News

FTK Menjadi Tuan Rumah Lustrum XII ITS (Dies Natalis ITS ke 60)

Sen, 14 Sep 2020
10:23 am
Fakultas Teknologi Kelautan

Sorry, no posts matched your criteria.

Oleh : adminmartech   |

Logo Lustrum XII atau Dies Natalis ke-60 ITS diperkenalkan dalam pembukaan rangkaian kegiatan yang resmi dibuka oleh Rektor ITS secara virtual

Meskipun dalam keadaan pandemi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) tetap menunjukkan euforianya dalam menyambut rangkaian Dies Natalis yang ke-60 atau dikenal juga dengan Lustrum XII yang resmi dimulai, Kamis (10/9) melalui live streaming kanal Youtube ITS  link https://youtu.be/mwFIdlpPaEY.

 

Dekan FTK-ITS Dr Eng Trika Pitana, MS. M.Sc di tempat kerjanya Membuka Acara Opening Lustrum XII ITS secara virtual.

Dekan FTK-ITS  Dr Eng Trika Pitana, MS. M.Sc di tempat kerjanya Membuka Acara Opening Lustrum XII ITS secara virtual.

Yang berbada dalam acara Lustrum ini atau yang dikenal dengan Dies Natalis yang ke 60 ITS adalah Opening Lustrum XII ITS secara virtual yang mana peserta bisa menyaksikan melalui Chenel Youtube secara langsung, sehingga bisa memutus penyebaran Covid 19.

 

 

Peserta dari Tenaga Kependidikan (Tendik) ITS Menyaksikan Acara Opening Lustrum XII ITS Melalui Live Streaming Zoom

Mengusung tema Technology for Prosperity, kali ini ITS berusaha menggemakan semangat berinovasi dan berkolaborasi teknologi untuk kemakmuran masyarakat Indonesia. Hal ini juga berarti mewujudkan teknologi untuk kemakmuran.

Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng menerangkan, sebagai salah satu institut teknologi terbaik di Indonesia, ITS harus bisa memberikan kontribusi yang berdampak besar kepada kemakmuran masyarakat Indonesia.

Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng memberikan sambutan dengan penuh semangat pada acara pembukaan Lustrum XII ITS secara virtual

Meskipun acara pembukaan Lustrum XII kali ini tidak dilaksanakan secara beramai-ramai di lapangan terbuka seperti tahun-tahun sebelumnya, Rektor yang akrab disapa Ashari ini mengharapkan semua sivitas akademika tetap menjaga semangat dan euforia dari ulang tahun kampus pahlawan ini. “Tentu ini adalah format yang berbeda, diharapkan tetap memberikan pengalaman yang mendalam bagi kita semua,” harapnya.

 

Melanjutkan penjelasannya, Ashari menerangkan bahwa inovasi teknologi ini telah diterapkan di internal maupun eksternal ITS. Mulai dari kelas-kelas yang awalnya dilakukan secara konvensional, maka diintegrasikan menjadi daring. Selain itu, untuk praktikum mahasiswa juga sudah diadakan beberapa smart laboratory seperti laboratorium Fisika Dasar untuk mahasiswa baru tahun 2020. “Ini akan mengubah secara fisik ITS secara keseluruhan karena diterapkan di seluruh departemen,” ujar guru besar Teknik Elektro ini.

 

Secara eksternal, ITS sendiri sudah ikut serta berkontribusi dalam memberikan inovasi dibantu oleh para dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan (tendik), dan juga masyarakat sekitar. Beberapa inovasi untuk penanganan Covid-19 seperti produksi faceshield, hand sanitizer, dan juga robot RAISA telah disebar ke berbagai daerah di Indonesia. “Faceshield sudah diproduksi lebih dari 200 ribu dan didistribusikan ke rumah sakit di Indonesia, RAISA juga sudah dipakai di beberapa rumah sakit,” jelas alumnus S1 Teknik Elektro ITS ini.

Ketua Umum IKA ITS Ir Sutopo Kristanto MM turut memberikan sambutan pada acara pembukaan Lustrum XII ITS secara virtual

Sejalan dengan Rektor ITS, Ketua Umum Ikatan Keluarga Alumni (IKA) ITS Ir Sutopo Kristanto MM mengungkapkan bahwa alumni ITS merupakan orang-orang yang sering ikut serta dalam hilirisasi. Inilah yang selanjutnya akan memberikan kekuatan untuk membesarkan nama ITS dalam inovasi teknologi. “Alumni ITS adalah jagonya hilirisasi, yang kita perlukan sekarang adalah kolaborasi yang sanggup menghimpun pikiran-pikiran besar dari para alumni ini,” tandasnya penuh harapan.

 

Rangkaian kegiatan Lustrum XII ITS kali ini akan disertai dengan kegiatan-kegiatan yang mengikutsertakan teknologi yang bisa diikuti oleh seluruh sivitas akademika ITS. Perlombaan seperti Virtual Sportainment dan Technovation Festival, serta Lecture Series. Sebelum akhirnya diadakan acara puncak pada tanggal 10 November 2020. Kegiatan-kegiatan ini diadakan dengan tujuan untuk menambah wawasan, meningkatkan kreativitas, serta inovasi dari sivitas akademika ITS.

Para pembawa acara menuntun rangkaian acara pembukaan Lustrum XII ITS secara virtual

Tanpa melupakan keadaan sekarang di mana Indonesia sedang berada dalam berbagai tekanan mulai dari kesehatan hingga ekonomi, rangkaian hari jadi kampus ITS ini juga menambahkan kegiatan sosial berupa ITS Peduli. “Ini merupakan kegiatan sosial agar keberadaan ITS memberi manfaat yang sebesar-besarnya kepada masyarakat di sekitar,” ungkap dosen berkacamata ini.

Tita Oxa Anggrea juga memberikan apresiasi dalam serangkaian acara pembukaan Lustrum XII ITS secara virtual

Di akhir, Ashari dan Sutopo berpesan agar dengan momen Lustrum XII ITS ini bisa menjadi sarana untuk menggelorakan semangat kepahlawanan yang terus berusaha untuk mencapai kehidupan yang lebih baik. “Sesuai dengan keinginan para pendiri ITS yang ingin agar kita turut aktif untuk menciptakan peradaban yang lebih baik,” pungkas Ashari. (Dikutip dari ITS News dan Admin FTK News)

Paduan Suara Mahasiswa ITS membawakan lagu kebangsaan Indonesia Raya secara virtual

 

 

Peserta Yel-yel ITS yang di ikuti dari berbagai Unit-unit yang ada di ITS  dalam Acara Opening Lustrum XII ITS

 

Latest News

Sorry, no posts matched your criteria.