Program Studi

Departemen Fisika ITS menyediakan Program Studi Sarjana (S1), Magister (S2), dan Doktor (S3)

Materi Pembelajaran Departemen Fisika

Materi pembelajaran yang diberikan di Departemen Fisika sangat sesuai dengan tujuan mata kuliah karena setiap mata kuliah dilengkapi dengan Silabus dan RPS. Silabus mata kuliah terdiri atas deskripsi mata kuliah, tujuan mata kuliah, daftar pustaka, materi dan evaluasi sehingga materi yang diberikan selalu disesuaikan dengan tujuan setiap mata kuliah.

Struktur dan Rentang Kegiatan Mengajar

Kegiatan belajar mengajar 1 semester berlangsung dalam kurun waktu 16 minggu termasuk berupa tugas, kuis, presentasi, praktikum, evaluasi tengah semester dan evaluasi akhir semester.

Pelayanan Akademik

Departemen Fisika memberikan berbagai pelayanan akademik kepada mahasiswa, diantaranya:

  1. Menyediakan bimbingan/asistensi mata kuliah yang telah dilengkapi dengan bentuk multimedia dan on-line sehingga dapat diakses secara luas (Mata kuliah: Difraksi Kristal, Fisika Instrumentasi, Intelligent Instrumen, Fisika Statistik, dan Pengantar Fisika Bahan).
  2. Memfasilitasi Organisasi Kemahasiswaan yang memiliki divisi yang fokus memberikan bimbingan materi kuliah untuk mata kuliah yang tingkat kelulusannya rendah.
  3. Menyediakan perpustakaan / ruang baca dengan koleksi buku dan jurnal yang lengkap. Institut dan Departemen Fisika menentukan pembentukan dosen wali yang aktif memberikan pelayanan dan bimbingan yang bersifat akademik.
  4. Menyelenggarakan kuliah tamu dan seminar yang diisi oleh profesional secara rutin setiap hari Senin.
  5. Mendorong mahasiswa dan dosen untuk aktif berperan pada forum komunikasi antar lembaga profesi bidang keahlian Fisika dan forum komunikasi mahasiswa Fisika.
  6. Menjalin komunikasi aktif dengan alumni melalui forum komunikasi alumni, www.alumniits.com.
  7. memanfaatkan adanya Sistem Informasi Manajemen Akademik yang dikelola oleh BAAK untuk mendukung pelayanan akademik mahasiswa.
  8. Membentuk Tim Konsultasi Kemahasiswaan yang aktif memberikan bimbingan akademik untuk kegiatan kompetisi akademik mahasiswa

Informasi dan bimbingan karir (COOP)

Dalam rangka memberikan bimbingan, informasi karir, dan kebutuhan industri terkini kepada mahasiswa, Departemen Fisika  melakukan beberapa kegiatan diantaranya:

  1. Memfasilitasi Organisasi Kemahasiswaan yang memiliki divisi yang fokus memberikan informasi peluang kerja, kerja praktek, dan beasiswa.
  2. Secara aktif mengundang alumni dan atau memfasilitasi komunikasi langsung antara profesional / industri dengan mahasiswa melalui program kuliah tamu.
  3. Secara aktif berperan pada forum komunikasi antar lembaga profesi bidang keahlian Fisika.
  4. Menjalin informasi dan bimbingan karir dari alumni Departemen Fisika.
  5. Membentuk Tim Konsultasi Kemahasiswaan yang aktif memberikan informasi dan bimbingan karier.
  6. Dosen Wali selain memberikan bimbingan akademik juga memberikan arahan karier mahasiswa hingga memperoleh karier yang sesuai.
  7. Institut juga memiliki lembaga konseling karier (SAC: Student Advisory Center) yang menyelenggarakan berbagai training, dan bursa karier.

Bimbingan TA/Tesis

Bimbingan tesis (atau tugas akhir/TA) dilakukan selama mahasiswa mengambil TA/Tesis. Setiap mahasiswa dibimbing oleh seorang dosen pembimbing dan/atau seorang dosen co-pembimbing. Mahasiswa akan terbantu dengan pembimbingan tugas akhir yang dilakukan oleh dosen. Sehingga penelitian dan penulisan hasil penelitian yang dilakukan akan lebih terarah, efektif, dan efisien. Kesulitan-kesulitan yang dihadapi dalam mengerjakan thesis/TA akan diidentifikasi dan diselesaikan dengan cepat. Penelitian yang dilakukan mahasiswa akan lebih terarah sesuai dengan rekam jejak (track record) penelitian dosen dan pohon penelitian Departemen Fisika.

Tujuan Pendidikan Program dan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)

Program Educational Objectives (PEO) and Program Learning Outcomes (PLO)

Sarjana Fisika

  1. Menghasilkan Sarjana Fisika yang taat, etis, dan bertanggung jawab yang mampu menunjukkan kepemimpinan dan kerja sama di dunia global.
  2. Menghasilkan Sarjana Fisika yang pada awal karirnya menjadi profesional sebagai pendidik, peneliti, praktisi, dan wirausahawan dengan menggunakan keterampilan dan pengetahuannya di bidang fisika, yang meliputi fisika teori, material, instrumentasi, optoelektronika, geofisika, dan fisika medis untuk diterapkan di dunia kerja nyata.
  3. Menghasilkan Sarjana Fisika profesional yang mampu berkomunikasi secara tertulis atau lisan dalam tim atau sebagai warga dunia menggunakan bahasa internasional.
  4. Mencetak Sarjana Fisika yang mampu mengembangkan diri untuk selalu belajar setiap saat melalui studi lebih lanjut, penelitian, dan kegiatan lainnya baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Sarjana Departemen Fisika, Fakultas Sains dan Analitika Data (FSAD), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dirancang untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dalam berbagai aspek. Berikut adalah ringkasan CPL yang ditetapkan:

  1. Mampu menunjukkan sikap dan karakter yang mencerminkan: ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, etika dan integritas, berbudi pekerti luhur, peka dan peduli terhadap masalah sosial dan lingkungan, menghargai perbedaan budaya dan kemajemukan, menjunjung tinggi penegakan hukum, mendahulukan kepentingan bangsa dan masyarakat luas, melalui kreatifitas dan inovasi, ekselensi, kepemimpinan yang kuat, sinergi, dan potensi lain yang dimiliki untuk mencapai hasil yang maksimal.
    Able to demonstrate attitudes and characters that reflect: devotion to God Almighty, ethics and integrity, virtuous character, sensitive and concerned about social and environmental issues, respecting cultural differences and diversity, upholding law enforcement, prioritizing the interests of the nation and the wider community, through creativity and innovation, excellence, strong leadership, synergy, and other potential to achieve maximum results.
  2. Mampu mengkaji dan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam rangka mengaplikasikannya pada bidang keahlian Fisika, serta mampu mengambil keputusan secara tepat dari hasil kerja sendiri maupun kerja kelompok dalam bentuk laporan tugas akhir atau bentuk kegiatan pembelajaran lain yang luarannya setara dengan tugas akhir melalui pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif.
    Able to study and utilize science and technology in order to apply it to the field of expertise in Physics, and be able to make appropriate decisions from the results of their own work or group work in the form of final project reports or other forms of learning activities whose output is equivalent to the final project through logical, critical, systematic, and innovative thinking.
  3. Mampu mengelola pembelajaran diri sendiri, dan mengembangkan diri sebagai pribadi pembelajar sepanjang hayat untuk bersaing di tingkat nasional, maupun internasional, dalam rangka berkontribusi nyata untuk menyelesaikan masalah dengan mengimplementasikan teknologi informasi dan komunikasi dan memperhatikan prinsip keberlanjutan serta memahami kewirausahaan berbasis teknologi.
    Able to manage self-learning, and develop oneself as a personal lifelong learner to compete at national and international levels, in order to make a real contribution to solving problems by implementing information and communication technology and paying attention to the principles of sustainability and understanding technology-based entrepreneurship.
  4. Mampu mengkomunikasikan dan bertanggung jawab dalam menerapkan teknologi informasi untuk mendokumentasikan, menyimpan, dan mengamankan data yang disusun untuk pemecahan masalah bidang keahlian fisika.
    Able to communicate and be responsible for applying information technology to document, store, and secure data compiled for solving problems in the field of physics expertise.
  5. Mampu memahami dan menerapkan konsep teori fisika klasik dan fisika modern secara mendalam melalui identifikasi sifat fisik suatu sistem fisik.
    Able to understand and apply the theoretical concepts of classical physics and modern physics in depth through identification of the physical properties of a physical system.
  6. Mampu menerapkan prinsip dan aplikasi fisika matematika, fisika komputasi, dan instrumentasi baik dalam cara mengoperasikan instrumen fisik secara umum maupun menganalisis data dan informasi dari instrumen tersebut.
    Able to apply the principles and applications of mathematical physics, computational physics, and instrumentation in both how to operate physical instruments in general and analyse data and information from these instruments.
  7. Mampu menerapkan prinsip, karakteristik, fungsi, dan aplikasi teknologi yang relevan dan mutakhir di bidang aplikasi fisika dan perangkat lunak.
    Able to apply the principles, characteristics, functions, and relevant and updated technological applications in the field of physics and software applications.
  8. Mampu merumuskan fenomena dan masalah fisik serta mampu membuat pemodelan / simulasi matematis atau fisik yang sesuai dengan hipotesis berdasarkan hasil observasi dan eksperimen yang dilakukan. [KK]
    Able to formulate physical phenomena and problems and be able to make mathematical or physical modeling / simulations that fit the hypothesis based on the results of observations and experiments carried out.
  9. Mampu menyelesaikan masalah fisik secara komprehensif dengan berbagai alternatif pemecahannya dan menganalisis sistem fisik yang ada serta memprediksi penerapan potensi perilaku fisik dalam teknologi informasi dalam rangka pengembangan keilmuan dan implementasi lebih lanjut di bidang keahlian fisika.
    Able to comprehensively solve physical problems with various alternative solutions and analyze existing physical systems and predict the potential application of physical behavior in information technology in the context of scientific development and further implementation in the field of physics expertise.
  10. Mampu menyebarluaskan hasil kajian masalah (studi kasus) dan perilaku fisik berdasarkan kaidah ilmiah standar dalam komunikasi lisan dan tertulis dalam bentuk laporan atau karya ilmiah sesuai kaidah penulisan yang benar dengan memahami mekanisme penjiplakan dan mempublikasikannya di tingkat nasional atau internasional.
    Able to disseminate the results of problem (case studies) and physical behaviors based on standard scientific principles in oral and written communication in the form of reports or scientific works according to correct writing rules by understanding the plagiarism mechanism and publishing them at the national or international level.
  11. Mampu beradaptasi, berkolaborasi, berkreasi, berkontribusi dan berinovasi dalam mengaplikasikan ilmu pengetahuan dalam kehidupan sosial dan berwawasan global dalam perannya sebagai warga dunia, serta mampu menggunakan bahasa internasional.
    Able to adapt, collaborate, create, contribute and innovate in applying science in social life and has a global insight in his role as a citizen of the world, as well as being able to use the international language.

Magister Fisika

Tujuan Pendidikan Program Magister Departemen Fisika di Fakultas Sains dan Analitika Data (FSAD) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) umumnya bertujuan untuk:

  1. Menghasilkan Lulusan yang Kompeten: Membekali mahasiswa dengan pengetahuan lanjutan dalam bidang fisika serta keterampilan analisis dan penelitian yang kuat.
  2. Pengembangan Penelitian: Mendorong penelitian inovatif dan aplikatif di bidang fisika yang relevan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  3. Kontribusi pada Masyarakat dan Industri: Menghasilkan lulusan yang mampu memberikan solusi ilmiah untuk permasalahan di masyarakat dan industri dengan pendekatan fisika.
  4. Pengembangan Akademik dan Profesional: Memfasilitasi pengembangan akademik yang berkelanjutan dan kompetensi profesional dalam bidang fisika.

Program Magister Fisika di Departemen Fisika, Fakultas Sains dan Analitika Data (FSAD), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) memiliki beberapa capaian pembelajaran lulusan yang dirumuskan untuk memastikan kompetensi dan kualitas lulusan. Berikut adalah beberapa capaian pembelajaran tersebut:

  1. Sikap dan Karakter (CPL-01): Lulusan mampu menunjukkan sikap dan karakter yang mencerminkan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, etika dan integritas, berbudi pekerti luhur, peka dan peduli terhadap masalah sosial dan lingkungan, menghargai perbedaan budaya dan kemajemukan, menjunjung tinggi penegakan hukum, serta mendahulukan kepentingan bangsa dan masyarakat luas melalui kreativitas dan inovasi, keunggulan, kepemimpinan yang kuat, sinergi, dan potensi lain yang dimiliki untuk mencapai hasil yang maksimal.
  2. Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (CPL-02): Lulusan mampu mengembangkan dan memecahkan permasalahan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang Fisika melalui riset dengan pendekatan inter atau multidisiplin hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji dalam bentuk tesis dan makalah yang telah diterima di jurnal ilmiah nasional terakreditasi atau diterima di seminar internasional bereputasi.
  3. Pembelajaran Sepanjang Hayat (CPL-03): Lulusan mampu mengelola pembelajaran diri sendiri dan mengembangkan diri sebagai pribadi pembelajar sepanjang hayat untuk bersaing di tingkat nasional maupun internasional, dalam rangka berkontribusi nyata untuk menyelesaikan masalah dengan mengimplementasikan teknologi informasi dan komunikasi serta memperhatikan prinsip keberlanjutan.
  4. Penerapan Konsep Fisika Lanjutan (CPL-04): Lulusan mampu menerapkan konsep Fisika lanjutan untuk memecahkan permasalahan dalam berbagai bidang dengan melakukan penelitian yang sesuai.
  5. Pengelolaan Data Penelitian (CPL-07): Lulusan mampu menyimpan, menyusun, dan menyajikan data penelitian berdasarkan prinsip dan etika ilmiah dalam bentuk tesis.
  6. Komunikasi Ilmiah (CPL-08): Lulusan mampu menyusun dan mengkomunikasikan ide dan gagasan ilmiah kepada sivitas akademika internasional dan masyarakat umum.

Capaian pembelajaran ini dirancang untuk memastikan bahwa lulusan Program Magister Fisika ITS tidak hanya memiliki pengetahuan dan keterampilan teknis yang mendalam dalam bidang Fisika, tetapi juga sikap profesional, kemampuan penelitian, dan keterampilan komunikasi yang diperlukan untuk berkontribusi secara efektif dalam komunitas ilmiah dan masyarakat luas.

Doktor Fisika

Tujuan Pendidikan Program Doktor Departemen Fisika di Fakultas Sains dan Analitika Data (FSAD) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) umumnya mencakup:

  1. Menghasilkan Lulusan Berkualitas Tinggi: Mempersiapkan ilmuwan dan peneliti yang mampu mengembangkan ilmu fisika secara mandiri, inovatif, dan orisinal.
  2. Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi: Berkontribusi pada kemajuan ilmu fisika melalui penelitian yang berkualitas dan publikasi ilmiah pada jurnal bereputasi internasional.
  3. Pemecahan Masalah Kompleks: Mengaplikasikan ilmu fisika dalam memecahkan masalah-masalah kompleks di masyarakat dan industri secara kreatif dan efektif.
  4. Kepemimpinan dalam Akademik dan Profesi: Menyiapkan lulusan yang mampu menjadi pemimpin dalam komunitas akademik maupun industri, serta memiliki integritas dan etika profesional yang tinggi.
  5. Kolaborasi dan Jaringan Global: Membangun jejaring kerja sama penelitian baik di tingkat nasional maupun internasional.

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi Doktor Ilmu Fisika di Departemen Fisika, Fakultas Sains dan Analitika Data (FSAD), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), dirumuskan untuk memastikan lulusan memiliki kompetensi yang komprehensif. Berdasarkan dokumen kurikulum 2023-2028 CPL tersebut mencakup:

  1. Sikap (S):
    • Menunjukkan sikap dan karakter yang mencerminkan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, etika dan integritas, berbudi pekerti luhur, serta peka dan peduli terhadap masyarakat dan lingkungan.
  2. Penguasaan Pengetahuan (P):
    • Menguasai konsep dan prinsip fisika tingkat lanjut serta penerapannya untuk memecahkan masalah penelitian teoritis dan eksperimental berdasarkan metode ilmiah.
    • Menguasai metode penelitian dalam bidang fisika dan terapannya, serta mampu melakukan penelitian yang menghasilkan karya ilmiah baru yang kreatif, original, dan teruji, yang dapat dipublikasikan dalam forum ilmiah internasional atau jurnal bereputasi.
  3. Keterampilan Umum (KU):
    • Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai dengan bidang kompetensi fisika.
  4. Keterampilan Khusus (KK):
    • Mampu menghasilkan karya penelitian sains fisika yang tepat guna, serta mampu mengkomunikasikan hasil-hasil penelitiannya dalam forum ilmiah nasional maupun internasional secara terstruktur dan sistematis, dengan menggunakan Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris yang baik dan benar.

CPL ini dirancang untuk memastikan lulusan program doktor Ilmu Fisika ITS memiliki kompetensi yang sesuai dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) level 9, yang mencakup aspek sikap, pengetahuan, keterampilan umum, dan keterampilan khusus.