FAQ Pendaftaran SIMT-ITS

Menu

Butuh Bantuan?

Silahkan hubungi kami disini:

Pertanyaan Seputar Pendaftaran

  • Apakah Toefl dan TPA bisa disusulkan?

Toefl dan TPA merupakan persyaratan pendaftaran yang nantinya akan diupload melalui sistem pendaftaran online SMITS dan harus sudah dimiliki saat mendaftar. Bagi calon pendaftar yang mendaftar diakhir batas penutupan pendaftaran bisa menggupload bukti pendaftaran tes Toefl/TPAnya.

  • Bagaimana memperoleh Sertifikat TPA?

Untuk tes TPA, ITS memberikan fasilitas TPA online yang informasi dan pendaftaran bisa melalui tpka.its.ac.id yang hasilnya bisa diperoleh segera setelah tes.

  • Bagaimana memperoleh Sertifikat TOEFL?

Untuk tes Toefl, di ITS belum ada Toefl Onlin.  Pelaksanaan tes Toefl offline juga masih tutup karena pandemi. Namun calon pendaftar bisa memperoleh toefl ditempat lain yang menyelenggarakan Toefl Online. Silakan mencari informasinya sendiri.

  • Apakah perlu meminta rekomendasi dari dosen/atasan berupa fisik hardcopy?

Tidak perlu, saat ini rekomendasi bisa diperoleh hanya dengan menuliskan nama dan email rekomendator disistem pendaftaran. Sistem akan mengirimkan email ke rekomendator setelah calon pendaftar melakukan simpan permanen SMITS. Diharapkan calon mahasiswa proaktif untuk mengingatkan rekomendator.

  • Apakah perlu mengumpulkan formulir dan berkas pendaftaran ke kampus MMT-ITS Surabaya?

Tidak perlu mengumpulkan berkas pendaftaran ke kampus, semua proses pendaftaran dilakukan secara online melalui smits.its.ac.id

  • Apakah bisa mendaftar periode saat ini namun kuliah dimulai semester depan?

Bisa. Setelah SK penerimaan mahasiswa baru didapat, calon mahasiswa membuat surat permohonan ke Kepala Departemen Manajemen Teknologi tentang penundaan perkuliahan dan permohonan memperoleh LoA. LoA ini nanti berlaku sampai 1 tahun saja. Jika sampai habis masa berlaku LoA tetapi pendaftar tidak melakukan daftar ulang maka wajib melakukan proses pendaftaran dari awal lagi.

  • Apakah kedepan bisa pindah Bidang Keahlian, Lokasi Perkuliahan, Pilihan Kelas, Pilihan Waktu Perkuliahan?

Tidak bisa. Sesuai surat edaran WR 1 ITS tentang ketentuan untuk pindah bidang dan pindah jalur pada program pascasarjana ITS dan semakin ketatnya proses pelaporan data akademik ke PDDIKTI maka tidak diperkenankan. Batas akhir perubahan adalah sebelum SK Penerimaan mahasiswa baru diterbitkan.

  • Bagaiamana kita tahu bahwa pendaftaran online telah berhasil?

Pendaftaran online telah berhasil setelah pendaftar melakukan simpan permanen SMITS dan memperoleh kartu bukti pendaftaran yang tertera nama, nomer, program dan foto. Simpan kartu bukti pendaftaran tersebut untuk keperluan tes seleksi ujian masuk.

  • Darimana informasi pelaksanaan tes akan diinfokan?

Setelah melakukan simpan permanen, kami memperoleh informasi nomer telpon dan email pendaftar. Informasi setelahnya dan jadwal Ujian seleksi akan diinfokan melalui WhatsApp atau Email.

  • Dimana bisa memperoleh informasi lengkap pendaftaran

Untuk memperoleh informasi lengkap pendaftaran, bisa mengunjungi laman berikut https://www.its.ac.id/mt/id/informasi-pendaftaran/

  • Apa perbedaan RPL non-RPL? Dan apa pilihan yang benar saat mendaftar di MT-ITS?

Apabila mendaftar di MMT-ITS sebaiknya mengabaikan untuk RPL, Karena semua pendaftar baik MMT-ITS maupun DMT-ITS melalui jalur non-RPL.

  • Manajemen Teknologi berubah menjadi sekolah interdisiplin, apakah merubah status akreditasinya?

Perubahan Departemen Manajemen Teknologi menjadi Sekolah Interdisiplin Manajemen Teknologi tidak merubah akreditasi program studi Magister Manajemen Teknologi yang sudah Terakreditasi A.

  • Apa ada kontak yang bisa dihubungi saat pendaftaran terdapat kendala?

Selama proses pendaftaran, apabila ada pertanyaan dan kendala silahkan diinfokan melalui Whatsapp official MT-ITS 081330896644.

  • Apakah bisa mendaftar MMT-ITS apabila IPK kurang dari 3?

Bisa, silahkan lanjut mendaftar, IPK salah satu poin penilaian di tes wawancara

  • Apakah bisa mendaftar MMT-ITS apabila Akreditasi sebelumnya “C”?

Bisa, silahkan lanjut mendaftar, Akreditasi asal salah satu poin penilaian di tes wawancara

  • Apakah bisa mendaftar MMT-ITS bagi lulusan D4?

Bisa, silahkan tetap mendaftar, MMT-ITS merupakan program multidisiplin yang bisa juga diikuti lulusan D4, poin tambah apabila sudah bekerja

  • Apakah bisa mendaftar MMT-ITS apabila masih freshgraduate?

Bisa, silahkan tetap mendaftar, MMT-ITS bisa diikuti oleh freshgraduate ataupun profesional yang sudah bekerja

  • Apakah bisa mendaftar MMT-ITS namun bukan dari jurusan Manajemen atau Teknik?

Bisa, namun tentusaja jurusan asal tidak terlalu jauh dari keilmuan Manajemen, Teknik, Eksakta, Ekonomi. Apabila calon pendaftar diluar bidang seperti disebutkan diatas, bisa dikonfirmasikan melalui Whatsapp MMT-ITS bisa tidaknya untuk mendaftar.

  • Apakah bisa mendaftar MMT-ITS, namun belum memperoleh Ijazah dan Transkrip?

Bisa, calon pendaftar harus menyiapkan SKL dan Transkrip sementara yang dikeluarkan oleh minimal Kepala Program Studi. Juga mengkonfirmasikan melalui Whatsapp terkait hal ini. Kami akan meminta kontak kepala program studi untuk kami follow up lebih lanjut.

  • Apakah bisa MMT-ITS menerima beasiswa Fresh Graduate

MMT-ITS memperoleh kuota beasiswa Fresh Graduate dari ITS, namun tidak banyak. Terdapat proses seleksi internal dari MMT. Peserta Fresh Graduate bisa dari jurusan apapun. Segala persyaratan dan prosedur pendaftaran sesuai yang telah diinfokan oleh Pascasarjana ITS.

  • Bagaimana cara mengajukan kelas kerjasama dengan MMT-ITS?

MMT-ITS sangat terbuka apabila ada permintaan Kelas Kerjasama. Apabila berminat silahkan melakukan kontak terlebih dahulu dengan Admin melalui Whatsapp wa.me/6281330896644 kemudian akan kami hubungkan dengan pimpinan untuk follow UP lebih lanjut.

  • Apakah bisa MMT-ITS menerima beasiswa Fresh Track

Untuk beasiswa Fresh Track, tidak bisa digunakan di MMT-ITS karena kami tidak memiliki jurusan di S1 yang linier. Namun untuk mahasiswa tingkat akhir yang berniat langsung melanjutkan perkuliahan S2 bisa mendaftar menggunakan SKL atau Transkrip sementara. Di mohon memberi kontak kepala Program Studi untuk kami hubungi guna validasi.

  • Apa akreditasi DMT-ITS?

Saat ini akreditasi DMT-ITS masih dalam proses pengajuan, karena DMT-ITS merupakan program studi baru yang dibuka tahun 2020. Sudah berlangsung 4 Batch yang diikuti oleh 50an mahasiswa yang merupakan CEO, Direktur dan Manager beberapa perusahaan BUMN dan Nasional.

  • Apakah DMT-ITS membuka jalur riset?

DMT-ITS tidak membuka jalur riset. Tersedia kelas Eksekutif di Surabaya, kelas Eksekutif di Jakarta dan Kelas Eksekutif PJJ.

  • Apakah boleh mendaftar DMT-ITS namun S2 Magister Terapan?

Tidak bisa, untuk mengambil DMT-ITS calon pendaftar merupakan lulusan S2 Magister.

  • Apakah syarat minimal kerja 5 tahun dan pernah di posisi manajerial merupakan persyaratan mutlak?

Benar, syarat pengalaman kerja 5 tahun dan pernah ada pada posisi manajerial adalah syarat mutlak untuk mendaftar DMT

  • Apakah DMT-ITS bisa diikuti bagi profesi dosen?

Bisa diikuti oleh dosen, namun syarat pengalaman berkerja 5 tahun adalah wajib

  • Apakah ada format proposal disertasi yang diupload

Tidak ada format khusus, penulisan rencana proposal disertasi seperti format penulisan karya tulis ilmiah pada umumnya sebanyak 15-20 halaman. Juga dibuat kedalam bentuk PPT yang digunakan untuk tes wawancara dan dipresentasikan sekitar 10 menit.

  • Bagaimana cara memperoleh calon dosen pembimbing?

Informasi rekomendasi dosen pembimbing S3 bisa dilihat melalui laman berikut. namun tidak terbatas itu. Apabila ada usulan lain dan masih belum tahu dan ingin memperoleh usulan dari kami, silahkan menghubungi melalui Whatsapp 081330896644

  • Apakah bidang keahlian di MMT-ITS dibuka semua untuk kelas PJJ baik Profesional maupun Eksekutif?

Benar, kami membuka semua bidang keahlian baik itu PJJ profesioanal, PJJ eksekutif maupun PJJ Kerjasama. Namun apabila jumlah pendaftar disalah satu bidang tidak terlalu banyak sehingga perkuliahan nantinya tidak mungkin efektif, maka pendaftar diberi kesempatan untuk merubah bidang keahlian ke bidang keahlian yang pasti berjalan.

  • Bagaimana mengetahui bidang keahlian tertentu pasti akan dibuka karena jumlah kuota pasti memenuhi?

Bagi calon pendaftar yang memang hanya berniat memilih satu bidang saja dan berkeberatan apabila diubah bidang yang dipilih, silahkan chat Whatsapp official MT-ITS 081330896644 untuk memastikan kemungkinan dibuka/tidaknya.

  • Apakah Program Studi Doktor DMT-ITS juga membuka kelas PJJ?

Benar, DMT-ITS juga membuka kelas PJJ. Tepatnya PJJ Eksekutif.

  • Apakah PJJ di MT-ITS selama nya sampai lulus atau saat pandemic saja?

Notabene program kelas PJJ MT-ITS seluruhnya diselenggarakan secara online. Namun, kedepan akan ada 1 atau 2 pertemuan tiap semesternya selama perkuliahan. Agar selaku mahasiswa MMT-ITS maupun DMT-ITS bisa tahu dimana kampus lokasi perkuliahan. Ini juga sebagai wadah jejaring agar tidak hanya dilakukan secara virtual.

  • Apakah PJJ bisa diikuti oleh peserta diluar Negeri atau luar pulau jawa?

PJJ MT-ITS bisa diikuti oleh peserta yang berdomisili diluar Jakarta dan Surabaya. Untuk peserta diluar pulau atau luar negeri tetap diharuskan komitmen melakukan kelas online melalui conference secara langsung sesuai dengan jadwal perkuliahan menggunakan patokan waktu WIB (Waktu Indonesia Barat).

  • Mulai kapan program Magister Inovasi Sistem dan Teknologi (MIST) ITS bisa diikuti?

Program Magister Inovasi Sistem dan Teknologi (MIST) bisa diikuti mulai pendaftaran Genap 2021/2022 yang pendaftaran nya akan berakhir sampai 12 Desember 2021.

  • Apakah MIST ITS bisa diikuti secara online?

MIST ITS bisa diikuti secara online. Menawarkan kelas PJJ (online) yang bisa diikuti bagi pendaftar diluar domisili Surabaya dan sekitarnya

  • Lulusan apa saja yang bisa mendaftar MIST ITS?

Karena program MIST ITS merupakan program interdisiplin, maka lulusan dari D4/S1 bidang Teknik bisa untuk mendaftar program studi ini baik bidang keahlian Energi Terbarukan maupun Energi Geotermal.

  • Apa gelar lulusan MIST ITS nantinya?

Untuk gelar lulusan program MIST ITS tidak M.T maupun M.MT. Gelar yang sedang kami usulkan yakni M.IT (Magister Inovasi Teknologi)

  • Kapan waktu perkuliahan MIST ITS?

Waktu perkuliahan Prodi MIST ITS sama dengan Prodi MMT ITS yakni tersedia 2 pilihan waktu perkuliahan, yaitu; kelas Profesional (malam hari) dan Eksekutif (akhir pecan). Untuk kelas Profesional masuk kuliah di hari Senin-Kamis, 18.30-22.10 dan kelas Eksekutif di hari Jumat malam 18.30-22.10 dan Sabtu, 08.30-16.30 WIB.

  • Berapa biaya SPP MIST ITS?

Biaya SPP MIST ITS sama dengan biaya SPP MMT ITS. Untuk kelas Profesional: 15.000.000. kelas Eksekutif: 17.500.000. PJJ Profesional: 17.500.000. dan PJJ Eksekutif: 20.000.000.

  • Apakah bisa mendaftar menggunakan beasiswa Fresh Graduate ITS di MIST ITS?

Tersedia kuota beasiswa Fresh Graduate ITS untuk Prodi MIST ITS. Namun tetap akan ada proses seleksi internal di Prodi.

Apabila masih ada pertanyaan lain, silahkan kontak kami melalui Whatsapp: wa.me/6281330896644

  • Apakah MMT in Technomarketing bisa diikuti oleh bukan lulusan baru

Bisa, karena banyaknya permintaan agar program ini bisa diikuti oleh para profesional. Maka dipersilahkan bagi para pendaftar yang telah bekerja untuk mendaftar MMT in Technomarketing.

  • Apakah biaya program MMT in Technomarketing yakni 80.000.000 dibayarkan sekaligus?

Tidak, untuk biaya tersebut dibayarkan 3 kali, tiap awal semester dengan nominal 30.000.000 untuk semester 1. Sedangkan untuk semester 2 dan 3 sebesar 25.000.000.

  • Apakah proses magang, tempat perusahaan tempat magang di cari sendiri oleh mahasiswa?

Proses magang MMT in Technomarketing akan di arahkan langsung oleh Guru Marketing, Founder & Chairman, MarkPlus, Inc, Dr. (HC) Hermawan Kartajaya.

  • Apakah proses magang wajib diikuti juga oleh mahasiswa yang telah bekerja?

Apabila memungkinkan dan mendapat izin dari tempat berkerja saat ini, bisa tetap dilakukan. Namun, apabila tidak bisa, aka nada opsi lain seperti project ataupun mengambil mata kuliah yang lain.