ITS News

Jumat, 19 Agustus 2022
15 Maret 2005, 12:03

VPN, komunikasi data untuk dunia bisnis

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Teknik Elektro ITS mengadakan kuliah tamu tentang yaitu Virtual Private Network,salah satu layanan IT yang banyak dipakai oleh perusahaan besar pada Kamis (2/12) lalu. Pembicara pada kuliah tamu yang diadakan di Teater C ini adalah Ir. Nashrudin Ismail, praktisi dari PT Aplikanusa Lintasarta sekaligus alumni Teknik Elektro ITS.

Menurt Nashrudin, komunikasi data sangat penting bagi perusahaan besar yang mempunyai banyak cabang yang harus terhubung satu sama lain. Misalnya perusahaan kredit kendaraan yang harus memeriksa data nasabahnya. "Dengan menggunakan Database yang terhubung seperti ini seorang pelanggan yang membeli sepeda motor di Surabaya bisa membayar di Jakarta." jelasnya.

VPN ini memungkinkan dua komputer yang berada pada tempat berbeda bertukar data dengan menggunakan alamat IP seperti jika terhubung dalam satu jaringan, padahal sebenarnya dalam pertukaran data itu melewati Internet. karena itulah system ini disebut virtual (maya). VPN digunakan untuk menghubungkan computer di kantor-kantor cabang "Layanan VPN ini bisa diibaratkan seperti jalur busway, hanya kendaraan busway saja yang bisa memakai jalur itu. Seperti itulah layanan VPN, hanya user saja yang bisa memakai jalur komunikasi itu." jelas alumni Teknik Elektro ini. Perusahaan provider VPN serperti Lintasartha bertindak "menyewakan" jalan ini kapada pihak perusahaan pemakai.

Menurut Nashrudin, ada beberapa keuntungan bila suatu perusahaan menggunakan layanan VPN ini . "Layanan ini sudah termasuk transfer data suara sehingga kita bisa menggunaknnya untuk telepon. seperti kantor saya yang selama ini tidak menggunakan saluran Telkom untuk telepon" jelasnya. Dengan VPN juga bisa dilakukan penghematan biaya, sebab VPN juga bisa digunakan untuk mengakses Internet.

Nashrudin bercerita bahwa sejumlah perusahaan besar, seperti Sosro, Citibank,AirAsia, BI,BNI dan BRI menggunkan layanana VPN. Jumlah pelanggan baru selalu meninggkat, sebagian besar adalah perusahaan yang hendak berimigrasi ke aplikasi jaringan yang berbasis IP.

Disisi lain, menurut Nashrudin dalam bisnis layanan VPN ini yang menentukan adalah kepercayaan pelanggan. Selain itu kepuasan pelanggan juga penting."Di perusahaan kami jika ada jaringan pelanggan yang down maka kami akan segera menghubungi mereka dan memberi tahu tentang kerusakan dan lama waktu perbaikan bahkan sebelum mereka menyadarinya."

Yang menarik dari kuliah tamu ini, disediakan doorprize bagi para peserta yang aktif berupa flash disk dan topi. Hadiah tersebut disediakan oleh PT. Aplikanusa Lintasarta yang menjadi sponsor. Para peserta yang memenuhi Teater C pun berebut untuk mendapatkan flash disk yang terbatas jumlahnya itu baik dengan adu cepat menjawab pertanyaan yang diberikan pembicara maupun mengajukan pertanyaan saat acara diskusi.(rif/bch)

Berita Terkait