MMT in Technomarketing

Latar Belakang Technomarketing

Perkembangan teknologi adalah salah satu dari 5 drivers of change yang berpengaruh kuat terhadap perubahan lingkungan bisnis. Teknologi, selain menjadi akselerator kegiatan operasional bisnis, juga merupakan produk yang marak ditransaksikan.
Bidang studi technomarketing membahas aspek fundamental dalam dunia bisnis teknologi seperti manajemen bisnis dan aspek strategis pemasaran bisnis teknologi. Bidang studi ini akan mengenalkan mahasiswa kepada konsep, praktik, dan studi kasus seputar bisnis dan pemasaran produk teknologi. Program ini memfokuskan pembahasan strategi dan taktik bisnis industri teknologi yang berkembang pesat.

Prospek Karir

Learning Outcomes

  • Mampu mengelola dan mengembangkan bisnis berbasis teknologi dengan pendekatan strategic marketing dan kemampuan manajemen yang holistic
  • Mampu memimpin dan melakukan riset pemasaran untuk pengembangan produk
  • Mampu merancang kerangka strategis untuk menjalankan taktik pemasaran yang efektif

Struktur Kurikulum

Semester 1

Nama MK Semester 1 SKS
Statistika Bisnis 2
Sistem dan Teknologi Informasi 2
Analisis dan Sistem Keputusan 2
Manajemen Keuangan 2
Technology Marketing 2
Customer Behavior & Branding 2
TOTAL 12

Semester 2

Nama MK Semester 2 SKS
Manajemen Teknologi dan Inovasi 3
Strategi Rantai Pasok 2
Manajemen Proyek 2
Manajemen Sumber Daya Manusia 2
Strategic Digital Marketing 2
Creative Marketing 2
TOTAL 13

Semester 3

Nama MK Semester 3 SKS
Internship 3
Tesis – Metodologi 2
Tesis 6
TOTAL 11

Waktu Pendaftaran

Waktu Pendaftaran

Pendaftaran 30 September 2024 – 3 Januari 2025
Deadline Pembayaran Biaya Pendaftaran 3 Januari 2025 pukul 16.00 WIB
Deadline Pengisian Pendaftaran Online 3 Januari 2025 pukul 23.59 WIB
Ujian Masuk 6 – 10 Januari 2025
Pengumuman 13 Januari 2025
Penerbitan LoA (Letter of Acceptance) Maksimal 21 Januari 2024
Pengisian SIPMABA 14 – 16 Januari 2025
Validasi Data 17 – 24 Januari 2025
Daftar Ulang/ Pembayaran SPP 27 – 29 Januari 2025
IPITS Pascasarjana
Perwalian Mahasiswa (FRS Online) 10 – 14 Februari 2025
Mulai Perkuliahan 24 Februari 2025
  • Apabila tidak melakukan pengisian SIPMABA pada jadwal yang sudah ditentukan, maka dianggap mengundurkan diri
  • Pembukaan Gelombang II Tentatif

 

  • Apabila tidak melakukan pengisian SIPMABA pada jadwal yang sudah ditentukan, maka dianggap mengundurkan diri

untuk pendaftaran PMDSU, silahkan memilih pendaftaran magister

  1. Bagi penerima Beasiswa Fresh Graduate yang tidak mengisi SIPMABA pada jadwal yang sudah ditentukan maka dianggap mengundurkan diri.
  2. Bagi pendaftar Beasiswa Fast Track dari mahasiswa S1 semester 6 atau 7 tidak perlu mengisi SIPMABA

PERLU DIPERHATIKAN:

  • Bagi calon pendaftar yang mempunyai nilai TOEFL/TPA dan IPK kurang dari persyaratan minimal, tetap dapat mendaftar program pascasarjana di ITS.
  • Jika diterima sebagai mahasiswa baru, maka akan ada program upgrading kemampuan bahasa Inggris dari ITS.
  • Semua pendaftar harus membawa berkas persyaratan pendaftaran pada saat tes, kecuali jika tes dilakukan secara online selama masa pandemi
  1. Peserta program terbuka bagi lulusan
    1. Program Sarjana dengan IPK 3,00 (untuk Program Magister), dari Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi Swasta dengan program studi yang terakreditasi minimal B.
    2. Program Magister dengan IPK 3,00 (untuk Program Doktor) dari Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi Swasta dengan program studi yang terakreditasi minimal B.
    3. Untuk Program Pendidikan Magister menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU)
      1. Sarjana unggul (fresh graduate) lulusan 3 tahun terakhir atau akan mengikuti wisuda bulan September bagi lulusan ITS
      2. Persyaratan IPK pelamar sebagai berikut :
        • Akreditasi PT Asal Pelamar A, Akreditasi Prodi Asal Pelamar A, maka IPK ≥ 3,00
        • Akreditasi PT Asal Pelamar B, Akreditasi Prodi Asal Pelamar A, maka IPK ≥ 3,00
        • Akreditasi PT Asal Pelamar A, Akreditasi Prodi Asal Pelamar B, maka IPK ≥ 3,00
        • Akreditasi PT Asal Pelamar B, Akreditasi Prodi Asal Pelamar B, maka IPK ≥ 3,00
      3. Usia pada saat mendaftar tidak lebih dari 24 tahun
  2. Mendapatkan dua rekomendasi dengan cara online yaitu dengan mencantumkan Nama dan Email untuk 2 (dua) rekomendator (Harus dipastikan bahwa perekomendasi mengetahui dan diberi waktu 2 hari (24 jam) setelah proses pengisian formulir online masing-masing peserta selesai.) yang berasal dari :
    1. Pimpinan instansi bagi yang sudah bekerja, atau
    2. Mantan dosen atau pembimbing program sarjana.
  3. Memiliki sertifikat TOEFL/TOEFL – like Paper based dengan nilai skor minimal 450 (untuk program master) dan 477 (untuk program doktor) dengan skala 1 – 700 dari instansi:
    1. Institutional Testing Program (ITP).
    2. Sertifikat Bahasa Inggris dari seluruh Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia.
    3. Untuk di ITS, jadwal tes sejenis TOEFL (TEFL) bisa dilihat di: bahasa.its.ac.id atau Telp. (031) 5990322 / 5947274 ext. 1221
    4. Semua nilai TEFL harus dikonversi ke nilai TOEFL paper based sesuai dengan link: https://theedge.com.hk/conversion-table-for-toefl-ibt-pbt-cbt-tests/
  4. Memiliki sertifikat Tes Potensi Kemampuan Akademik (TPKA) dengan skor minimal 450 (untuk program master) dan 450 (untuk program doktor) dengan skala 1 – 700 yang dikeluarkan oleh: Direktorat Pascasarjana dan Pengembangan Akademik (DIRP2A-ITS), atau Tes Potensi Akademik (TPA) yang dikeluarkan oleh BAPPENAS, dan TKDA HIMPSI. Untuk tes TPA DIRP2A-ITS bisa dilihat di tpka.its.ac.id atau mengubungi Telp. (031) 5994251 – ext 1126, 1384.
  5. Lulus seleksi masuk/tes masuk :
    • Tulis: Materi Bidang;
    • Wawancara
  6. Menyatakan kesanggupan untuk memenuhi ketentuan/prosedur akademik dan finansial yang berlaku.
  7. Bagi pendaftar Program S2 harus mengisi Usulan Topik Penelitian dan khusus pendaftar Program S3 harus sudah memiliki Rancangan Usulan Proposal Disertasi yang telah disetujui oleh calon promotor. Format usulan topik penelitian dan rancangan usulan proposal disertasi bisa diunduh disini. Format kesediaan sebagai promotor khusus pendaftar Program S3 bisa diunduh disini.
  1. Melalui web ini calon peserta melakukan pendaftaran Kode Akses Pendaftaran (KAP) dan Personal Identification Number (PIN). Calon peserta menuliskan nama lengkap, tanggal lahir, dan alamat email yang valid.
  2. Selanjutnya calon peserta akan mendapatkan email berisi Kode Bayar, KAP dan PIN.
  3. Dengan menggunakan Kode Bayar, calon peserta membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 500.000,00 melalui loket/Teller/ATM/Internet Banking untuk Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI, Bank BTN, dan Bank Jatim (Perhatian : Biaya pendaftaran TIDAK DAPAT ditarik kembali dengan alasan apapun).
  4. Detail Cara Pembayaran adalah sebagai berikut:
    • Panduan Cara Pembayaran Melalui Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI dan Bank BNI Syariah dapat dilihat disini.
  5. Calon peserta melakukan pendaftaran secara online (melalui Internet) dengan mengunjungi website ini dengan login menggunakan KAP dan PIN.
  6. Untuk melakukan pendaftaran secara online, calon peserta harus menyiapkan:
    1. File pas foto berwarna terbaru ukuran 4×6 cm (memakai pakaian yang sopan dan rapi) dengan latar belakang putih berformat JPEG atau PNG dengan ukuran maksimum 500 KB.
    2. Ijazah Sarjana (S1)/SKL (harus dicantumkan kontak kadep/kaprodi berupa nama, email dan no hp).
    3. Transkrip Sarjana (S1).
    4. Ijazah Magister (khusus program S3).
    5. Transkrip Magister (khusus program S3).
    6. Surat Rekomendasi 2 buah (Rekomendasi dengan cara online yaitu dengan mencantumkan Nama dan Email untuk 2 (dua) rekomendator).
    7. Sertifikat TOEFL/IELTS.
    8. Sertifikat TPA atau TPKA.
    9. Surat Keterangan Sehat
    10. Bagi pendaftar Program S2 harus mengisi Usulan Topik Penelitian dan khusus pendaftar Program S3 harus sudah memiliki Rancangan Usulan Proposal Disertasi yang telah disetujui oleh calon dosen pembimbing. Format usulan topik penelitian dan rancangan usulan proposal disertasi bisa diunduh disini. Format kesediaan sebagai promotor khusus pendaftar Program S3 bisa diunduh disini
    11. Portofolio (S2 dan S3 Jalur Riset). Format portofolio dapat didownload disini.
  7. Calon peserta harus menyimpan dan mencetak file Kartu Bukti Pendaftaran online.
  8. Calon peserta tidak diperkenankan mengganti program studi yang telah dipilih dengan alasan apapun.
  9. Calon peserta menandatangani Kartu Bukti Pendaftaran tersebut pada tempat yang disediakan.
  10. Kartu peserta dibawa pada waktu test materi bidang dan wawancara.
  11. Semua berkas asli yang diunggah online wajib dibawa pada saat wawancara.
  SPP   SPI   IPITS
MMT in Technomarketing   Rp. 80.000.000*   Tidak ada   Rp. 1.250.000

 

*) Keterangan: Biaya MMT in Technomarketing dibayarkan 3 kali.

1 SPP Semester 1 Rp.30.000.000,-
2 SPP Semester 2 Rp.25.000.000,-
3 SPP Semester 3 Rp.25.000.000,-
Total Biaya Program Rp.80.000.000,-
  • Apakah MMT in Technomarketing bisa diikuti oleh bukan lulusan baru

Bisa, karena banyaknya permintaan agar program ini bisa diikuti oleh para profesional. Maka dipersilahkan bagi para pendaftar yang telah bekerja untuk mendaftar MMT in Technomarketing.

  • Apakah biaya program MMT in Technomarketing yakni 80.000.000 dibayarkan sekaligus?

Tidak, untuk biaya tersebut dibayarkan 3 kali, tiap awal semester dengan nominal 30.000.000 untuk semester 1. Sedangkan untuk semester 2 dan 3 sebesar 25.000.000.

  • Apakah proses magang, tempat perusahaan tempat magang di cari sendiri oleh mahasiswa?

Proses magang MMT in Technomarketing akan di arahkan langsung oleh Guru Marketing, Founder & Chairman, MarkPlus, Inc, Dr. (HC) Hermawan Kartajaya.

  • Apakah proses magang wajib diikuti juga oleh mahasiswa yang telah bekerja?

Apabila memungkinkan dan mendapat izin dari tempat berkerja saat ini, bisa tetap dilakukan. Namun, apabila tidak bisa, aka nada opsi lain seperti project ataupun mengambil mata kuliah yang lain.

  • Apakah proses magang wajib diikuti juga oleh mahasiswa yang telah bekerja?

Terdapat beberapa keuntungan dari proses magang dalam program MMT in Technomarketing

  • Terlibat langsung dalam aktivitas internal institusi tempat magang.
  • Mendapatkan ilmu yang relevan dari institusi tempat magang.
  • Eksplorasi pengetahuan dan kemampuan di lapangan selama lebih dari satu semester.
  • Kesempatan berinteraksi dengan para program faculty MarkPlus Institute dan berbagai marketer ternama dari industri dalam kesempatan gathering dan event-event seputar pemasaran berskala nasional dan global.

Sekolah Interdisiplin Manajemen dan Teknologi
Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Kampus ITS Tjokroaminoto
Jl. Cokroaminoto 12A
Surabaya 60264
Tel: +62315613922, +62315666172
e-mail: infommt.its@gmail.com

Informasi Pendaftaran