ITS News

Selasa, 28 Juni 2022
15 Maret 2005, 12:03

ITS Umumkan Hasil Seleksi Program D3, Masih Ada Kesempatan Jadi Mahasiswa ITS

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Masing-masing Jurusan Teknik Sipil, Jurusan Poltek Naker Mesin Produksi, Poltek Naker Elektro Industri, Teknik Instrumentasi, Teknik Mesin, Teknik Kimia, Teknik Komputer Kontrol, dan Statistika yang membuka Program Diploma 3. Bagi mereka yang dinyatakan diterima diberi kesempatan untuk melakukan pendaftaran ulang selama tiga hari mulai 25-28 Agusutus mendatang, sedang perkuliahan dimulai pada 6 September 2004.

Persyaratan yang harus dilengkapi seperti pengumuman yang dikeluarkan Pembantu Rektor I ITS, Prof Ir Noor Endah MSc PhD bersamaan dengan hasil pengumuman tersebut meliputi, pembayaran SPP sebesar Rp 1 juta untuk satu semester, membayar sumbangan pengembangan institusi (SPI) sebesar Rp 2,5 juta, membayar biaya penyelenggaraan informasi dan orientasi sebesar Rp 515 ribu.

Masih Ada Peluang
Sebelum pengumuman ditempelkan di depan Gedung Rektorat, sejak pagi ratusan peserta menunggu dengan harap-harap cemas. Beberapa orang tua yang mengantarkan putra-putrinya melihat pengumuman terlihat tidak sabar dan sesekali melemparkan kekesalannya dengan sesama pengantar yang lain.

Sesaat setelah pengumuman ditempelkan, beberapa peserta yang melihat nomor tes dan namanya tertera langsung menghampiri orang tua dan meja informasi yang memang sudah disediakan masing-masing jurusan di lokasi pengumuman. Sementara bagi mereka yang belum beruntung segera menyerbu beberapa orang di lokasi itu yang sedang membagikan-bagikan brosur.

Kepala Pusat Studi Berkelanjutan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) ITS yang menyelenggarakan pendidikan jenjang satu tahun, Drs Suharmadi M.Phil mengatakan, masih ada kesempatan terakhir bagi calon mahasiswa yang memang benar-benar ingin masuk ke ITS, yakni melalui beberapa program pendidikan profesional berjenjang satu tahun. "Kami masih akan menyelenggarakan penerimaan mahasiswa gelombang ketiga yang tesnya akan dilakukan 4 September mendatang," katanya.

Dikatakannya, ada beberapa program yang ditawarkan oleh Pusat Studi Berkelanjutan diantaranya Pikti, Pasti, Piksi, Papsi, Papmi, Prodes,PAT CNC-CAD/CAM. "Program ini disiapkan untuk mereka yang memang benar-benar siap terjun untuk bekerja, karena memang matakuliah yang diberikan lebih mengarah ke persoalan-persoalan yang akan dihadapi di dunia kerja," katanya.

Meski demikian, kata Harmadi mengungkapkan, para penyelenggara yang mempunyai Program D3, ada konvensi yang menyepakati bagi lulusan terbaik pendidikan jenjang satu tahun bisa melanjutkan ke jenjang D3 jika memang tertarik untuk melanjutkan.
(Humas–ITS, 25 Agustus 2004)

Berita Terkait