ITS News

Sabtu, 04 Mei 2024
27 April 2007, 11:04

Pelatihan Tender Kapal Semarakkan Sampan

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Pelatihan tender Kapal merupakan salah satu rangkaian kegiatan Semarak Mahasiswa Perkapalan (Sampan) ITS, digelar selama tiga hari sejak Kamis (26/4) kemarin. Bertempat di dua tempat yaitu ruang Seminar Fakultas Teknologi Kelautan dan ruang Seminar Perpustakaan ITS lt.2, pelatihan ini tak hanya dihadiri mahasiswa Teknik Perkapalan ITS, tapi juga kalangan luar. Setidaknya, terdapat delapan Perguruan Tinggi lain yang memiliki jurusan Teknik Perkapalan yang juga turut mengikuti pelatihan ini. Misalnya, UHT, ITATS, Undip, Unhas, UPN Jakarta, dan UI.

Menurut Roynando Napitupulu, Ketua Panitia, pelatihan ini dimaksudkan agar setelah lulus, mahasiswa memiliki bekal untuk mengenalkan kapal buatannya. ”Akan percuma jika hanya bisa membuat kapal namun tidak menjual kapal kita ataupun menarik owner untuk menjadi investor,” ujar Roy.

Dalam pelatihan ini, selama tiga hari, peserta disuguhi materi yang berkaitan dengan tender. Hari pertama, PT Pertamina mentatar peserta tentang pengadaan kapal baru. Di sana, dibahas secara tuntas mengenai Rencana Kerja dan Syarat-syarat (RKS) Pengadaan. Sebagai pengantar, Pertamina juga memaparkan tentang peraturan yang terkait, etika pengadaan serta teknis pelaksanaannya.

Sedangkan, hari kedua, giliran pihak PT Dok dan Perkapalan Surabaya yang menjelaskan seluk beluk pelelangan kapal nasional. Selanjutnya, hari terakhir kesempatan PT PAL memaparkan tentang pelelangan kapal dalam skala internasional.

Dengan pelatihan ini, diharapkan ada tambahan skill untuk mahasiswa. ”Hal ini juga merupakan pembenahan bagi mahasiswa agar menjadi lulusan yang berkualitas dalam rangka pembangunan kapal Indonesia,” tandas Roy mengakhiri wawancara. (Zn/rif/th@)

Berita Terkait