Penghargaan ITS

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) memberikan apresiasi penghargaan kepada insan yang memiliki jasa besar kepada bangsa Indonesia. Penerima apresiasi ini berdasarkan ketokohan yang dikagumi masyarakat atas pencapaiannya dan yang menyumbang kontribusi besar bagi ITS. Apresiasi yang diberikan dapat berupa gelar kehormatan Honoris Causa (H.C.) dan ITS Awards. Dalam ITS Award, penghargaan yang diberikan ITS terbagi menjadi lima kategori. Diantaranya adalah Penghargaan Sepuluh Nopember, Penghargaan Angka Nitisastro, Penghargaan Dosen Inovatif, Penghargaan Dosen Berprestasi Nasional dan penghargaan bagi perusahaan yang memiliki kerja sama apik dengan ITS.

Dr. (H.C.) Susi Pudjiastuti

Gelar doktor kehormatan atau Honoris Causa diberikan dalam bidang Manajemen dan Konservasi Sumber Daya Kelautan. Penganugerahan gelar ini, diberikan pada puncak peringatan Dies Natalis ITS ke-57.

Dr. (H.C.) Ir. Tri Rismaharini, M.T

Gelar doktor kehormatan atau Honoris Causa diberikan dalam bidang Manajemen Pembangunan Kota. Penganugerahan gelar ini, diberikan pada 04 Maret 2015.

Dr. (H.C.) Hermawan Kartajaya, S.E, M.Sc

Gelar doktor kehormatan atau Honoris Causa pertama sepanjang sejarah ITS diberikan dalam pencapaian ilmu pemasaran dunia. Penganugerahan gelar ini, diberikan pada Tanggal 15 Desember 2010.

Prof. Dr. Ir. Rahardi Ramelan M.Sc

Gelar Professor diberikan dalam bidang Ilmu Sistem Manufaktur. Penganugerahan gelar ini, diberikan pada Rapat Terbuka Senat ITS pada tanggal 22 Nopember 1997.

Prof. Dr. Ir. Muhammad Nuh, DEA

Beliau telah berjasa bagi bangsa dengan menjadi Rektor ITS periode 2003-2007 dan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia periode 2009-2014. Award diberikan pada peringatan Dies Natalis ITS ke-59.

Ir. Lies Hartono

Beliau telah berprestasi dalam bidang seni dan budaya serta pengembangannya. Award diberikan pada peringatan Dies Natalis ITS ke-57.

Dr. Siti Machmudah ST. M.Eng

Beliau telah mengangkat citra ITS dalam dunia sains dan teknologi. Award diberikan pada Dies Natalis ITS ke-57.

Ir. Agus Rahardjo M.S.M.

Beliau adalah alumni Teknik Sipil ITS yang pernah menjabat sebagai Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2015-2019. Award diberikan pada Dies Natalis ITS ke-57.

Prof. Mahmud Zaki M.Sc.

Beliau memiliki karya, prestasi jasa bagi pengembangan ITS dan menjadi Rektor ITS Periode 1973-1982. Award diberikan pada peringatan Dies Natalis ITS ke-57.

Prof. Dr. jur Bodo Wiegand-Hoffmeister

Beliau adalah pemimpin universitas internasional, Wismar University yang telah mempromosikan kolaborasi pendidikan dan penelitian dengan ITS. Award diberikan pada Dies Natalis ITS ke-57.

Ir. H. Ibnu Susilo

Beliau adalah alumni Teknik Mesin ITS yang bergerak pada Rekayasa & Teknologi terutama dalam bidang desain dan analisa pesawat terbang, otomotif, simulator, dan integrasi sistem otomasi. Award diberikan pada Dies Natalis ITS ke-57.

Ir. M. Choliq, MM

Selain mempunyai prestasi nasional, beliau mampu meningkatkan hubungan kerjasama Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan ITS dan citra ITS di BUMN. Award diberikan pada peringatan Dies Natalis ITS ke-57.

Fajar Hutomo, ST. M.MT.

Beliau meningkatkan hubungan kerjasama pemerintah dengan ITS dan meningkatkan citra ITS di pemerintahan. Award diberikan pada Dies Natalis ITS ke-57.

Dr. (H.C.) Susi Pudjiastuti

Beliau mempunyai rekam jejak dalam bidang kemaritiman, serta mampu menunjukkan kualitas pemimpin yang baik dalam meningkatkan nama baik Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Penghargaan ini diberikan pada tahun 2015.

Prof. Dr. Ir. Johan Silas

Beliau telah membangun dan membesarkan ITS di kancah nasional maupun internasional dalam bidang tata kota Indonesia. Penghargaan ini diberikan pada peringatan Dies Natalis ITS ke-59.

Ir. Sutopo Kristanto, M.M

Beliau membesarkan ITS dalam bidang konstruksi melalui PT Jaya Konstruksi Menggala Pratama. Penghargaan diberikan pada peringatan Dies Natalis ITS ke-57.

Muhtadin, ST. MT.

Beliau adalah dosen departemen Teknik Komputer ITS dan menjadi pembimbing tim ICHIRO (ITS Champion in Robocup) ITS. Beliau telah mengantarkan tim ICHIRO menjuarai kompetisi robotika sampai tingkat internasional. Penghargaan ini diberikan pada peringatan Dies Natalis ITS ke-59.

Rudi Dikairono, ST. MT.

Beliau adalah dosen departemen Teknik Elektro ITS dan menjadi pembimbing tim Barunastra ITS. Beliau telah mengantarkan tim Barunastra  menjuarai kompetisi robotika sampai tingkat internasional. Penghargaan ini diberikan pada peringatan Dies Natalis ITS ke-59.

Dr. Ing. Ir. Bambang Soemardiono

Beliau adalah dosen Arsitektur dan pembimbing tim Paduan Suara Mahasiswa (PSM) ITS. Beliau telah mengantarkan tim PSM ITS menjadi juara dalam kompetisi paduan suara. Penghargaan ini diberikan pada Dies Natalis ITS ke-59.

Dr. Muhammad Nur Yuniarto

Dosen Teknik Mesin ini, merupakan pembimbing Tim Lowo Ireng ITS yang berkompetisi dalam bidang otomotif. Penghargaan ini diberikan pada Dies Natalis ITS ke-59.

Ir. Witantyo M.Eng Sc.

Beliau mengawal tim otomotif ITS dalam kompetisi tingkat internasional. Penghargaan diberikan pada peringatan Dies Natalis ITS ke-59.

Prof. Dr. Ketut Buda Artana ST. M.Sc.

Penghargaan ini diberikan pada peringatan Dies Natalis ITS ke-59. Beliau adalah pemenang pertama Academy Leader 2019 dalam bidang keilmuan kemaritiman.

Prof. Dr. Ir. Suprapto DEA

Beliau adalah pemenang pertama Academy Leader 2019 kategori dosen dengan tugas tambahan sebagai kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI). Penghargaan diberikan pada peringatan Dies Natalis ITS ke-59.

Dr. Drs. Darminto M.Sc.

Beliau mendapatkan juara dua Academic Leader bidang keilmuan sains. Penghargaan ini diberikan pada Dies Natalis ITS ke-59.

Drs. EC. Ir. Riyanarto Sarno M. Sc. Ph.D.

Penghargaan ini diberikan pada Dies Natalis ITS ke-59. Beliau meraih peringkat pertama publikasi ilmiah kategori penulis dalam Science and Technology Index (SINTA) Award 2019.

Penghargaan diberikan kepada perusahaan yang berkontribusi besar dalam pengembangan ITS.

Beranda > Penghargaan ITS