News

ITS Terlibat dalam Pengembangan InaTEWS Merah Putih

Kam, 20 Apr 2023
8:37 pm
Berita
Share :
Oleh : itsram   |

Dr-Ing Semeidi Husrin dan Adjie Pamungkas PhD dalam kegiatan pertemuan dengan Tim BMKG dan mitra universitas lain

MKPI ITS – Indonesia telah dikenal sebagai negara dengan risiko kebencanaan yang tinggi, salah satu bencana yang memiliki sejarah kelam dalam hal dampak kerugian di Indonesia yakni tsunami. Pada kondisi saat ini Indonesia masih ketergantungan pada Jerman dalam peringatan dini tsunaminya. Selain itu, lembaga-lembaga peringatan dini tersebut dalam operasionalnya masih sebatas memberikan peringatan dini berupa status ancaman, waktu tiba tsunami dan estimasi ketinggian tsunami di pantai.

BMKG menginisiasi kegiatan riset dan pengembangan bertajuk InaTEWS Merah Putih dalam rangka usaha mewujudkan kemandirian dalam pengembangan dan pemeliharaan sistem prosesing gempa bumi dan tsunami serta informasi pemodelan inundasi yang memanfaatkan kemajuan teknologi perlu dilakukan dengan mengintegrasikan berbagai entitas monitoring real-time. BMKG menggandeng Institut Teknologi Sepuluh Nopember bersama universitas lain meliputi Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, dan Institut Teknologi Bandung dalam kegiatan ini.

Kegiatan ini masih dalam tahap pembahasan awal dimana pada 14-16 April 2023 dilakukan pertemuan untuk membahas substansi dan administrasi kegiatan.

Latest News

  • Satgas Gempa MKPI, Layani Konsultasi Bangunan Pasca Gempa

    MKPI ITS – Gempa yang terjadi di dalam laut bagian utara Tuban Jawa Timur pada 22 Maret masih terus

    29 Mar 2024
  • Survei Kondisi Bangunan Kampus ITS Pasca Gempa

    MKPI ITS – Jaminan keamanan beraktivitas di dalam bangunan bagi pengguna tentu menjadi prioritas utama, tak terkecuali keamanan civitas

    25 Mar 2024
  • FGD Penguatan Ketahanan Masyarakat terhadap Banjir

    MKPI ITS – Pada tanggal 21-22 Februari 2024, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya bersama Queensland University of Technology

    22 Feb 2024