ITS Press

Jelajahi Produk ITS Press !
28 Februari 2023, 10:02

Forensik Minyak Bumi – Jilid 1

Oleh : itspress | | Source : -

Penulis : R.Y. Perry Burhan dan Yulfi Zetra

ISBN : 978-623-318-167-9

Sinopsis

FORENSIK MINYAK BUMI merupakan buku pegangan bagi mahasiswa kimia, geologi, geokimia, teknik kimia, teknik perminyakan dan teknik lingkungan serta sangat sesuai bagi peneliti forensik yang mendalami senyawa organik fosil dalam minyak bumi.

Buku ini dikemas dalam dua jilid. Jilid pertama pengguna akan dibimbing memahami karakter kimiawi dan fisika minyak bumi yang menjadi sifat dasar minyak dan gas bumi. Selanjutnya pembaca akan diperkenalkan dengan biomarka, yaitu suatu senyawa yang diturunkan dari makhluk hidup asal usul minyak bumi. Maka berdasarkan karakter biomarka ini dapat dikenali dengan tepat suatu minyak yang berasal dari sumber tertentu.

Pada bagian akhir akan dipaparkan metode analisa biomarka minyak dan gas bumi. Melalui metode analisa biomarka ini, kita dengan tepat akan menebak suatu minyak bumi berasal dari mana dan bagaimana kematangan termal minyak bumi tersebut.

Pengetahuan ini sangat bermanfaat dalam menerjemahkan sampel tumpahan minyak di lingkungan perairan. Berdasarkan pengetahuan ini, peneliti forensik dengan mudah mengenali minyak bumi tersebut dan menyelidiki siapa pemilik tumpahan, yang melarikan diri begitu saja.

 

Berita Terkait