Doktor Manajemen Teknologi

Doktor Manajemen Teknologi (DMT)

Departemen Manajemen Teknologi dengan bangga mempersembahkan program doktor baru yang memiliki orientasi yang agak berbeda dengan program doktor konvensional pada umumnya. Program Doktor Manajemen Teknologi ini mengikuti pola Doctor of Business Administration (DBA) yang banyak diselenggarakan perguruan tinggi maju di luar negeri. Fokusnya adalah riset pada bidang tertentu yang memiliki relevansi tinggi dengan persoalan lapangan yang kompleks yang penyelesaiannya menggunakan metodologi yang sistematis dan teruji secara akademis. Pendaftar program ini bisa berasal dari kalangan professional maupun akademis dengan pengalaman kerja tertentu.

Menjadi penyelenggara program doktor yang bereputasi internasional  dalam mendukung pengembangan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan riset, inovasi dan kepemimpinan dalam bidang ilmu manajemen teknologi.

  1. Menyelenggarakan program doktor manajemen teknologi yang menggabungkan antara kepentingan praktis dan akademis.
  2. Meningkatkan iklim penelitian yang berbasis pada inovasi keilmuan yang berkontribusi pada pemecahan persoalan nyata yang kompleks.
  3. Meningkatkan jejaring baik di kalangan professional maupun akademisi pada tingkat nasional maupun internasional.
  1. Menghasilkan doktor pada bidang ilmu manajemen teknologi yang memiliki integritas ilmiah yang tinggi, wawasan luas, serta kedalaman ilmu yang memadai untuk memecahkan persoalan-persoalan nyata yang kompleks.
  2. Mendukung ITS dalam menciptakan iklim riset yang kondusif dan relevan dengan kebutuhan praktis.
  3. Meningkatkan jejaring ITS di kalangan professional maupun akademisi di tingkat nasional maupun internasional.

Program Doktor Manajemen Teknologi merupakan gabungan antara perkuliahan, riset, dan publikasi. Seperti yang terlihat di gambar, ada tiga kuliah yang membentuk fondasi, dua kuliah yang menciptakan konteks dan sisanya adalah pekerjaan riset. Riset untuk program Doktor Manajemen Teknologi adalah riset yang lebih diutamakan yang memiliki relevansi tinggi dengan kebutuhan di lapangan dan bisa mengangkat persoalan yang kompleks dengan tinjauan multi-disiplin dengan metodologi yang sistematis. Walaupun kontribusi terhadap pengembangan bidang ilmu tetap harus ada, namun program Doktor Manajemen Teknologi lebih mengutamakan kontribusi terhadap pemecahan persoalan yang nyata.

Image

Perkuliahan akan dilakukan pada hari Sabtu. Sebagian kuliah bisa dikemas dengan sistem blok. Sesuai kebutuhan, mahasiswa bisa direkomendasikan untuk mengambil kuliah lain untuk menunjang pengerjaan disertasinya. Di luar perkuliahan tatap muka tersebut, peserta harus mengerjakan penelitian dan menulis disertasi, menulis makalah untuk konferensi atau untuk jurnal ilmiah.

Image

Bidang kajian yang masuk dalam lingkup Program Doktor Manajemen Teknologi antara lain adalah seperti pada daftar di bawah ini, namun tentunya bisa berkembang sesuai dengan perkembangan keilmuan:

  1. Manajemen Strategi
  2. Manajemen Industri
  3. Manajemen Proyek
  4. Manajemen Teknologi Informasi
  5. Manajemen Rantai Pasok
  6. Manajemen Bisnis Maritim
  7. Analitika Bisnis
  8. Manajemen Desain Inovasi

Calon mahasiswa harus menghubungi calon dosen pembimbing dan meminta persetujuan untuk menjadi pembimbing disertasi/promotor. Format surat persetujuan dapat diunduh di sini.

Pembimbing utama harus memiliki jabatan Lektor Kepala atau Profesor dan memiliki rekam jejak publikasi di jurnal internasional dalam 5 tahun terakhir. Dalam perjalanannya, seorang mahasiswa doktoral akan dibimbing oleh 2 atau 3 orang. Untuk program Doktor Manajemen Teknologi, pembimbing disarankan berasal dari setidaknya dua bidang ilmu yang berbeda.

Berikut adalah sebagian dari dosen yang bisa dinominasikan sebagai calon pembimbing (ini hanya sebagian, dosen-dosen ITS lainnya bisa juga diusulkan):

Nama Bidang Riset Email
Prof. Dr. Ir. Abdullah Shahab, MSc Sistem Manufaktur, Quality Management shahab_nqa@yahoo.com 
Prof.Dr.Ir. Budi Santosa M.Sc, Ph.D. optimasi, metaheuristik, data mining/big data
Prof. Dr. Ir. Budisantoso Wirjodirdjo M. Eng. Manajemen Strategi dan Manajemen Kinerja budisantoso.wirjodirdjo@gmail.com
Prof. Ir. I Nyoman Pujawan, M.Eng., Ph.D. CSCP* (*Kuota bimbingan full) Supply Chain Management, Manajemen Produksi/Operasi, Manajemen Logistik pujawan@ie.its.ac.id
Prof. Iwan Vanany ST., M.T., Ph.D. Logistic and Supply Chain Management iwan.vanany@gmail.com
Prof. Dr. Ir. Joko Lianto Buliali, M.Sc. Pemodelan dan simulasi sistem, Analisis data deret waktu, Big data analysis, e-business joko@if.its.ac.id
Prof. Dr. Ketut Buda Artana ST MSc Risk Management, Supply Chain, Oil and Gas ketutbuda@its.ac.id
Prof. Dr. Ir. Mauridhi Hery Purnomo, M.Eng. Business Intelligence hery@ee.its.ac.id
Prof. Dr. Moses L. Singgih Produktivitas, Kualitas dan Sistem Manufaktur moseslsinggih@gmail.com
Prof. Dr.tech. Drs. Mohammad Isa Irawan, MT Management Information System, Risk Management, Decision Analysis mii@its.ac.id
Prof. Dr. Ir. Nadjadji Anwar, MSc System Analysis, Environmental Hydraulic Aspect
Prof. Nur Iriawan, M.Ikom, Ph.D. Analitika bisnis nur_i@statistika.its.ac.id
Prof. Drs.Ec. Ir. Riyanarto Sarno, M.Sc., Ph.D. Analisis Sentimen; Audit IT; riyanarto@if.its.ac.id
Prof. Dr. Ir. Tri Widjaja., M.Eng Pengolahan Limbah Industri, Sistem Utilitas Pabrik, Operasi Teknik Kimia
Prof. Dr. Ir. Udisubakti Ciptomulyono M.Eng.Sc.* (*Kuota bimbingan full) Manajemen Teknologi/Lingkungan, Green Inovation, Decision-Analysis-MCDM udisubakti@gmail.com
Dr. Eng, Ir.Ahmad Rusdiansyah M.Eng. Logistics and SCM arusdianz@gmail.com
Dr. Ir. Bambang Syairudin, MT Manajemen Industri; Manajemen Proyek; Analitika Bisnis bambangsyairudin@gmail.com
Dr. Bambang Widjanarko Otok, M.Si Analitika Bisnis bambang_wo@statistika.its.ac.id
Christiono Utomo, ST, MT, Ph.D. Manajemen Desain, Investasi dan pembiayaan proyek, group decision and negotiation christiono@ce.its.ac.id; christionoutomo@gmail.com
Dr. Diana Purwitasari, S.Kom, M.Sc. Data Mining, Sistem Rekomendasi diana.purwitasari@gmail.com
Dr. Ellya Zulaikha Manajemen Desain Inovasi e_zulaikha@prodes.its.ac.id
Prof. Erma Suryani, S.T., M.T., Ph. D. Model Driven Decision Support Systems, IT Management, E-business, Strategic IS/IT erma.suryani@gmail.com
Ir. Ervina Ahyudanari, ME, PhD infrastruktur transportasi, manajemen transportasi ervina@ce.its.ac.id
Imam Baihaqi S.T., M.Sc., Ph.D.*(*Kuota bimbingan full) Manajemen Strategi Manajemen Proyek ibaihaqi@mb.its.ac.id
Dr. Ir. Mokh. Suef, MSc(Eng) Kualitas Perawatan, Manufaktur m_suef@ie.its.ac.id
Nurhadi Siswanto S.T., MSIE.,Ph.D. Manajemen Industri, Manajemen Rantai Pasok (SCM), dan Analitika Bisnis siswanto@ie.its.ac.id
Dr.Tech, Ir. R.V. Hari Ginardi, MSc Information Technology, Komputasi Cerdas hari@its.ac.id
Raja Oloan Saut Gurning, ST, MSc, PhD Maritime Transportation, Maritim Logistic, Port Management sautg@its.ac.id

Pendaftar program ini harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  1. Lulusan Program Magister dengan IPK 3,00 (untuk Program Doktor) dari Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi Swasta dengan program studi yang terakreditasi minimal B. Status akreditasi dapat dilihat di sini.
  2. Mendapatkan dua surat rekomendasi bisa dari pimpinan instansi atau mantan dosen dengan menuliskan nama dan email pemberi rekomendasi di sistem smits.its.ac.id
  3. Memiliki nilai Test of English as Foreign Language (TEFL/TOEFL) minimum 477. Tes bisa dilakukan (online) di Pusat Bahasa ITS.
  4. Memiliki sertifikat Tes Potensi Kemampuan Akademik (TPKA) dengan skor minimal 450. Tes bisa dilakukan di Direktorat Pascasarjana dan Pengembangan Akademik ITS.
  5. Mendapatkan persetujuan dari calon promotor, format surat dapat diunduh di sini.
  6. Memiliki memiliki Rancangan Usulan Proposal Disertasi yang telah disetujui oleh calon dosen pembimbing. Format usulan dapat diunduh melalui tautan ini.
  7. Mengisi formulir pendaftaran ini dan mendaftar di sini.

Informasi lebih lanjut dapat diakses di sini.

  1. Menyelesaikan setidaknya 42 sks yang terdiri dari 12 sks kuliah dan 30 sks disertasi dengan IPK minimum 3.0. Panduan penyusunan disertasi dapat diunduh di sini.
  2. Menghasilkan minimum satu publikasi di jurnal internasional.
  3. Mempresentasikan minimum satu makalah di konferensi internasional.
  4. Memenuhi syarat-syarat lain sesuai yang ditetapkan di baku mutu Pascasarjana ITS.

Untuk melakukan konsultasi pendahuluan silakan kontak kami di Departemen Manajemen Teknologi berikut ini:

DEPARTEMEN MANAJEMEN TEKNOLOGI
Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital
Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Kampus ITS Tjokroaminoto
Jl. Cokroaminoto 12A
Surabaya 60264
Tel: +62315613922, +62315666172

Whatsapp: +6281330896644

Business Leaders dengan Kemampuan Analitis yang Kuat

MT ITS mencetak business leaders yang memiliki kemampuan analitis yang kuat. Untuk bisa kompetitif, bisnis dewasa ini harus dipimpin orang yang punya visi, memiliki keterampilan manajerial yang kuat, dan mampu mengambil keputusan atas dasar informasi yang diolah dari data. Alumni MT ITS berbeda dari yang lain dari kemampuan analitisnya sehingga bisa menghasilkan keputusan yang tepat.