Magister Inovasi Sistem dan Teknologi

Bidang Keahlian Magister Inovasi Sistem dan Teknologi

Image

INOVASI LAYANAN DAN KEBIJAKAN PUBLIK

Keilmuan yang berfokus pada pengembangan kebijakan publik untuk ketahanan nasional bidang kemandirian ekonomi, lingkungan, pangan, dan energi (berbasis SSDGs dan System Thinking)

Selengkapnya
Image

Energi Terbarukan

Keilmuan yang berfokus pada pengembangan sumber energi yang berasal dari alam dan dapat diperbarui

Read More
Image

Mitigasi Risiko Bencana

Keilmuan yang memfokuskan pada pengelolaan risiko bencana dalam tahap mitigasi, kesiapsiagaan, respon dan pemulihan

Read More
Image

Teknologi Geotermal

Keilmuan yang berfokus pada energi panas bumi sebagai alternatif energi konvensional dengan pemanfaatan teknologi dan inovasi

Read More
Image

Startup Teknologi

Keilmuan yang berfokus pada pengembangan startup teknologi dengan keunggulan teknologi dan inovasi menuju transformasi society 5.0

Read More

Informasi Pendaftaran

Waktu Pendaftaran

Penerimaan Mahasiswa Baru Semester Gasal Gelombang I
Pendaftaran 04 Maret – 25 April 2024
Deadline Pembayaran Biaya Pendaftaran 25 April 2024 pukul 16.00 WIB
Deadline Pengisian Pendaftaran Online 28 April 2024 pukul 23.59 WIB
Ujian Masuk 29 April – 3 Mei 2024
Pengumuman 6 Mei 2024
Penerbitan LoA (Letter of Acceptance) Maksimal 10 Mei 2024
Pengisian SIPMABA 7 – 9 Mei 2024
Validasi Data 13 – 15 Mei 2024
Daftar Ulang/ Pembayaran SPP 12 – 14 Agustus 2024
IPITS Pascasarjana 20 Agustus 2024
Perwalian Mahasiswa (FRS Online) 19 – 23 Agustus 2024
Mulai Perkuliahan 26 Agustus 2024
  • Apabila tidak melakukan pengisian SIPMABA pada jadwal yang sudah ditentukan, maka dianggap mengundurkan diri
  • Pembukaan Gelombang II Tentatif

 

KHUSUS BEASISWA FRESH GRADUATE ITS DAN FAST TRACK

Pendaftaran Menunggu Informasi
Ujian Masuk
Pengumuman
Pengisian SIPMABA (termasuk upload dokumen data)
Validasi Data
Perwalian Mahasiswa (FRS Online)

 

untuk pendaftaran PMDSU, silahkan memilih pendaftaran magister

  1. Bagi penerima Beasiswa Fresh Graduate yang tidak mengisi SIPMABA pada jadwal yang sudah ditentukan maka dianggap mengundurkan diri.
  2. Bagi pendaftar Beasiswa Fast Track dari mahasiswa S1 semester 6 atau 7 tidak perlu mengisi SIPMABA
  1. Peserta program terbuka bagi lulusan
    1. Program Sarjana dengan IPK 3,00 (untuk Program Magister), dari Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi Swasta dengan program studi yang terakreditasi minimal B.
    2. Program Magister dengan IPK 3,00 (untuk Program Doktor) dari Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi Swasta dengan program studi yang terakreditasi minimal B.
    3. Untuk Program Pendidikan Magister menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU)
      1. Sarjana unggul (fresh graduate) lulusan 3 tahun terakhir atau akan mengikuti wisuda bulan September bagi lulusan ITS
      2. Persyaratan IPK pelamar sebagai berikut :
        • Akreditasi PT Asal Pelamar A, Akreditasi Prodi Asal Pelamar A, maka IPK ≥ 3,25
        • Akreditasi PT Asal Pelamar B, Akreditasi Prodi Asal Pelamar A, maka IPK ≥ 3,5
        • Akreditasi PT Asal Pelamar A, Akreditasi Prodi Asal Pelamar B, maka IPK ≥ 3,5
        • Akreditasi PT Asal Pelamar B, Akreditasi Prodi Asal Pelamar B, maka IPK ≥ 3,75
      3. Usia pada saat mendaftar tidak lebih dari 24 tahun
  2. Mendapatkan dua rekomendasi dengan cara online yaitu dengan mencantumkan Nama dan Email untuk 2 (dua) rekomendator yang berasal dari :
    1. Pimpinan instansi bagi yang sudah bekerja, atau
    2. Mantan dosen atau pembimbing program sarjana.
  3. Memiliki sertifikat TOEFL/TOEFL – like Paper based dengan nilai skor minimal 450 (untuk program master) dan 477 (untuk program doktor) dari instansi:
    1. Institutional Testing Program (ITP).
    2. Sertifikat Bahasa Inggris dari seluruh Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia.
    3. Sertifikat TEFL paper based dapat digantikan dengan sertifikat IELTS dengan skor minimal 4.5 atau TOEFL IBT dengan skor minimal 32.
    4. Untuk di ITS, jadwal tes sejenis TOEFL (TEFL) bisa dilihat di: bahasa.its.ac.id atau Telp. (031) 5990322 / 5947274 ext. 1221
  4. Memiliki sertifikat Tes Potensi Kemampuan Akademik (TPKA) dengan skor minimal 450 (untuk program master) dan 450 (untuk program doktor), yang dikeluarkan oleh: Direktorat Pascasarjana dan Pengembangan Akademik (DIRP2A-ITS), atau Tes Potensi Akademik (TPA) yang dikeluarkan oleh BAPPENAS, dan TKDA HIMPSI. Untuk tes TPA DIRP2A-ITS bisa dilihat di tpka.its.ac.id atau mengubungi Telp. (031) 5994251 – ext 1126, 1384.
  5. Lulus seleksi masuk/tes masuk :
    • Tulis: Materi Bidang;
    • Wawancara
  6. Menyatakan kesanggupan untuk memenuhi ketentuan/prosedur akademik dan finansial yang berlaku.
  7. Bagi pendaftar Program S2 harus mengisi Usulan Topik Penelitian dan khusus pendaftar Program S3 harus sudah memiliki Rancangan Usulan Proposal Disertasi yang telah disetujui oleh calon dosen pembimbing.

Persyaratan Program S2 MIST-ITS

  1. Melalui web ITS: smits.its.ac.id calon peserta melakukan pendaftaran Kode Akses Pendaftaran (KAP) dan Personal Identification Number (PIN). Calon peserta menuliskan nama lengkap, tanggal lahir, dan alamat email yang valid.
  2. Selanjutnya calon peserta akan mendapatkan email berisi Kode Bayar, KAP dan PIN.
  3. Dengan menggunakan Kode Bayar, calon peserta membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 500.000,00 melalui loket/Teller/ATM/Internet Banking untuk Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI, Bank BTN, dan Bank Jatim (Perhatian : Biaya pendaftaran TIDAK DAPAT ditarik kembali dengan alasan apapun).
  4. Detail Cara Pembayaran adalah sebagai berikut:
    • Panduan Cara Pembayaran Melalui Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI dan Bank BNI Syariah dapat dilihat disini.
  5. Calon peserta melakukan pendaftaran secara online (melalui Internet) dengan mengunjungi website Seleksi Masuk ITS (SMITS) dengan alamat smits.its.ac.id, dengan login menggunakan KAP dan PIN.
  6. Untuk melakukan pendaftaran secara online, calon peserta harus menyiapkan:
    1. File pas foto berwarna terbaru ukuran 4×6 cm (memakai pakaian yang sopan dan rapi) dengan latar belakang putih berformat JPEG atau PNG dengan ukuran maksimum 500 KB.
    2. Ijazah Sarjana (S1)/SKL (harus dicantumkan kontak kadep/kaprodi berupa nama, email dan no hp).
    3. Transkrip Sarjana (S1).
    4. Ijazah Magister (khusus program S3).
    5. Transkrip Magister (khusus program S3).
    6. Surat Rekomendasi 2 buah (Rekomendasi dengan cara online yaitu dengan mencantumkan Nama dan Email untuk 2 (dua) rekomendator).
    7. Sertifikat TOEFL/IELTS.
    8. Sertifikat TPA atau TPKA.
    9. Surat Keterangan Sehat
    10. Bagi pendaftar Program S2 harus mengisi Usulan Topik Penelitian dan khusus pendaftar Program S3 (Reguler dan Riset) serta S2 Jalur Riset harus sudah memiliki Rancangan Usulan Proposal Disertasi yang telah disetujui oleh calon dosen pembimbing. Format usulan topik penelitian dan rancangan usulan proposal disertasi bisa diunduh disini.
    11. Portofolio (S2 dan S3 Jalur Riset). Format portofolio dapat didownload disini.
  7. Calon peserta harus menyimpan dan mencetak file Kartu Bukti Pendaftaran online.
  8. Calon peserta tidak diperkenankan mengganti program studi yang telah dipilih dengan alasan apapun.
  9. Calon peserta menandatangani Kartu Bukti Pendaftaran tersebut pada tempat yang disediakan.
  10. Kartu peserta dibawa pada waktu test materi bidang dan wawancara.

Panduan Tata Cara Pendaftaran

Program Perkuliahan SPP per Semester SPI IPITS
Profesional Rp. 17.500.000 Tidak Ada Rp. 1.250.000
Eksekutif Rp. 17.500.000 Tidak Ada Rp. 1.250.000
Eksekutif Jakarta Rp. 20.000.000 Tidak Ada Rp. 1.250.000
PJJ Profesional Rp. 20.000.000 Tidak Ada Rp. 1.250.000
PJJ Eksekutif Rp. 20.000.000 Tidak Ada Rp. 1.250.000

Rincian Biaya Startup Teknologi

Program Perkuliahan SPP per Semester SPI IPITS
Eksekutif Rp. 17.500.000 Tidak Ada Rp. 1.250.000
Eksekutif Jakarta Rp. 20.000.000 Tidak Ada Rp. 1.250.000
PJJ Eksekutif Rp. 20.000.000 Tidak Ada Rp. 1.250.000

 

Keterangan: Bidang keahlian Startup Teknologi hanya membuka kelas Eksekutif

DEPARTEMEN MANAJEMEN TEKNOLOGI
Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital
Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Kampus ITS Tjokroaminoto
Jl. Cokroaminoto 12A
Surabaya 60264
Tel: +62315613922, +62315666172
e-mail: infommt.its@gmail.com

 

Informasi Pendaftaran