ITS News

Kamis, 16 Mei 2024
26 Januari 2007, 01:01

ITS Coba Kurangi Kesenjangan Tim Robot

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Bicara mengenai KRI dan KRCI, pasti tak lepas dari PENS yang telah memborong kemenangan dalam beberapa tahun terakhir ini,tak hanya itu keberhasilan keberhasilan PENS yang menang telak atas lawan-lawannya pada ajang KRI tahun lalu semakin menunjukkan taring perguruan tinggi ini dalam dunia robotika nasional.

Dari fenomena itu kemudian muncul pertanyaan, mengapa kualitas tim peserta KRI yang lain nampaknya masih renggang gap-nya dengan juara. Menurut Ir Wiratno A Asmoro MSc selaku pembantu dekan III FTI ITS, untuk menjawab pertanyaan itulah workshop ini diadakan.

"Workshop ini diadakan agar pihak PENS mau berbagi ilmu dan resep sukses dalam KRI dan KRCI sehingga kesenjangan yang terjadi seperti tahun kemarin bisa dikurangi,dan ini disambut baik oleh pihak PENS sendiri sehingga acara ini bisa berjalan dengan baik," terang Wiratno.

Ditambahkannya pula, bahwa ajang ini akan menjadi tidak menarik lagi jika kualitas robot sang juara jauh diatas peserta lainnya, seolah-olah tidak terjadi kompetisi. Maka dari workshop ini diharapkan dalam kontes selanjutnya terjadi persaigan yang ketat antar peserta sehingga kejuaraan ini semakin menarik untuk diikuti.

Dalam workshop ini para peserta selain diberi materi tentang robot juga diajak praktek langsung bagaimana membuat kontrol pada robot seperti membuat sensor, dan lainnya.

Mereka juga dibimbing bagaimana menyusun strategi yang tepat dalam pertandingan sehingga dengan adanya pelaksanaan workshop ini sangat membantu sekali dalam menambah pengetahuan dan memberi ide-ide segar bagi kontestan untuk membuat robot yang semakin berkualitas.(an/rif)

Berita Terkait