News

Menjalin Keakraban Mahasiswa Baru melalui Self Development Outbound

Rab, 30 Jan 2019
12:36 pm
Berita Terbaru
Share :
Oleh : Admin-Manajemen Teknologi   |

Masih dalam suasana awal tahun 2019, Departemen Manajemen Teknologi ITS memberikan semangat baru kepada mahasiswa barunya melalui acara “Team Building and Self Development Outbound” yang pada kesempatan ini bertempat di Vanda Gardenia Hotel, Trawas, Mojokerto. Acara yang berlangsung selama dua hari tersebut (26-27 Januari 2019) diikuti oleh 89 mahasiswa, baik mahasiswa baru dan mahasiswa lama yang berhalangan hadir pada kegiatan outbound sebelumnya. Mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini berasal dari beberapa bidang keahlian, yaitu Manajemen Industri, Manajemen Proyek, Manajemen Teknologi Informasi. Selain itu juga dari dua bidang keahlian baru, yaitu Manajemen Rantai Pasok dan Analitika Bisnis, baik dari kelas profesional maupun kelas eksekutif.

 

Sebagian besar mahasiswa Departemen Manajemen Teknologi berlatar belakang sebagai pekerja profesional dimana waktu mereka sangat tersita oleh pekerjaan mereka masing-masing. Tidak sedikit pula yang telah berkeluarga. Sehingga intensitas mereka dalam bersosialisasi dengan kawan-kawan sekelasnya menjadi minim. Kondisi tersebut menjadi pemicu utama diadakannya outbound sebagai kegiatan rutin setiap setelah penerimaan mahasiswa baru. Oleh sebab itu, harapan yang ingin diwujudkan dari acara outbound ini adalah untuk mengakomodasi jaringan pertemanan dan meningkatkan intensitas interaksi di antara mahasiswa baru. Selain itu, dengan adanya koneksi yang terbentuk, mereka akan lebih mudah dalam berkerjasama pada bidang pekerjaannya maupun untuk kolaborasi dalam suatu bisnis.

 

Kegiatan dimulai pada Sabtu sore (26/1), dimana mahasiswa diajak untuk melakukan outdoor activity yang bertujuan untuk perkenalan antar peserta, dengan permainan bernama Where is My Shoes, Trust Fall, serta diakhiri dengan pembentukan kelompok outbound.

 

Kemudian, acara dibuka pada hari Sabtu malam (26/1) oleh Sekretaris Departemen Manajemen Teknologi, Dr. Ir. Mokh Suef, M.Sc.(Eng.). Acara dilanjutkan dengan sesi motivasional oleh Dr. M. G. Bagus Ari Putra. Beliau memaparkan secara menarik mengenai “Rising Star“. Ari mengajak mahasiswa untuk menyelami motivasi-motivasi apa yang membuat mereka memilih melanjutkan studinya. Ia juga menjelaskan, pada dasarnya, jika ingin menjadi rising star, maka harus memiliki kepemimpinan untuk mengendalikan diri sendiri. Aspek yang dikendalikan antara lain Emotional based Management, Physical based Management, dan Time Management. Kegiatan ini juga diselingi dengan permainan strip seven untuk melatih konsentrasi peserta.

 

Acara fisik kemudian dilaksanakan pada hari Minggu pagi (27/1), dimana mahasiswa harus bangun pagi dan mengikuti kegiatan senam pagi. Selanjutnya, mahasiswa melaksanakan kompetisi outbound berdasarkan kelompok yang telah dibentuk pada hari sebelumnya. Kembali menggandeng tim dari Visioner Outbound Sidoarjo, acara ini diisi oleh beragam permainan seru seperti Ball Rolling,  Water in Pipe, Crawl in The Cave, Caterpillar, Water Transfer dan permainan yang masih paling disukai oleh para peserta outbound ini adalah Candle War.

 

Candle War dimainkan dengan cara peserta ditantang untuk menyalakan obor menggunakan lilin yang digempur bola-bola yang berisi air dari tim lawan. Tantangan yang dihadapi peserta adalah memastikan lilinnya tetap menyala untuk membakar sumbu obor. Yoanne, salah satu peserta outbound mengaku senang sekali dengan permainan Candle War tersebut. “Seru banget! Kebetulan aku baru pertama kali ikut outbound yang ada tembak-tembakan pakai air,” imbuhnya. Yoanne juga merasa sangat termotivasi untuk berkuliah di MMT setelah mengikuti acara outbound ini. Acara ditutup dengan pengumuman pemenang dan penjelasan akademik oleh Kepala Program Studi MMT-ITS, Dr. techn. R. V. Hari Ginardi. (ndpe/gwb)

Dokumentasi kegiatan dapat diunduh di sini.

 

Latest News

  • Pendaftaran SIMT-ITS Gelombang 2 Periode Gasal 2022/2023 telah dibuka sampai 17 Juli 2022

    Waktu Pendaftaran Gelombang II Pendaftaran 4 April – 17 Juli 2022 Ujian Masuk 18 – 29 Juli 2022 Pengumuman

    21 Feb 2022
  • Pendaftaran Program Pascasarjana di SIMT ITS Berakhir sampai 17 Juli 2022

    Waktu Pendaftaran Gelombang II Pendaftaran 4 April – 17 Juli 2022 Ujian Masuk 18 – 29 Juli 2022 Pengumuman

    22 Des 2021
  • Peluncuran Program Studi Baru Manajemen Inovasi Sistem dan Teknologi serta Sekolah Interdisiplin Manajemen dan Teknologi (SIMT) menjadi momentum Perayaan 25 Tahun MMT-ITS

    Hari Sabtu, 16 Oktober 2021 menjadi sejarah baru bagi ITS dengan diresmikannya Sekolah pertama di ITS. Rektor ITS Prof.

    17 Okt 2021
Informasi Pendaftaran