ITS News

Sabtu, 04 Mei 2024
02 Agustus 2006, 14:08

ESQ, Maba PMDK Berbeasiswa Gratis

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Untuk ketiga kalinya ITS kembali menggelar Training ESQ bagi mahasiswanya. Kali ini yang menjadi fokus pelatihan adalah mahasiswa baru (maba). Bertempat di Graha Sepuluh Nopember ITS, tak kurang dari lima ratus orang maba dari berbagia jalur PMDK mengikuti pelatihan ini. Memang, untuk pertama kalinya, tahun ini ITS mencanangkan training ESQ sebagai salah satu rangkaian IO (Informasi dan Orientasi) mahasiswa baru.

Ir Muchammad Husni Mkom, ketua panitia ESQ, ketika dikonfirmasi menjelaskan bahwa penyelenggaraan training ini merupakan salah satu pembekalan awal bagi mahasiswa baru dalam segi spiritual dan emosional. "Dengan adanya pelatihan seperti ini, diharapkan mahasiswa baru nantinya siap menghadapi masalah-masalah yang  mungkin membutuhkan pengendalian emosional,” katanya.

Tentang pelaksanaan training ESQ itu sendiri, Husni menegaskan bahwa training ESQ untuk maba ini terbagi dalam tiga tahap. "ESQ yang sekarang ini merupakan tahap pertama. Tahap kedua dilaksanakan tanggal 9-10 Agustus, dan untuk tahap ketiga tanggal 15-16 Agustus nanti,” kata Pembantu Dekan I FTIf ini

Perbedaan dari ketiga tahap training tersebut, Husni menjelaskan,  terletak pada pesertanya. Training tahap pertama khusus untuk mahasiswa baru jalur PMDK,  sedangkan tahap kedua dan ketiga untuk jalur SPMB. ”Untuk pelatihan yang tanggal 15-16 Agustus nanti kita juga mengadakan training kepribadian. Training ini khusus untuk yang non muslim. Seperti kita ketahui kalau ESQ ini kan untuk mahasiswa muslim,” katanya.

Selain itu, sebagai antisipasi bagi mahasiswa yang tak dapat mengikuti training ESQ atau pun yang tak terdaftar, pihak panitia juga telah mempersiapkan training cadangan yakni NQA. ”Namun NQA ini mungkin agak berbeda dengan ESQ. Kalau ESQ di dalam gedung seperti ini, NQA nanti akan lebih bersifat classical,” imbuhnya.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan bahwa ada hal yang menarik dalam pelaksanaan ESQ kali ini. ”Untuk tahun ini kita kan juga menerima mahasiswa baru dari jalur PMDK berbeasiswa. Nah, karena masuknya sudah berbeasiswa maka dari pihak ESQ sendiri juga membebaskan mereka dari uang pendaftaran training alias gratis,” katanya sambil tersenyum.(m1/asa)

Berita Terkait