Teknik Mesin Industri

Butuh Bantuan?

Silakan hubungi kami di sini:

Mencetak Ahli Mesin Industri Berkualitas dan Professional

Departemen Teknik Mesin Industri (DTMI) merupakan program pendidikan terapan yang mencetak lulusan dengan  kompetensi di bidang otomasi manufaktur dan mesin konservasi energi yang profesional dan diakui oleh dunia industri, baik nasional maupun internasional.

Program pendidikan yang disediakan untuk mahasiswa dibagi menjadi program Diploma 4 (D-IV) dengan dua fokus program studi yaitu Program Studi Teknologi Rekayasa Manufaktur dan Program Studi Teknologi Rekayasa Konversi Energi . Mahasiswa akan dibekali dasar pengetahuan, sikap dan keterampilan profesional dalam bidang teknik mesin industri. Salah satu inovasi yang dihasilkan oleh mahasiswa DTMI adalah mobil Urban Concept yang menjadi juara di Shell Eco Marathon Asia 2019 di Malaysia.

Lulusan DTMI hingga saat ini banyak diserap di berbagai industri dan memiliki prospek karir yang cerah. Posisi yang dapat ditempati Antara lain perencana produksi manufaktur, maintenance control, technopreneur, perancang dan teknisi energi terbarukan, dan masih banyak lagi. Perusahaan yang membutuhkan lulusan Teknik Mesin Industri antara lain PT. Len Industri, PT Sky Energy Indonesia, PT. Astra Otopart, dan Indo Kordsa.

Program Studi Diploma IV

Departemen Teknik Mesin Industri memiliki dua program studi yang akan ditempuh selama empat tahun dengan gelar yang diperoleh yaitu Sarjana Terapan. Bidang konsetrasi yang ditawarkan Antara lain:

  • Teknologi Rekayasa Konversi Energi

Teknologi Rekayasa Konversi Energi mendalami seputar energi terbarukan mulai dari prinsip dasar konversi energi, perancangan sistem, proses, produk, pemeliharaan komponen, hingga pengembangan teknologi terbaru yang menunjang konversi energi.

  • Teknologi Rekayasa Manufaktur.

Program studi ini menghasilkan lulusan yang berkompetensi di otomatasi industri, robotika, dan pengelasan yang banyak dibutuhkan di industri bidang manufaktur.

Penelitian di DTMI menitikberatkan pada bidang manufaktur dan konservasi energi. Penelitian dari tim DTMI menghasilkan inovasi yang dapat digunakan oleh masyarakat dan juga telah mendapatkan penghargaan di tingkat nasional dan internasional. Penelitian DTMI tidak hanya membawa sejumlah prestasi di dunia internasional dengan produk “Mobil Nogogeni” namun juga menghasilkan  produk yang bernilai jual dan usaha berbasis teknologi, seperti “Kursi Dokter Gigi”dan “Mesin Hot Embossing Kertas”. DTMI memberikan fasilitas laboratorium sebagai pendukung program penelitian, yaitu :

  1. Laboratorium Konservasi Energi , terdiri dari laboratorium pompa, laboratorium mekanika fluida, laboratorium pendingin, laboratorium motor bakar, dan laboratorium pneumatik
  2. Laboratorium Manufaktur, terdiri dari laboratorium perautan, laboratorium pembentukan, laboratorium cadcam, laboratorium logam, laboratorium pengelasan dan laboratorium mekatronik.
  3. Laboratorium Umum , terdiri dari laboratorium komputer dan laboratorium gambar.

DTMI akan terus mengembangkan program kolaborasi dengan lintas jurusan, praktisi, pemerintahan dan industri dalam skala nasional maupun internasional. Program kolaborasi yang telah dilakukan adalah uji coba produk penelitian pada industri UKM.

Ingin Tahu Lebih Lanjut?

Pelajari lebih lanjut semua tentang Departemen Teknik Mesin Industri ITS melalui website di bawah ini. Jawab rasa penasaran Anda mengenai visi dan misi, kurikulum, kelompok penelitian, laboratorium yang tersedia, daftar para dosen, dan informasi terbaru mengenai Departemen Teknik Mesin Industri ITS.

Standarisasi Industri sebagai bakal alumni berkualitas

Mulailah mengembangkan diri dengan mengikuti berbagai program yang memberikan kesiapan menghadapi dunia bekerja yang sesungguhnya serta sertifikasi keahlian yang diakui Internasional.

Image
Image
Image
Image