MMT in Technomarketing

Bidang Studi

Technomarketing

Latar Belakang

Perkembangan teknologi adalah salah satu dari 5 drivers of change yang berpengaruh kuat terhadap perubahan lingkungan bisnis. Teknologi, selain menjadi akselerator kegiatan operasional bisnis, juga merupakan produk yang marak ditransaksikan.

Bidang studi technomarketing membahas aspek fundamental dalam dunia bisnis teknologi seperti manajemen bisnis dan aspek strategis pemasaran bisnis teknologi. Bidang studi ini akan mengenalkan mahasiswa kepada konsep, praktik, dan studi kasus seputar bisnis dan pemasaran produk teknologi. Program ini memfokuskan pembahasan strategi dan taktik bisnis industri teknologi yang berkembang pesat.

Prospek Karir

  • Pengembangan bisnis (business development)
  • Manajemen pemasaran (marketing management, marketing specialist)
  • Manajemen merek (brand management)
  • Pengembangan produk (product manager)

Learning Outcome

  • Mampu mengelola dan mengembangkan bisnis berbasis teknologi dengan pendekatan
    strategic marketing dan kemampuan manajemen yang holistic
  • Mampu memimpin dan melakukan riset pemasaran untuk pengembangan produk
  • Mampu merancang kerangka strategis untuk menjalankan taktik pemasaran yang
    efektif

 

Struktur Kurikulum

Struktur kurikulum dengan informasi SKS dan posisi semesternya disajikan pada tabel berikut.

Nama MK Semester 1 SKS Nama MK Semester 3 SKS
Statistika Bisnis 2 Internship 3
Sistem dan Teknologi Informasi 2 Tesis – Metodologi 2
Analisis dan Sistem Keputusan 2 Tesis 6
Manajemen Keuangan 2 TOTAL 11
Technology Marketing 2
Customer Behavior & Branding 2
TOTAL 12
.
Nama MK Semester 2 SKS
Manajemen Teknologi dan Inovasi 3
Strategi Rantai Pasok 2
Manajemen Proyek 2
Manajemen Sumber Daya Manusia 2
Strategic Digital Marketing 2
Creative Marketing 2
TOTAL 13