ITS News

Jumat, 19 Agustus 2022
29 Agustus 2005, 10:08

Gagal Juara, Tim Robot ITS Hanya Raih Predikat Best Design

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Robot ASKAF-i yang bertanding di arena kontes robot internasional gagal meraih predikat juara. Dalam kejuaraan yang berlangsung di Bejing, 27-28 Agustus kemarin, ITS hanya berhasil meraih penghargaan desain terbaik (best design), yang termasuk kategori bergengsi di dalam kejuaraan tersebut.

Rektor ITS, Prof Dr Ir Mohammad Nuh DEA ketika dihubungi mengatakan, sebetulnya prestasi Tim Robot ITS tidak terlalu buruk didalam penampilannya. Namun, karena di delapan besar harus berhadapan dengan tim dari Jepang, yang memang dijagokan menang, perjuangan arek-arek ITS pun kandas. “Anak-anak sudah bekerja maksimal, sayang tim dihadapi di delapan besar adalah Jepang yang memang diunggulkan. Jepang kemudian keluar sebagai juara pertama didalam kontes robot itu,” ujar Nuh, Minggu (28/7) sore.

Hal ini mengingatkan pada kegagalan tim ITS tahun lalu, saat dikalahkan Korea di delapan besar. Waktu itu Korea juga yang menjadi juara pertama. Artinya, penampilan tim robot ITS tidak terlalu buruk, karena dikalahkan oleh juara pertama,” kata mantan Direktur PENS ITS ini.

Pada even kontes robot internasional di Cina itu, Tim Robot ITS harus melawan 19 tim robot lain dari 19 negara. “Saat di perdelapan besar, memang lawan yang ditakuti ITS hanya Jepang. Naasnya, ternyata saat itu kita malah harus berhadapan dengan Tim University of Tokyo. Tim ITS akhirnya kalah dengan skor 47 lawan 23. Kami mohon maaf kepada masyarakat Indonesia atas kegagalan ini, tapi syukur kami masih bisa mencatatkan diri sebagai tim dengan desain terbaik,” kata Guru Besar Biomedika ini.

Prestasi desain terbaik ini juga tidaklah mudah untuk diperoleh mengingat tim-tim dari negara lain juga terlihat cukup baik. “Sekali lagi kami ingin menyatakan Tim ITS telah bekerja maksimal, tapi memang Tuhan menghendaki lain,” katanya. (Humas/tov)

Berita Terkait