ITS News

Jumat, 26 April 2024
17 April 2005, 15:04

PSB Dapat Dipantau Melalui SMS

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Selain ditujukan untuk mahasiswa, layanan informasi via SMS ternyata juga dapat digunakan dalam penerimaan siswa baru (PSB) SMP dan SMA. Hal ini terungkap dalam kesepakatan penandatanganan kerjasama antara PT Telkom Indonesia dengan ITS tentang penyelenggaraan layanan informasi kampus, Jumat (15/4) kemarin. Acara yang bertempat di Gedung Rektorat ini dihadiri Rektor ITS, Prof Dr Ir Muhammad Nuh DEA dan Direktur Utama Telkom, Ir Kristiono.

Layanan informasi via SMS ini memang merupakan kerjasama ITS, Telkom, dan Diknas. Apalagi tahun ini ITS melayani pengaksesan PSB melalui internet. Sehingga orang tua tidak perlu susah-susah untuk datang ke sekolah dan mengantri melihat pengunguman. Mereka tinggal mengetik SMS ke Flexi. Informasi yang diperoleh dapat berupa hasil ranking PSB, nilai batas ambang siswa, dan lainnya.

Cara mengirim pesan untuk layanan ini sangat mudah dan praktis. Ini diperagakan salah satu mahasiswa ITS. Misalnya, jika ingin melihat hasil PSB tahun lalu di SMP 1 Surabaya. Tinggal menulis pesan: psbsby smp nilai2004 smp 1. Dan mengirimkan ke 7890. Hanya dalam sepuluh detik, SMS itu akan mendapat balasan. Jawaban yang diterima: smp1 th2004 nilai terendah 45,7 nilai tertinggi 55,52. Ini menunjukkan nilai batas siswa yang diterima di smp1 Surabaya tahun lalu. Layanan ini bisa diakses di seluruh wilayah di Indonesia. Jadi berbeda dengan Flexi yang pada umumnya jaringan masih lokal.

Menanggapi adanya layanan SMS untuk memantau PSB, Rektor ITS, Prof Dr Ir Muhammad Nuh DEA mengatakan bahwa kriteria yang terpenting dalam pelayanan adalah fleksibilitas. “Orang sekarang nggak mau ditambahi repot lagi,” terangnya. Beban mereka mampu untuk ditanggung dirinya sendiri dan menolak jika diberikan lagi. ITS menangkap hal itu untuk kemudian dikembangkan. Salah satunya dengan layanan informasi kampus dan pemantauan PSB malalui SMS. (th@/rin)

Berita Terkait