ITS News

Senin, 17 Juni 2024
15 Maret 2005, 12:03

Deklarasikan forkom, tunjuk ITS sebagai koordinator

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Seperti diketahui, di Indonesia baru ada enam kampus yang memiliki jurusan Teknik Fisika. Empat diantaranya telah memiliki himpunan mahasiswa yaitu ITS, ITB, UGM dan Unas (Universitas Nasional) Jakarta. Adanya kesamaan pemikiran dan keinginan untuk membentuk sebuah Forum Komunikasi (Forkom) melatarbelakangi empat himpunan mahasiswa Teknik Fisika se-Indonesia ini untuk mendeklarasikannya.

"Awalnya kita hanya berkomunikasi lewat milis dan beberapa kunjungan silaturahmi saja. Dan pada Idul Fitri kemarin, Teknik Fisika ITB mengundang kami untuk berkunjung kesana sekaligus mendiskusikan deklarasi forum komunikasi se-Indonesia ini," papar Detak Yan Pratama, Ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Fisika ITS.

Detak memaparkan forkom yang dinamai Forum Komunikasi Mahasiswa Teknik Fisika (FKMTF) Indonesia ini bertujuan untuk menjadi sarana silaturahmi, media komunikasi dan wadah kerjasama antar Himpunan Mahasiwa Teknik Fisika Indonesia. "Selain itu, forkom ini akan memasyarakatkan serta mensosialisasikan Teknik Fisika di Indonesia. Teknik Fisika sendiri baru dimiliki enam kampus di Indonesia, sehingga kelebihannya belum banyak diketahui masyarakat," jelas mahasiswa angkatan 2002 ini.

Forkom yang mendapat dukungan penuh dari Ketua Departemen Teknik Fisika ITB, Ir.Hermawan Kresno Dipojono, MSEE. Ph.D ini selanjutnya akan mengadakan pertemuan rutin setiap bulan Juli. Sejumlah agenda kegiatan juga telah didiskusikan. "Kita ingin membuat kegiatan berskala nasional untuk mensosialisasikan Teknik Fisika. Mungkin semacam olimpiade nasional yang akan diselenggarakan serempak di masing-masing kampus," ujar Detak.

Untuk pertemuan rutin pertama Juli mendatang, akan dibahas logo forkom, aturan-aturan, agenda kegiatan serta kemungkinan pengesahan anggota baru FKMT. "Pertemuan itu akan diadakan di ITS selaku koordinator FKMT yang telah ditunjuk kemarin," jelas Detak di akhir pemaparannya. (ftr/rin )

Berita Terkait