QA ITS

Kantor Penjaminan Mutu
09 Agustus 2018, 02:08

Layanan TSI bagi MABA ITS

Oleh : itskpm | | Source : -

LAYANAN TEKNOLOGI DAN SISTEM INFORMASI
Lembaga Pengembangan Teknologi Sistem Informasi atau LPTSI merupakan unit yang memiliki tugas utama dalam pengembangan, pengelolaan dan layanan teknologi dan sistem informasi (TSI) terpadu di kampus ITS dalam rangka mendukung kegiatan penelitian, pengabdian masyarakat, kegiatan akademik serta manajemen di ITS.  Dengan memanfaatkan teknologi dan sistem informasi, LPTSI mendukung hampir semua proses bisnis agar layanan dan manajemen di ITS menjadi lebih efisien, efektif, terpadu, transparan, mampu lacak, handal, serta mudah akses.
Tugas pokok LPTSI dalam bidang layanan TSI antara lain:

  • Menyusun dan melaksanakan rencana induk pengembangan TSI
  • Menyediakan dan mengelola infrastruktur jaringan dan data center
  • Merawat dan mengembangkan Sistem Informasi Manajemen (SIM)
  • Menjamin keamanan sistem informasi
  • Menyediakan layanan komunikasi berbasis suara dan video
  • Menyediakan dan mengelola penyediaan perangkat lunak berlisensi dan open source
  • Mengelola dan mengembangkan pangkalan data terpadu ITS

Informasi mengenai berbagai layanan TSI untuk civitas akademika ITS dapat diakses di website LPTSI ITS yakni lptsi.its.ac.id.
A. LAYANAN TSI UNTUK MAHASISWA ITS

  1. Sistem Informasi Manajemen (SIM)
    Kegiatan proses pendidikan di ITS telah didukung oleh beberapa SIM yang akan mempermudah, mempercepat, dan meningkatkan keterbukaan, SIM tersebut adalah:
    a. SIM Akademik (https://integra.its.ac.id)
    SIM yang memfasilitasi proses administrasi akademik yaitu pengisian FRS, Jadwal Kuliah, Pembatalan Mata Kuliah, Daftar Nilai, Pengisian dan validasi SKEM dan Yudisium.
    b. SIM Beasiswa (https://integra.its.ac.id)
    SIM yang dimanfaatkan untuk mencari beasiswa termasuk proses pendaftaran, verifikasi, dan pengumuman penerima secara online.
    c. SIM Reservasi Asrama (asrama.its.ac.id)
    Pendaftaran dan verifikasi penghuni asrama mahasiswa ITS dapat dilakukan melalui SIM Asrama. Proses seleksi telah diatur dalam SIM Asrama sesuai dengan kuota dan kriteria calon penghuni asrama.
    d. SIM Kerja Praktek (https://simkp.its.ac.id)
    Proses administrasi dan pelaporan hasil Kerja Praktek (KP) akan dipermudah dengan penggunaan SIM KP. Mahasiswa yang melaksanakan KP dapat berkomunikasi dan menerima arahan secara online dalam proses pembimbingan.
  2. Sistem Penunjang
    Selain SIM yang menunjang proses akademik, berikut ini adalah beberapa sistem lainnya yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa ITS.
    a. Repository ITS (RESITS) (resits.its.ac.id)
    Website ini memberikan informasi profil dosen atau expert yang ada di ITS. Profil dosen berisi bidang keahlian, publikasi ilmiah, tugas akhir/skripsi/thesis yang bimbing, dan keterkaitan antar expert dalam bidangnya.
    b. Data  dan Statistik ITS (data.its.ac.id)
    Website ini menampilkan data-data yang menggambarkan profil ITS seperti jumlah mahasiswa, jumlah dosen, jumlah tenaga kependidikan, dan lain-lain.
    c. Digital Library ITS (digilib.its.ac.id)
    Website yang dapat digunakan untuk melihat koleksi konten ilmiah digital yang terdapat di perpustakaan ITS, salah satunya koleksi tugas akhir/skripsi/thesis.
    d. Share ITS (e-learning ITS) (share.its.ac.id)
    Website yang menunjang proses pembelajaran online. Aplikasi e-learning dapat digunakan oleh dosen untuk setiap mata kuliah. Mahasiswa dapat melakukan aktivasi share ITS melalui P3AI ITS (di Perpustakaan Lt.6)
    e. Direktori ITS (direktori.its.ac.id)
    Website yang menampilkan daftar Telepon, NO PABX, dan Email unit – unit di kampus ITS.
    fUnduh Software Berlisensi ITS (unduh.its.ac.id)
    Website yang menampilkan produk software berlisensi yang dilanggan oleh ITS seperti Microsoft, Matlab, LabView, dan lainnya.
  3. Email ITS
    Semua mahasiswa ITS wajib memiliki email dengan domain its.ac.id. Akun email diperlukan sebagai akun untuk mengakses berbagai layanan TSI di kampus ITS termasuk layanan internet kampus ITS. Berikut ini langkah-langkah untuk mendapatkan akun email untuk mahasiswa baru ITS :
    a. Setelah mendapatkan nomor registrasi atau NRP, mahasiswa dapat mendaftarkan e-mail secara online melalui https://webmail.its.ac.id
    b. Pada bagian kanan, klik menu “Pendaftaran Mahasiswa” dan akan keluar halaman pendaftaran seperti gambar di bawah ini.
    c. Masukkan NRP sesuai dengan NRP masing-masing
    layanan1d. Masukkan password yaitu password pada waktu mengakses integra.its.ac.id pertama kali.  Bagi mahasiswa baru password awal untuk akses ke integra.its.ac.id adalah no rekening smartcard.
    e. Daftarkan e-mail Anda sesuai dengan isian seperti pada gambar di bawah ini:
    layanan2Catatan : Password sebaiknya kombinasi antara Huruf dan Angka serta Jangan gunakan kombinasi tanggal lahir. Simpan password baik-baik, jangan berikan ke orang lain.f. Jika proses validasi sukses, Anda akan mendapatkan akun email ITS
    layanan3g. Untuk mengakses email ITS, sila membuka portal Google Apps for Edu dengan url: https://mail2.its.ac.id
    h. Masukkan user dan password email Anda pada login page seperti gambar dibawah ini.
    layanan4
    i.  Selanjunnya Anda akan dapat mengakses email. Email mahasiswa ITS telah terintegrasi dengan Google Email dalam paket Google Application for Education. Setiap akun mendapatkan kapasitas email = 30 Gb dan dapat memanfaatkan fitur-fitur Google Application lainnya seperti Google Docs, Drive, Calender, Classroom, dll.
  4. Layanan Internet Kampus
    Layanan Internet di lingkungan kampus ITS dapat digunakan oleh segenap civitas akademika ITS yang mempunyai e-mail ITS. Berikut langkah-langkah untuk menggunakan layanan internet dalam kampus :
    a. Pastikan Anda telah memiliki email ITS dan dalam status aktif.
    b. Pastikan akses WIFI pada komputer/laptop Anda telah aktif. Silakan Konek ke Access Point ITS yang aktif.
    c. Lakukan perubahan setting pada browser internet dan pilihkan pengaturan akses dengan menggunakan proxy. Gunakan informasi proxy ITS berikut ini agar dapat menggunakan layanan internet.

    • Alamat Proxy         : proxy.its.ac.id
    • Port                            : 8080

    d. Masukkan email ITS anda saat proses autentifikasi masuk ke jaringan internet ITS, dan gunakan password email ITS sebagai password dalam proses autentifikasi tersebut.
    layanan5
    e. Mahasiswa dapat menggunakan layanan internet baik menggunakan LAN maupun WIFI di seluruh area Kampus ITS. Informasi lebih rinci, silakan kunjungi website lptsi.its.ac.id.
    LOKASI     : Gedung Y, Ruang Digital Lounge (Dilo) ITS
    Telp             : (031) 5947270
    PABX          : 1132
    Fax              : (031) 5922947
    Email          : Dptsi@its.ac.id
    Twitter        : @ITSbtsi
    Website       : lptsi.its.ac.id

Berita Terkait

Open chat
Scan the code
Hi ! What can i do for you ?