sehingga bisa menekan bau tersebut.

Ada pula karya yang banyak menarik perhatian pengunjung, yaitu Blowing Box Dryer atau bisa disebut kotak pengering baju dari SMA YPS Soroako. Alat ini seperti lemari berbentuk kotak namun memiliki suhu dalam yang bisa diatur. Kotak ini mampu mendeteksi apakah baju yang dimasukkan kedalam box dryer sudah kering atau belum. Menurut guru pembimbing tim ini, Blowing Box Dryer selain sederhana dan tepat guna juga bisa dibuat dengan harga yang murah. Total realisasi alat hanya sekitar Rp 350 ribu

Selain lomba pembuatan alat elektronika, LCEN 2007 ini juga akan mengadakan Workshop Robotika yang dilaksanakan mulai hari ini (10/5).(@nx/ftr)

Berita Terkait