News

Pendaftaran Program Pascasarjana di SIMT ITS Berakhir sampai 17 Juli 2022

Rab, 22 Des 2021
2:24 pm
Akademik

Sorry, no posts matched your criteria.

Share :
Oleh : Admin-Manajemen Teknologi   |

Waktu Pendaftaran

Gelombang II
Pendaftaran 4 April – 17 Juli 2022
Ujian Masuk 18 – 29 Juli 2022
Pengumuman 1 Agustus 2022 Pukul 21.00 WIB
Pengisian SIPMABA (termasuk upload dokumen data) 2 – 4 Agustus 2022
Pendaftaran Ulang : Pembayaran SPP 15 – 18 Agustus 2022
Informasi dan Pengenalan ITS (IPITS) 23 Agustus 2022
Perwalian Mahasiswa (FRS Online) 22 Agustus – 26 Agustus 2022

Persyaratan Pendaftaran

  1. Peserta program terbuka bagi lulusan
    1. Program Sarjana dengan IPK 3,00 (untuk Program Magister), dari Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi Swasta dengan program studi yang terakreditasi minimal B.
    2. Program Magister dengan IPK 3,00 (untuk Program Doktor) dari Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi Swasta dengan program studi yang terakreditasi minimal B.
    3. Untuk Program Pendidikan Magister menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU)
      1. Sarjana unggul (fresh graduate) lulusan 3 tahun terakhir atau akan mengikuti wisuda bulan September bagi lulusan ITS
      2. Persyaratan IPK pelamar sebagai berikut :
        • Akreditasi PT Asal Pelamar A, Akreditasi Prodi Asal Pelamar A, maka IPK ≥ 3,25
        • Akreditasi PT Asal Pelamar B, Akreditasi Prodi Asal Pelamar A, maka IPK ≥ 3,5
        • Akreditasi PT Asal Pelamar A, Akreditasi Prodi Asal Pelamar B, maka IPK ≥ 3,5
        • Akreditasi PT Asal Pelamar B, Akreditasi Prodi Asal Pelamar B, maka IPK ≥ 3,75
      3. Usia pada saat mendaftar tidak lebih dari 24 tahun
  2. Mendapatkan dua rekomendasi dengan cara online yaitu dengan mencantumkan Nama dan Email untuk 2 (dua) rekomendator yang berasal dari :
    1. Pimpinan instansi bagi yang sudah bekerja, atau
    2. Mantan dosen atau pembimbing program sarjana.
  3. Memiliki sertifikat TOEFL/TOEFL – like Paper based dengan nilai skor minimal 450 (untuk program master) dan 477 (untuk program doktor) dari instansi:
    1. Institutional Testing Program (ITP).
    2. Sertifikat Bahasa Inggris dari seluruh Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia.
    3. Sertifikat TEFL paper based dapat digantikan dengan sertifikat IELTS dengan skor minimal 4.5 atau TOEFL IBT dengan skor minimal 32.
    4. Untuk di ITS, jadwal tes sejenis TOEFL (TEFL) bisa dilihat di: bahasa.its.ac.id atau Telp. (031) 5990322 / 5947274 ext. 1221
  4. Memiliki sertifikat Tes Potensi Kemampuan Akademik (TPKA) dengan skor minimal 450 (untuk program master) dan 450 (untuk program doktor), yang dikeluarkan oleh: Direktorat Pascasarjana dan Pengembangan Akademik (DIRP2A-ITS), atau Tes Potensi Akademik (TPA) yang dikeluarkan oleh BAPPENAS, dan TKDA HIMPSI. Untuk tes TPA DIRP2A-ITS bisa dilihat di tpka.its.ac.id atau mengubungi Telp. (031) 5994251 – ext 1126, 1384.
  5. Lulus seleksi masuk/tes masuk :
    • Tulis: Materi Bidang;
    • Wawancara
  6. Menyatakan kesanggupan untuk memenuhi ketentuan/prosedur akademik dan finansial yang berlaku.
  7. Bagi pendaftar Program S2 harus mengisi Usulan Topik Penelitian dan khusus pendaftar Program S3 harus sudah memiliki Rancangan Usulan Proposal Disertasi yang telah disetujui oleh calon dosen pembimbing. Format usulan topik penelitian dan rancangan usulan proposal disertasi bisa diunduh disini. Juga melampirkan form ketersediaan pembimbing yang bisa diperoleh disini.

Tata Cara Pendaftaran

  1. Melalui web ITS: smits.its.ac.id calon peserta melakukan pendaftaran Kode Akses Pendaftaran (KAP) dan Personal Identification Number (PIN). Calon peserta menuliskan nama lengkap, tanggal lahir, dan alamat email yang valid.
  2. Selanjutnya calon peserta akan mendapatkan email berisi Kode Bayar, KAP dan PIN.
  3. Dengan menggunakan Kode Bayar, calon peserta membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 500.000,00 melalui loket/Teller/ATM/Internet Banking untuk Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI, Bank BTN, dan Bank Jatim (Perhatian : Biaya pendaftaran TIDAK DAPAT ditarik kembali dengan alasan apapun).
  4. Detail Cara Pembayaran adalah sebagai berikut:
    • Panduan Cara Pembayaran Melalui Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI dan Bank BNI Syariah dapat dilihat disini.
  5. Calon peserta melakukan pendaftaran secara online (melalui Internet) dengan mengunjungi website Seleksi Masuk ITS (SMITS) dengan alamat smits.its.ac.id, dengan login menggunakan KAP dan PIN.
  6. Untuk melakukan pendaftaran secara online, calon peserta harus menyiapkan:
    1. File pas foto berwarna terbaru ukuran 4×6 cm (memakai pakaian yang sopan dan rapi) dengan latar belakang putih berformat JPEG atau PNG dengan ukuran maksimum 500 KB.
    2. Ijazah Sarjana (S1)/SKL (harus dicantumkan kontak kadep/kaprodi berupa nama, email dan no hp).
    3. Transkrip Sarjana (S1).
    4. Ijazah Magister (khusus program S3).
    5. Transkrip Magister (khusus program S3).
    6. Surat Rekomendasi 2 buah (Rekomendasi dengan cara online yaitu dengan mencantumkan Nama dan Email untuk 2 (dua) rekomendator).
    7. Sertifikat TOEFL/IELTS.
    8. Sertifikat TPA atau TPKA.
    9. Surat Keterangan Sehat
    10. Bagi pendaftar Program S2 harus mengisi Usulan Topik Penelitian dan khusus pendaftar Program S3 (Reguler dan Riset) serta S2 Jalur Riset harus sudah memiliki Rancangan Usulan Proposal Disertasi yang telah disetujui oleh calon dosen pembimbing. Format usulan topik penelitian dan rancangan usulan proposal disertasi bisa diunduh disini.
    11. Portofolio (S2 dan S3 Jalur Riset). Format portofolio dapat didownload disini.
  7. Calon peserta harus menyimpan dan mencetak file Kartu Bukti Pendaftaran online.
  8. Calon peserta tidak diperkenankan mengganti program studi yang telah dipilih dengan alasan apapun.
  9. Calon peserta menandatangani Kartu Bukti Pendaftaran tersebut pada tempat yang disediakan.
  10. Kartu peserta dibawa pada waktu test materi bidang dan wawancara.

Link Penting Seputar Pendaftaran

Informasi Pendaftaran Manajemen Teknologi 

Informasi Pendaftaran Inovasi Sistem dan Teknologi

Konsultasi Pendaftaran Whatsapp SIMT-ITS

Latest News

Sorry, no posts matched your criteria.