ITS News

Sabtu, 27 April 2024
10 November 2005, 18:11

Lewat Lustrum, ITS Tingkatkan Kualitas

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Kamis (10/11), segenap civitas akademika ITS memperingati Lustrum ke-9 ITS yang bertempat di gedung Graha ITS. Nampak hadir dalam peringatan kali ini, rektor beserta para pembantu rektor dan segenap guru besar.

Acara ini sebelumnya dibuka dengan pidato singkat dari rektor ITS Prof Dr Ir Muhammad Nuh DEA. Dalam pidatonya, alumni Universite Science et Technique du Languedoc Montpellier Prancis ini mencoba memberikan refleksi Lustrum ITS yang harus menjadi monumen bagi ITS untuk meningkatkan kualitas karya dan pengabdian kepada masyarakat.

Nuh juga menegaskan akan pentingnya empat tradisi yang harus dimiliki ITS. ”Dalam usia ke-45 tahun ini sangat penting bagi ITS untuk menjaga tradisi-tradisi yang telah dibangun selama ini yakni tradisi keilmuan, kerja keras, kerapian manajemen serta socio-cohesiveness,” kata Nuh.

Lalu, acara dilanjutkan dengan studium general oleh Ir Patdono Suwignjo MEng Sc PhD. Dalam orasinya, ketua umum panitia Lustrum 9 ITS ini menyampaikan kilas balik dan agenda manajemen ITS ke depan. ”Saat ini ITS tengah mempersiapkan diri menyambut langkah ke depan ITS sebagai corporate university,” ujarnya.

Dijelaskan Patdono, corporate university dipandang sebagai hal yang sangat urgen. Dalam konsep itu diperlukan pembinaan mental enterpreneurship pada mahasiswa dan manajemen ITS yang lebih akuntabel.

Selanjutnya Ketua Tim Penyiapan ITS-PTBHMN ini mengungkapkan gagasan platform ITS kedepan adalah fase pay off yaitu fase dimana ITS harus membayar hutangnya kepada masyarakat. ”Masyarakat dulu hanya beranggapan Perguruan tinggi hanya menghasilkan lulusan saja. Tapi sekarang masyarakat menanyakan apa hasil nyata dari perguruan tingi yang dapat bermanfaat langsung,” paparnya.

Masih di Graha ITS, acara dilanjutkan dengan serah terima simbolik Smart Card kepada empat mahasiswa. Dalam serah terima ini diperagakan juga cara penggunaan smart card untuk berbagai aplikasi mulai untuk urusan akademis, administrasi, kartu ATM, kartu perpustakaan, kartu IP phone, bahkan kartu cerdas ini nantinya digunakan sebagai kartu parkir di ITS.

Acara yang dihadiri ratusan civitas akademika ITS ini juga diwarnai penandatanganan MoU kerjasama antara ITS dan PT PAL dalam rangka pengembangan teknologi stealth pada pembuatan kapal korvet. Lalu, acara dilanjutkan dengan halal bihalal dengan mendatangkan penceramah KH Hasyim Muzadi (m2/asa)

Berita Terkait