ITS News

Senin, 27 Juni 2022
15 Maret 2005, 12:03

Rektor ITS Lantik Para Pembantunya

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Setelah sebulan memimpin ITS, Dr.Ir. Muhammad Nuh,DEA., menetapkan tiga Pembantu Rektor baru untuk periode 2003-2007 menggantikan pejabat lama yang telah habis masa baktinya. Ketiga pejabat baru tersebut adalah Prof.Ir. Noor Endah,MSc.,PhD. dari Jurusan Teknik Sipil sebagai Pembantu Rektor I, Dr.Ir. Syarief Widjaya,MSc. dari Jurusan Teknik Perkapalan sebagai Pembantu Rektor II, dan Dr.Ir. Achmad Jazidie,MEng. dari Jurusan Teknik Elektro sebagai Pembantu Rektor III.

Meski dalam pemilihan pejabat baru tersebut, Muh. Nuh mengakui mengalami kesulitan, pasalnya, banyaknya Sumber Daya Manusia (SDM) yang cukup berkompetensi untuk menempati posisi tersebut. "Namun, dengan renungan yang begitu dalam maka terpilihlah ketiga pejabat tersebut. Ini sungguh membahagiakan," tutur dosen Jurusan Teknik Elektro ini.

Para pejabat tersebut, tambahnya, akan menghadapi tantangan yang begitu berat. Untuk tahun depan, tingkat kompetensi antara perguruan tinggi akan semakin ketat. Dan saat ini, ITS harus memiliki peran untuk menghasilkan produk real. "Berubahnya paradigma siapa yang kuat akan mengalahkan yang lemah, menjadi siapa yang cepat mengalahkan yang lambat, ini juga menjadi tantangan bagi ITS," terangnya saat pelantikan yang juga dihadiri oleh Ketua Dewan Penyantun ITS, H. Muh. Noer.

Sementara itu, Dr.Ir. Achmad Jazidie,MEng., saat ditemui sebelum pelantikan, mengatakan kalau beliau akan membantu kebijaksanaan Rektor khususnya dalam bidang kemahasiswaaan. "Untuk itu, saya ingin mengajak seluruh mahasiswa untuk membangun ITS. Ini sesuai dengan teori lidi, dimana kalau satu lidi tidak memiliki fungsi apa-apa pun. Namun, jika lidi tersebut bergabung maka akan memiliki kekuatan baru," terangnya dengan penuh semangat.

Untuk diketahui juga, tugas Pembantu Rektor III sekarang tidak hanya mengurusi permasalahan kemahasiswaan saja. Melainkan juga, menangani hubungan dengan dunia luar kampus. Ini seiring dengan tidak adanya lagi Pembantu Rektor IV, yang sebelumnya berperan untuk menjalin kerjasama dengan berbagai instansi di luar ITS.

Menyikapi penambahan tugas itu, Ketua Jurusan Teknik Elektro ini, menyatakan kalau sebelum menjadi Pembantu Rektor III sudah melakukan kerjasama dengan pemerintah daerah. Ini terbukti ketika beliau mendapat undangan dari Alumni ITS di Kalimatan. "Ternyata, para alumni kita disana memiliki potensi yang baik. Sehingga pemerintah daerah sana merasa perlu untuk menjalin kerjasama dengan ITS," ungkapnya.

Sedangkan, Dr.Ir. Syarief Widjaya,MSc., Pembantu Rektor II, dengan melihat potensi ITS yang besar, beliau berusaha untuk menjadikan ITS sebagai organisasi yang mapan dengan semangat profesional. Kebijaksanan ini untuk mempersiapkan ITS menjadi PTBHMN. "Untuk itulah, perlu pembentukan akademik atmosfir dengan infrastruktur yang layak bagi ukuran kampus seperti ITS ini," jelasnya.

Bagaimana dengan kebijaksanaan Pembantu Rektor I? Prof.Ir. Noor Endah,MSc.,PhD. menjelaskan kalau pembentukan kurikulum di ITS itu berdasarkan pada ‘Stake Holder’, instansi-instasi yang secara langsung berhubungan dengan lulusan ITS. "Namun, kurikulum seperti itu berlaku relatif singkat sesui dengan kebutuhan pasar saja. Jadi kami perlu juga untuk membuat kurikulum dalam jangka waktu yang lama," kata Dosen Teknik Sipil ini.

Sebagai pedoman, lanjutnya, Beliau menerapakan RAISEL ++ ;Relevansi, Akademik Atmosfir, Internalship, Sistem analitik, Efisiensi, Leadership, Access dan Equipment. "Inilah yang perlu pegang dalam pembentukan kurikulum di ITS nantinya."

Seperti diberitakan oleh media massa sebelumnya, Pak Nuh akan menjadikan rektorat hidup sampai malam. Maksudnya, kalau dulu aktifitas di rektorat hanya sampai jam dua siang, dengan adanya kebijaksanaan baru maka aktifitasnya bisa sampai malam hari. "Yang terpenting-kan bukan malamnya, tetapi kualitas yang dihasilkan dengan waktu kerja yang begitu panjangnya," terang Syarief Widjaya ketika ditanya tentang kebijakan baru itu. Dan itu, mendapat dukungan dari Pembantu Rektor lainnya.

Terpilihnya, ketiga Pembantu Rektor Baru ini, juga membawa harapan baru bagi kalangan sivitas akademika yang lainnya seperti yang disampaikan Prof.Ir. Happy Ratna Santoso,MSc.,PhD., Ketua Jurusan Arsitektur, "Saya mengharapkan mereka (Pembantu Rektor baru,red) hendaknya dapat memajukan ITS dalam bidang SDM khususnya mahasiswa dan infrastrukturnya."

Pada kesempatan yang sama, Ir. Daniel M. Rosyid,PhD. mantan Pembantu Rektor IV, menginginkan para semua kalangan sivitas akademika membantu tugas Pembantu Rektor baru. "Hendaknya, seluruh elemen ITS turut untuk memajukan kampus ini," tegasnya.(rom/bch)

Berita Terkait