ITS News

Jumat, 19 Agustus 2022
15 Maret 2005, 12:03

Satpam Graha ITS Kewalahan

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Acara puncak Dies Natalis ITS ke-44, ITS Homecoming Days diadakan di Graha Sepuluh Nopember ITS. Berlangsung Jumat (10/12) dan dimulai pukul tujuh malam. Acara tidak langsung berjalan secara efektif. Masih banyak kursi kosong baik yang diperuntukkan untuk alumni maupun masyarakat umum sebelum pukul delapan malam. Acara baru efektif dimulai saat Maudy mulai membawakan acara.

Homecoming Days ITS ini bukan hanya menarik alumni atau mahasiswa ITS. Untuk alumni jelas datang karena acara ini memang ditujukan utuk alumni ITS. Untuk mahasiswa jelas karena tiap jurusan diundang 10 mahasiswa untuk hadir di temu alumni ini. Kegiatan bisnis seperti kios-kios pun bermunculan. Seperti kios Telkom dengan flexy dan Speedy serta Bank Niaga dengan Kartu Ikatan Alumni (IKA) ITS VISA.

Namun ada hal yang janggal di halaman Graha. Sekitar enam PKL berjualan di sekitar papan yang bertuliskan "Dilarang Berjualan di Halaman Ini". Pelanggaran tersebut diakui oleh Bowo Teguh, satpam yang betugas dikawasan tersebut. "Kami kekurangan personel untuk acara sebesar ini," tambahnya. Satpam Graha Sepuluh Nopember ini membandingkan dengan keadaan yang terjadi saat wisuda yang diadakan di tempat yang sama. "Tidak ada PKL yang berjualan di sini," ujarnya.

Satpam yang kekurangan personel ini merasa tidak mampu untuk menertibkan PKL yang sudah melanggar peraturan ini. Bowo merasa ketakutan kalau nanti PKL tersebut malah menjadi memusuhinya. Pengusiran PKL akan berdampak jelek kepada dirinya. "Musuh para PKL itu nanti, terasa kalau sudah di luar (ITS, red)," kata satpam ini.

Penempatan sepeda motor dan distribusi karcis juga merupakan kesulitan tersendiri bagi Bowo. Bagaimana tidak, satu bendel karcis sudah habis, sedangkan sepeda motor yang masuk masih bertambah. Karena karcis yang tersedia sudah habis, Bowo segera berinisiatif dengan meminta pengendara untuk menunjukan STNK.

Acara ini berakhir pukul setengah sebelas malam. Satpam ini kembali sibuk dengan partnernya untuk memeriksa STNK setelah semalaman menjaga kendaraan bermotor dan mengawasi PKL di tempat parkir.(m6/sep)

Berita Terkait