ITS News

Jumat, 12 Agustus 2022
15 Maret 2005, 12:03

Nikmatnya Kebersamaan IW 2005

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Pelaksanaan Integralistik Workshop (IW) 2005 oleh BEM ITS ini didukung penuh pihak rektorat. Hal ini disebabkan formatnya sesuai dengan kesepakatan antara ke dua pihak. IW 2005 yang dikhususkan untuk maba 2004 digelar di sekitar lapangan depan perpustakaan pusat. Konsep IW kali ini sangat berbeda dengan BK. "IW itu berupa pelatihan outbond dan tidak ada pressingnya," ungkap Elly, salah satu instruktur IW.

Karena itu, IW hari pertama, Jumat (4/2), hanya diisi dengan pembukaan dan perkenalan. Ini sesuai dengan format IW yang dibuat santai tanpa ada pressing. Tak pelak peserta dapat melewatinya dengan leluasa tanpa tekanan.

Dalam IW ini, dari lima ratus peserta dibagi menjadi sepuluh gugus dan tiap gugusnya terdiri dari sepuluh kelompok. Setiap gugusnya diberi tugas membuat tong sampah yang nantinya akan ditempatkan di ITS. Selain tugas, peserta IW dibekali materi tentang keorganisasian dan fungsi Ormawa, serta dilatih untuk aksi sosial. Salah satu aksi sosial mereka adalah kerja bakti membersihkan ITS.

Untuk melatih kerjasama, peserta IW harus menggabungkan potongan bendera besar. Bendera itu nantinya akan dikibarkan pada hari terakhir IW, Minggu (6/2) kemarin. Karena itu, mereka saling berbagi tugas. Ada yang menjahit, melaksanakan upacara dan mengkoordinasi kegiatan tersebut.

Para peserta sangat senang dengan kegiatan ini. Banyak manfaat yang mereka dapatkan dari IW. "Seru banget, terutama tadi materi fungsi ormawa," kata Fitri. Mahasiswi jurusan Fisika ITS ini mengatakan banyak teman yang didapatkannya. Sedangkan mengenai kelanjutan dari kegiatan ini, mereka mengaku masih bingung. "KPP-nya belum tahu mau diwujudkan dalam bentuk apa," terang Fitri. (th@/rin)

Berita Terkait