ITS News

Jumat, 01 Juli 2022
15 Maret 2005, 12:03

Gelar Karya dan Bursa Kerja Di Pekan Ilmiah Mahasiwa ITS

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Selasa, 25 Feb 2003

SURABAYA – Di sana digelar Pekan Ilmiah Mahasiswa ITS (PIMITS) VI, yang antara lain memajang hasil karya para mahasiswa. PIMITS VI yang dibuka oleh Rektor ITS Dr Muhammad Nuh kemarin sore, akan berakhir Jumat nanti.

Kapal Merdeka yang pernah mengikuti Maritim Challenge di Rockland, Maine, Amerika Serikat, Juli tahun lalu dipilih sebagai maskot. Karya mahasiswa Teknik Sistem Perkapalan itu dipajang dengan gagah tepat di depan pintu masuk Graha ITS.

Kapal dengan warna merah, putih serta coklat ini telah dicat ulang. Dua buah layar warna merah muda juga sudah dicuci. Layar yang dikembangkan ini menambah keindahan. "Persiapan untuk mengikuti PIMITS hanya seminggu. Kami perbaiki kayu-kayu yang sudah kusam dan mencat ulang kapal," terang Mangoloi M, koordinator kapal. Menurut mahasiswa Teknik Perkapalan angkatan 99 ini, peremajaan ulang kapal perlu dilakukan karena kapal sering dipergunakan latihan di pantai Kenjeran.

Robot hexapot (berkaki enam) yang mirip robot pendarat dalam misi penerbangan NASA ke planet Mars juga ditampilkan. Robot ini menjadi pusat perhatian saat PIMITS dibuka.

Robot dengan tinggi sekitar satu setengah meter ini mampu mematuhi perintah memasukkan bola besar warna warni ke tempat yang telah ditentukan. Setiap kali sang robot berhasil memasuklan bola, penonton bersorak. "Wah walau bentuknya tak seperti robot-robot yang ada di tivi, lumayan juga hasil karya ini," kata Rahadi, salah satu pengunjung yang datang.

Pekan ilmiah ini diikuti 50 stand dari 32 jurusan di ITS. Selain pameran berbagai hasil karya mahasiswa, PIMITS VI juga mengadakan seminar dan bursa kerja bagi masyarakat umum. "Siapa yang mencoba mencari kerja, silakan datang ke PIMITS," kata Rizki Ilhami, ketua panitia. (tia)

Berita Terkait