ITS News

Jumat, 12 Agustus 2022
15 Maret 2005, 12:03

Besok Pengumuman Hasil SPMB, ITS Berada di Peringkat Ketiga

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

"Prestasi ini memang belum bergesar dari tahun sebelumnya, berada di tiga besar setelah ITB dan UI, tapi passing grade-nya mengalami kenaikan dibanding tahun lalu. ITS akan terus mempertahankan posisi ini sambil berusaha naik keperingkat lebih tinggi lagi," kata Rektor ITS, Prof Dr Ir Mohammad Nuh DEA, Rabu (11/8) siang.

Mohammad Nuh mengatakan itu ketika ditanya tentang minat mahasiswa baru dan posisi perguruan tingginya dalam SPMB tahun ini. "ITS bersyukur dapat mempertahankan posisi itu. Nilai terendah yang dinyatakan diterima di ITS tahun ini pada angka 522,7 sedang nilai tertinggi pada angka 917,26, sementara tingkat keketatannya pada angka 10,31 persen," katanya.

Ia juga menjelaskan, nilai SPMB rata-rata mahasiswa ITS tahun ini berada pada angkat 693,88 sedang tahun sebelumnya berada di angka 687,77. Dikatakan Nuh ia akan berusaha minimal untuk mempertahankan posisi itu dengan pola-pola pengembangan akademik dan memperkenalkan lebih gencar lagi ITS ke masyarakat, sehingga ITS tidak hanya dijadikan urutan kesekian dalam pilihan perguruan tinggi negeri oleh para calon mahasiswa. "Jika ITS menjadi pilihan utama atau pertama saya yakin peringkat itu juga akan naik. Tapi apa pun yang telah dicapai itu menunjukkan kualitas mahasiswa baru ITS makin lama makin bermutu," katanya.

Lewat SMS
Tahun ini panitia akan mengumumkan hasil SPMB melalui berbagai media mulai dari internet, Koran khusus yang diterbitkan panitia SPMB, Koran umum dan melalui SMS (short message service). Pengumuman melalui internet dapat diakses di www.spmb.or.id sejak 12 Agustus pukul 18.00. Caranya, cukup membuka situs tersebut dan memasukkan nomor ujian SPMB.

Sedang untuk pengumuman melalui papan di kampus-kampus, mulai bisa dilihat 12 Agustus pukul 23.59. Di kampus ITS, tepatnya di depan gadung rektorat, telah dipasang papan sepanjang 25 meter untuk memasang pengumuman SPMB. Papan tersebut juga dilengkapi dengan penerangan yang cukup memadai untuk melihat pada malam hari.

Panitia mengingatkan, Peserta SPMB punya hak untuk mendapatkan koran pengumuman SPMB secara gratis. Caranya, cukup memperlihatkan kartu ujian SPMB kepada panitia di kampus ITS, pada 13 Agustus 2004. Selain itu, beberapa media massa cetak, akan memuat pengumuman SPMB pada edisi 13 Agustus 2004. Jadi peserta SPMB tinggal memilih melihat pengumuman melalui internet, papan pengumuman, atau Koran

Sementara bagi peserta SPMB di Surabaya, mendapatkan pelayanan tambahan yang bisa diakses melalui SMS khususnya pelanggan Telkomsel dan Telkom Flexi. Caranya cukup ketik: its(spasi)spmb(spasi)nomor tes, lalu dikirim ke nomor 7890.

Sementara pengelola Kartu Pintar edisi Khusus SPMB 2004 yang diperkenalkan para mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi ITS, seperti dikatakan Fajar Baskoro, selaku penanggungjawab, pihaknya akan mengirimkan kepada pemilik Kartu Pintar tentang hasil yang diperoleh mereka. "Ini kami lakukan agar lalu-lintas pada server kami terjaga. Memang pemilik Kartu Pintar juga bisa mengaksesnya, tapi kami berharap sebelum mereka mengakses kami sudah bisa mengirim kabar gembira soal hasil SPMB itu," katanya.
(bch)

Berita Terkait