ITS News

Sabtu, 27 April 2024
13 November 2005, 12:11

Kopma Dr Angka ITS Bentuk Ikatan Alumni

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Dikatakan Ustadzi Ridwan, Direktur Utama Kopma Dr Angka ITS disela-sela kegiatan, rencana pembentukan ikatan alumni kopma bermula saat Rapat Anggota Tahunan (RAT). Dalam rapat yang merupakan struktur organisasi paling tinggi di Kopma itu sebagian besar anggota setuju jika Kopma memiliki sebuah jejaring alumni yang kuat.

Keinginan memiliki ikatan alumni, papar Ridwan, didasari latar belakang Kopma sebagai organisasi yang bergelut dibidang bisnis. ”Dengan adanya wadah dan jejaring alumni tentu akan sangat bermanfaat sekali. Karena anggota dan pengurus dapat saling bertukar pengalaman dengan alumni untuk perkembangan Kopma itu sendiri,” ungkap mahasiswa Teknik Mesin 2002 ini.

Selain itu, Ridwan mengatakan, dengan ikatan alumni ini juga tidak menutup kemungkinan adanya keuntungan individu untuk anggota Kopma. Seperti kesempatan kerja praktek di perusahaan tempat para alumni bekerja. ”Jika ditotal alumni Kopma ada sekitar 700 orang. Dan sudah banyak dari mereka yang bekerja di berbagai perusahaan, maka sayang sekali bila tidak ada suatu ikatan,” katanya.

Pembentukan ikatan alumni nyatanya mendapat dukungan positif dari alumni Kopma ITS. M Ashror Purwokusumo misalnya, alumni Teknik Perkapalan ITS yang juga alumni Kopma ITS ini sangat menyetujui rencana pembentukan ikatan alumni kopma.

Ashror mengatakan selama aktif di Kopma Ia mendapatkan berbagai pelatihan bisnis, manajemen serta cara berhubungan dengan orang lain. Dan itu sangat bermanfaat dalam hidupnya. ”Semenjak lulus dari Teknik Perkapalan ITS saya justru bekerja wirausaha. Sudah tiga tahun lamanya. Itu semua berkat ilmu yang saya dapatkan di Kopma,” ujarnya.

Sementara itu, dalam acara temu akrab alumni ini juga dibahas mengenai pembentukan perangkat ikatan alumni. Sebagai nama wadah alumni, forum pun menyepakati "IKA Kopma ITS". Lalu, untuk ketua terpilih adalah Khoirul Azis Rifa’i.

Khoirul Aziz Rifa’i mengatakan bahwa selama ini UKM di ITS memang belum banyak yang mempunyai ikatan alumni. ”Dengan alumni Kopma ITS yang berjumlah ratusan dan tersebar diseluruh pelosok negeri sangatlah berpotensi buat kopma membentuk ikatan alumni,” kata mantan presiden LMB ITS ini.

Alumni jurusan Teknik Kimia ini pun mengatakan akan berusaha mengoptimalkan pengumpulan jumlah anggota dalam ikatan alumni. Salah satu cara adalah melalui mailing-list dengan alamat kopma-its@yahoogroups.com. ”Bermula dari milis ini diharapkan banyak alumni kopma yang bergabung,” kata Khoirul. (asa)

Berita Terkait