News

Game Siji: Simulasi Haji Sebagai Inovasi Belajar Tatacara Pelaksanaan Ibadah Haji dengan Benar

Sab, 04 Nov 2017
5:00 am
Produk Inovasi
Share :
Oleh : gol

Ibadah haji adalah salah satu ibadah umat Islam yang dilaksanakan setahun sekali di Mekkah, Arab Saudi. Jumlah jamaah haji yang semakin meningkat, berbanding lurus dengan jumlah minat belajar tatacara berhaji dengan benar. Semakin tingginya minat untuk belajar berhaji tersebut dibutuhkan sebuah media pembelajaran yang inovatif.

Game dapat menyentuh dan mempengaruhi faktor emosional individu yang dapat membuat individu tersebut menyerap lebih banyak pengetahuan baru melalui game. Game dapat membuat seorang individu belajar dan mengerti terhadap sesuatu hal yang baru, khususnya game yang bernilai edukatif dan menjadi media belajar terbaik untuk semua kalangan.

Game Simulasi Haji (SIJI) merupakan sebuah inovasi dalam menyediakan media pembelajaran interaktif tentang tatacara berhaji yang benar. Game SIJI dibangun dengan teknologi Ren‟Py dan Ren‟Py Android Packaging Tool (RAPT) sehingga dapat dijalankan dalam platform Android. Sehingga game ini dapat memudahkan pengguna untuk mengakses dan menggunakannya. Game SIJI diharapkan mampu menjadi alternatif bagi para jamaah haji untuk belajar tatacara berhaji dengan benar.

 

Imam Kuswardayan, S.Kom, M.T.

Laboratorium Interaksi Grafika dan Seni (IGS-Lab) imam@its.ac.id ikuswardayan@gmail.com

 

Latest News