ITS News

Sabtu, 04 Mei 2024
27 April 2007, 11:04

ITS Futsal Competition, 36 Tim Siap Berlaga

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Tak lama lagi, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Sepak bola ITS akan menggelar Futsal Competition 2007 ITS. Kali ini, peserta terdiri dari perwakilan mahasiswa tiap jurusan di ITS. Sedikitnya, 36 tim akan siap bertanding tak kurang lebih sebulan ke depan, mulai 24 April hingga 20 Mei 2007. Agar tidak mengganggu perkuliahan, pertandingan futsal akan dilaksanakan pada Sabtu dan Minggu di Lapangan Futsal Outdor ITS.

Tim akan menjalani dua kali sistem seleksi. Awalnya, sebanyak 36 tim itu akan berkompetisi dengan sistem gugur. Setelah itu, akan diambil delapan tim yang lolos, dan akan kembali berkompetisi dengan sistem group. Hal ini dilakukan, mengingat keterbatasan waktu dan tempat. “Soalnya kita sendiri juga terbatas masalah tempat, karena ITS sendiri belum punya lapangan Indoor. Dan kalau hujan, pertandingan terpaksa ditunda dan diganti di lain waktu,” ujar mahasiswa bernama lengkap Andri Maulana Novianto ini.

Bermula dari pengalaman sebelumnya, kali ini panitia mencoba bersikap professional. Hal ini dibuktikan, dengan dibuatnya berbagai peraturan yang mengikat tim. Terkait selama pertandingan berlangsung maupun proses registrasi.

Tim yang akan mendaftar, diharuskan menunjukkan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) sebagai bukti, serta mengisi surat perjanjian bermaterai yang berisi tentang peraturan yang berlaku. Hal ini digunakan, bila sewaktu-waktu ada tim yang melanggar peraturan, maka secara otomatis mendapat hukuman yang sesuai dalam surat perjanjian tersebut.

“Contohnya, bila ada tim nanti yang terlibat tawuran, maka akan didiskualifikasi dan dikenakan denda. Kemudian, keterlambatan peserta dibatasi hanya sampai lima menit, selebihnya akan dianggap WO (walk out, red),” papar Andri.

Tak ketinggalan, aturan pun diterapkan bagi pemain. Peraturan dibuat serupa seperti permainan futsal yang ada sebelumnya. Futsal Competition ITS ini akan dipimpin wasit proffesional asal Persebaya. “Kebetulan wasitnya dari Persebaya, dulu beliau pernah kuliah di ITS juga,” ungkap pria yang juga penggemar klub Persebaya ini.

Lebih lanjut, Andri selaku ketua UKM Sepak Bola ITS menjelaskan, digelarnya kegiatan ini merupakan kali pertama dilakukan oleh UKM Sepak Bola ITS. Selain itu, juga sebagai awalan didirikannya UKM Futsal ITS. “Rencananya kegiatan ini juga menjadi cikal-bakal berdirinya UKM Futsal ITS. Setelah tahu bahwa peminat futsal di ITS ternyata banyak sekali,” pungkas mahasiswa Teknik Perkapalan ITS angkatan 2004 ini. (han/rif/th@)

Berita Terkait