ITS News

Minggu, 07 Agustus 2022
20 November 2005, 16:11

Jalan Keliling Kampus, Hujan Hadiah

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Civitas Akademika ITS kemarin meramaikan acara terakhir agenda olahraga Lustrum ITS ke-9 dengan jalan sehat. Acara bertajuk Jalan Bareng Muter Kampus itu disambut meriah, tidak hanya oleh keluarga ITS, tapi juga warga sekitar kampus ITS Sukolilo. Ini karena jalan santai yang menyediakan ratusan hadiah itu, memang terbuka bagi warga yang berada di sekitar kampus, seperti warga Gebang, Keputih, dan Mulyosari .

Jalan santai kemarin (20/11) dipimpin oleh Pembantu Rektor I, Prof Ir Noor Endah MSc PhD. Begitu dimulai, ribuan peserta yang sudah bersiap langsung memulai perjalanan. Bahkan, PR I pun tidak bisa mengikuti jalan santai di tempat terdepan. Panitia sendiri mangaku sempat kaget dengan kehadiran peserta yang diluar dugaan. ”Kami menyediakan 8000 kupon undian, kalau melihat pesertanya, kelihatannya kuponnya kurang,” ungkap salah seorang panitia. Ini berbeda jauh dengan tahun lalu dimana dari 4000 tiket yang disediakan ternyata masih tersisa.

Perjalanan dimulai di depan gedung KPA dr Angka ke arah barat, berbelok ke selatan hingga persimpangan GOR. Dari GOR belok kiri ke arah Teknik Mesin, Teknik Kimia, Politeknik Perkapalan, masuk Jalan Raya ITS, Jalan Taman Alumni, dan kembali ke start di KPA dr Angka. Selama perjalanan, sebagian peserta mengambil jalan pintas, salah satunya dari KPA dr Angka langsung menembus kantin pusat. Ada juga yang memintas hingga Jembatan Dawson Creek (dekat kampus Biologi). Pembagian kupon berhadiah dilakukan di depan gedung D4 PENS. Di sana terbagi delapan lajur pembagi kupon, sebagai antisipasi agar tidak terjadi antrian. Namun, karena banyaknya peserta, antrian panjang masih terjadi disana. Dan hal yang ditakutkan panitia terjadi, kupon yang disediakan tidak mencukupi. Akhirnya panitia memberikan kupon darurat, yaitu nomor undiannya ditulis tangan oleh panitia pada secarik kertas.

Kupon undian dikumpulkan di depan gedung rektorat. Untuk kupon khusus undangan warna putih di sebelah utara, sementara kupon umum warna kuning di selatan. Usai berjalan, para peserta disambut dengan hiburan musik dangdut di lapangan perpustakaan pusat. Selain itu, para pedagang kaki lima yang memadati gedung rektorat dan lapangan perpustakaan juga turut menyambut peserta dengan penuh harapan rejeki. Dimana salah satunya adalah mahasiswa ITS. ”Mumpung ada kesempatan, kita coba sedikit usaha,” ujar Kadapi, mahasiswa Perkapalan.

Setelah sambutan dari PR I, panitia mengumumkan pamenang pertandingan olahraga dalam rangka lustrum 9, dimana akhirnya Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) menjadi juara umum. Usai penyerahan hadiah pemenang, acara dilanjutkan dengan pengundian kupon dan diselingi dengan suguhan musik dangdut.

Dalam pengundian kupon, terdapat dua sesi. Yaitu antara kupon kuning (umum) dan putih (undangan) diundi sendiri-sendiri. Kupon khusus warna putih, diperuntukkan dosen dan karyawan, dimana disana telah terdapat nama dan unit kerja peserta. Dan pengambilan hadiahnya tidak dapat diwakilkan, berbeda dengan kupon umum, asal nomornya cocok, hadiah diraih.

Jumlah hadiah jalan sehat kali ini mencapai 503 buah, mulai sepeda motor sampai kambing. Tak heran jika motivasi sebagian besar peserta untuk ikut kegiatan ini adalah hadiah. " Ingin dapat hadiah", ungkap Bapak Dwi, warga Tegal Mulyorejo Baru. Begitu juga Dean, mahasiswi semester 5 PENS," Hadiah!", jawabnya dengan tegas. Mereka memang pantas optimis melihat banyaknya hadiah yang disediakan, karena kemungkinan untuk beruntung semakin besar.(m6/ech/rin)

Berita Terkait