ITS News

Senin, 29 April 2024
15 April 2007, 11:04

Hotspot Jadikan Laptop Trend di ITS

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Di jalan koridor antara Perpustakaan Pusat dan Gedung Rektorat ITS pada malam hari bisa kita jumpai banyak mahasiswa ITS yangs sedang asyik ber-internet. Sejak pelucuran horspot ITS pada akhir Februari lalu, penggunaan laptop makin marak di ITS.

Para mahasiswa tampaknya bersemangat memanfaatkan fasilitas. ”Lagi nge-net mas, mumpung ada fasilitas gratisan,” terang Mahfud dari jurusan Teknik Perkapalan angkatan 2005.

Mahfud adalah salah satu mahasiswa yang sering memanfaatkan fasilitas hotspot. Menurut Mahfud, hotspot di ITS ini lumayan cepat jika dibandingkan dengan warnet-warnet di sekitar ITS. “Selain itu fasilitas ini kan juga gratis, jadi gak ada ruginya,” tambahnya.

Dia mempunyai laptop sejak sebelum adanya Wifi di ITS, tapi menurut pengakuannya dia getol-getolnya menggunakan laptop dan membawanya ke kampus adalah sejak adanya hotspot ini.

"Kalau ada waktu luang saya sering ngenet disini entah itu siang atau malam , apalagi kalau malam sabtu atau minggu saya hampir gak pernah absent,“ jawab Mahfud ketika ditanya berapa lama dalam sehari dia menghabiskan waktunya untuk ber-hotspot.

Situs komunitas maya jadi langganan mahasiwa ITS yang satu ini. “Biasanya saya hanya main–main aja seperti Friendster buka-buka website sesekali aja nyari bahan kuliah itupun kalau ada tugas,” tandasnya.

Sedangkan menurut Hendra Hermawan, pengguna lain hotspot ini, keberadaan hotspot di ITS ini sangat bermanfaat. Salah satunya bisa menghemat anggaran bulanan mahasiswa untuk internet. "Kalau kecepatan aksesnya menurutnya lumayan," ujarnya tentang kecepatan koneksi hotrpot ini.

Selain dari kedua mahasiswa tersebut, disekitar area itu juga terlihat beberapa mahasiswa yang juga lagi asyik internet dengan jaringan ini. Mereka pada umumnya melakukan aktivitas ini hanya untuk bersenang-senang saja atau sekedar coba-coba. Namun ada juga yang serius mencari artikel atau jurnal-jurnal ilmiah. Kebanyakan mereka membuka situs-situ virtual community (komunitas maya). Situs seperti friendster.com menjadi favorit dari mahasiswa ITS ini. (@nx/ rif)

Berita Terkait