ITS News

Minggu, 02 Oktober 2022
15 Maret 2005, 12:03

Tambah Iuran IKOMA bagi program Ekstensi

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Pendaftaran ulang semester gasal sudah berjalan beberapa hari baik itu program Reguler maupun Ekstensi. Bagi S1/D3 Reguler biaya SPP masih seperti semester sebelumnya yang ditambah iuran IKOMA. Intinya tidak penambahan biaya lagi.

Lain halnya dengan program Ekstensi. Untuk mereka dikenakan biaya tambahan yaitu iuran IKOMA yang berlakunya mulai semester ini." Saya juga kaget kok, tahu ada pengumuman ini. Padahal dulu kan tidak pernah ada yang namanya IKOMA itu.Untung saya bawa uang lebih," ujar Rizal yang mengambil jurusan Teknik Informatika. Meskipun ada tambahan biaya, mayoritas dari mereka tidak ada yang keberatan atau bahkan memprotes adanya keputusan tersebut.

"Sebenarnya pihak kami sudah mengajukan permohonan mengenai hal itu (IKOMA,red) sejak tahun 2001. Tetapi persetujuan dari Pembantu Rektor II baru semester ini," terang Soewediono, bendahara pelaksana IKOMA ITS. Ada sedikit perbedaan dalam jumlah iurannya. Angkatan 2001 dan sebelumnya dikenakan Rp. 30.000,00 sedangkan bagi angkatan 2002 sejumlah Rp. 50.000,00.

Pengurus IKOMA memutuskan hal itu bukan tanpa maksud dan tujuan. Dana yang terkumpul dari IKOMA akan disalurkan untuk kepentingan seluruh mahasiswa ITS program apapun. Sudah ada alokasi dananya seperti beasiswa,poliklinik,les bahasa inggris, penyelesaian tugas akhir,kegiatan mahasiswa dan lain-lain.

Tambahan dari beliau bahwa mahasiswa program Ekstensi juga mendapatkan hak dan kewajiban yang sama dengan Reguler dalam penggunaan segala fasilitas yang ada di kampus termasuk boleh mengajukan beasiswa. Sampai saat ini sudah ada satu-dua orang yang mengajukan beasiswa IKOMA. Jadi sudah sewajarnya bila mereka wajib membayar iuran tersebut karena hasil kumpulan dana juga ikut dirasakan manfaatnya oleh diri mereka sendiri.(amb/rom)

Berita Terkait