ITS News

Sabtu, 20 Agustus 2022
15 Maret 2005, 12:03

Road Show ke 10 Kota besar, IKA ITS perkuat jejaring

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Selama 44 tahun perjalanannya di dunia pendidikan, ITS telah berhasil menelurkan lulusan dalam jumlah yang cukup besar, kurang lebih 44.000, dan itu tersebar diseluruh pelosok negeri. Jumlah alumni yang besar itu tentunya akan lebih membanggakan bila telah tercipta suatu ikatan yang kuat antar sesama lulusan kampus perjuangan ini.

Hal itulah kiranya yang menjadi salah satu pemikiran pengurus pusat Ikatan Alumni ITS (IKA ITS) 2004-2006 menggelar road show ke sepuluh kota besar di Indonesia dengan tema kepemimpinan Roadmap to Succeed. Kegiatan penghujung tahun yang dikemas dalam bentuk talkshow ini menampilkan pembicara utama pakar manajemen, Rhenald Kasali PhD. Di setiap kota yang dikunjungi ini, menurut Ir Kristiono, ketua IKA ITS, dilatarbelakangi oleh isu di IKA ITS mengenai ikatan antar alumni yang tinggi, terutama pada tradisi-tradisi di ITS.
"Selain sebagai sarana konsolidasi organisasi IKA ITS, ini (road show, red) juga bertujuan meningkatkan jejaring antar alumni. Mengingat tingginya cohesiveness alumni terhadap tradisi-tradisi keilmuan, kepemimpinan, dan socio-cultural di ITS," kata pria yang mendapat gelar Sarjana Teknik Elektro ITS tahun 1978 ini pada kunjungan road show yang ke sembilan Jumat (10/12) di Surabaya.

Tidak hanya sebagai ajang temu kangen antar alumni, acara yang dihelat di Ballroom hotel bintang lima JW Marriot ini juga diwarnai penandatanganan MoU antara IKA ITS dengan beberapa perusahaan. "Memang di setiap kunjungan, kita melakukan kerja sama dengan industri, karena kita ingin menggali potensi daerah. Mengingat komunitas alumni ITS yang juga tersebar di seluruh Indonesia," terang Dirut PT Telkom ini.

Dari segi pembicara, kegiatan yang masih menyisakan satu kota, yaitu Balikpapan untuk dikunjungi pada akhir tahun ini tidak hanya menampilkan pakar manajemen Rhenald Kasali sebagai keynote speaker, tetapi juga menghadirkan alumni ITS yang telah sukses baik itu sebagai profesional atau enterpreneur. Pada road show di Surabaya, IKA ITS menampilkan Erlangga Satriagung, ketua Kadin Jawa Timur dan Andreas Susetyo, BOD Bank mandiri. Kedua alumni ITS itu tampil setelah Rhenald selesai memaparkan pemikirannya mengenai 'Smart and strong character in building the high integrity of personality.'

Acara yang berlangsung setengah hari itu ditutup dengan pemberian penghargaan kepada para pembicara yang telah mengisi acara road show. Perlu diketahui, road show IKA ITS ini pertama kali dimulai di Jakarta (10/9) di Shangri-La Hotel, lalu berlanjut ke Medan, Batam, Pekan Baru, Bandung, Semarang, Denpasar, Makasar, dan Surabaya. (asa/tov)

Berita Terkait