ITS News

Selasa, 16 Agustus 2022
11 Juli 2005, 19:07

Kali Mas, Aset Berharga Surabaya

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Menjadi sebuah kota yang menarik dan dikenal masyarakat luas memang tidaklah mudah. Harus ada daya tarik tersendiri atau kekhasan yang membedakannya dengan kota lain. Demikian juga dengan Surabaya. Jika ingin tumbuh sebagai kota global, Surabaya harus menonjolkan ciri khasnya.

Hal ini karena kekhasan dan kearifan lokal yang baik berperan sebagai penentu keberhasilan bersaing untuk menjadi sebuah kota global. Dan salah satu ciri khas Surabaya adalah Kali Mas. "Satu-satunya modal untuk memberikan daya tarik Surabaya adalah sepanjang sungai, kebetulan air Kali Mas cukup bersih dan ada perahunya," papar Prof Ir Johan Silas.

Menurut pakar tata ruang kota itu, jika Kali Mas yang meliuk-liuk di tengah kota itu dibenahi dan dikembangkan akan mampu menjadi daya tarik bagi Surabaya. "Bayangkan kalau kita bisa berlayar menjelajahi sungai tersebut, mulai dari Wonokromo sampai tengah kota, alangkah senangnya,’ ujar Guru Besar Arsitektur ITS ini.

Dengan pembenahan apik pada Kali Mas, bisa dipastikan lahan di sekitar sungai itu akan bernilai investasi. Hotel-hotel akan dibangun menghadap ke sungai. "Pengunjungpun bisa makan di restaurant terapung seraya melihat pemandangan di tepi sungai," terang Silas. Suatu gambaran menarik masa depan Kali Mas yang berpola pita ini, pola paling unik se Indonesia.

Kuliah umum yang menghadirkan Prof Ir Johan Silas sebagai pembicara utama ini merupakan kelanjutan acara Pembukaan Pendidikan dan Pelatihan Teknis Pemerintah Kota Surabaya bekerjasama dengan ITS, Senin kemarin (11/7). Pendidikan dan Pelatihan Teknis ini dibuka langsung oleh Sekretaris Kota Surabaya, Sukamto Hadi, SH dan dihadiri oleh Rektor ITS, Prof Dr Muhammad Nuh, DEA. Acara pembukaan ini sendiri diikuti sekitar 72 pegawai pemerintahan kota dari berbagai dinas, antara lain BAPPEKO, Dinas Tata Kota, dan sebagainya. (rin/sep)

Berita Terkait