ITS News

Selasa, 06 Desember 2022
15 Maret 2005, 12:03

GURU BESAR YANG HOBI MENELITI

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Pengukuhan Renanto sebagai Guru Besar dilaksanakan Rabu (13/08) bertempat di Graha Sepuluh Nopember ITS. Dosen tetap Teknik Kimia ini mengusung ‘Aplikasi Ilmu Pengendalian Proses dalam Industri Kimia’ sebagai pidato pengukuhan.

Di tempat yang sama, suami dari Happy Yoeliati ini mengungkapkan alasannya menekuni Ilmu Pengendalian Proses. "Saya merasa tertantang dengan ilmu ini," papar pria berkaca mata ini.

Masih menurutnya, ilmu pengendalian proses telah ditekuninya sejak 15 tahun. "Tepatnya semenjak saya masih nyusun skripsi sampai menjadi Guru Besar," ungkapnya. Hampir selama itulah pria kelahiran Jakarta ini tidak pernah mengalami kebosanan. "Ilmu ini punya daya tarik tersendiri sesuai dengan tingkat kesulitannya," kata dosen yang akrab dengan mahasiswanya ini.

Alumnus Teknik Kimia ITB ini mengatakan bahwa hobi menelitinya sebagai salah satu faktor keberhasilan. Dengan hobi ini, Renanto semakin tertantang untuk menelorkan sebuah metode yang bisa dipakai dalam industri kimia dengan hasil yang memuaskan. Dan karyanya bisa dilihat dari orasi pengukuran yang telah mengantarkan Renanto menjadi Guru Besar. "Referensinya saya peroleh dari internet," ujar pria berkulit terang ini.

Namun di samping hobi, ia menegaskan dengan kerja keras dan dukungan keluarganya memberi peran besar pada kiprahnya. Semangatnya menjadi terpacu. Apalagi melihat ketiga puteranya dengan sukarela menyelesaikan tugas yang harusnya ia kerjakan. "Mereka mengerjakan semua yang seharusnya saya kerjakan di rumah," tutur Renanto. Ketiga puteranya itu turut mendampingi Renanto dalam pengukuhannya kemarin.
(rin/bch)

Berita Terkait