News

Komunikasi Dalam Air Tidak Mustahil Lagi

Kam, 03 Agu 2017
6:03 pm
Riset dan Industri
Share :
Oleh : root
manusia dapat menembus keterbatasannya dengan berkomunikasi melalui perantara air seperti halnya lumba-lumba

Komunikasi manusia di dalam air kini memungkinkan untuk dilakukan akibat penelitian salah satu pengajar di ITS

Hingga saat ini, teknologi hanya memungkinkan manusia untuk berkomunikasi dengan mengirimkan sinyal melalui perantara udara. Namun, melalui penelitian doktor ITS yang telah menjadi literasi internasional ini, manusia dapat menembus keterbatasannya dengan berkomunikasi melalui perantara air seperti halnya lumba-lumba.

Penelitian itu diungkapkan dalam sidang terbuka doktor Jurusan Teknik Elektro ITS oleh Tri Budi Santoso pada Selasa (30/8). Melalui disertasinya yang berjudul Pemodelan Kanal Komunikasi Akustik Bawah Air Untuk Lingkungan Dangkal Tropis, ia membuka cakrawala pengetahuan baru yang diakui dunia internasional.

Dalam disertasinya, Tri meneliti perilaku suara di perairan dangkal, seperti halnya di Indonesia. Kemudian diperolehnya sinyal akustik yang dapat mengkomunikasikan manusia seperti binatang laut. “Alat ini adalah solusi alternatif ketika alat komunikasi darat tidak bisa digunakan di perairan,” kata Tri.

Diakuinya, penelitian awalan seperti ini cukup sulit dilakukan karena berbagai keterbatasan. “Masih sedikit orang yang berkecimpung di bidang ini dan sedikit sekali peralatan elektronik akustik bawah air,” ungkapnya. Karena hal itu, ia mengaku harus bersabar dan tetap semangat dalam meneliti selama enam tahun.

Alat yang ia ciptakan ini baru dapat menjangkau radius beberapa ratus meter. “Sebenarnya bisa skala kilometer, tapi alatnya ini mahal sekali,” ucapnya. Untuk mendapatkan hal-hal yang dibutuhkannya, ia mengaku sangat terbantu oleh dosen pembimbingnya,

Sidang terbuka doktor ini diadakan di Gedung AJ Jurusan Teknik Elektro ITS dan dihadiri oleh ratusan penonton. Melalui penelitian ini, Tri resmi menyandang gelar doktor dan lulus dengan predikat sangat memuaskan. (yan/pus)

Latest News