DPTSI

DIREKTORAT PENGEMBANGAN TEKNOLOGI DAN SISTEM INFORMASI
30 Mei 2023, 10:05

Kunjungan Peserta International Staff Mobility (ISM) 2023

Oleh : ernis | | Source : -

Sehubungan dengan penyelenggaraan International Staff Mobility (ISM), beberapa perwakilan tenaga non-akademik dari universitas mitra ITS datang mengunjungi DPTSI pada hari Rabu, 24 Mei 2023. Kedua perwakilan tersebut berasal dari Malaysia dan Jepang.

Bapak Rizky Januar Akbar selaku Direktur DPTSI memberikan sambutan sekaligus penjelasan seputar DPTSI. Pengenalan dimulai dari struktur organisasi DPTSI, yang terdiri dari sub direktorat IKTI, APD, LTSI – ITC, dan PTBD.

Informasi yang disampaikan Pak Rizky berkaitan dengan sistem informasi akademik yang digunakan di ITS. Mulai dari pendemonstrasian aplikasi Portal Office, myITS Academics, myITS Classroom, myITS Thesis, Cek PDDIKTI, myITS Presensi, SI Akademik, hingga SI Prestasi turut disampaikan. Adapun penjelasan aplikasi lainnya seperti Human Resource, Student Affair, Finance, Research and Partnership, Alumni, Student Admission, dan Services juga disampaikan.

Dalam penjelasan yang diberikan Pak Rizky, Pak Yuki Ohara (perwakilan dari Jepang) me-respond baik myITS MoU dikarenakan Universitas beliau belum memiliki hal ini, sehingga belum bisa melacak siapa saja yang pernah bekerja sama dengan Universitas beliau.

Selain aplikasi yang telah disebutkan sebelumnya, Pak Rizky juga mendemokan aplikasi Dashboard, dan lain-lain. Beliau menginfokan bahwa sebagian besar aplikasi tersebut dibuat sendiri oleh DPTSI, ada beberapa yang menggunakan third party services.

Dalam sesi sharing, ada yang menarik perhatian bagi Pak Yuki Ohara mengenai bagaimana DPTSI menarik minat pegawai untuk dapat bekerja di DPTSI, karena di Jepang sangat sulit untuk mencari pegawai IT. Pak Rizki menjelaskan bahwa memang tidak mudah merekrut pegawai, lowongan masih terus dipublikasikan, bahkan hingga saat ini DPTSI masih terus membuka kesempatan bagi siapa saja yang mau bergabung.

Pak Fauzee (perwakilan dari Malaysia) menanyakan bagaimana proses kerja ketika situasi pandemi berlangsung. Pak Rizki menjelaskan bahwa saat situasi pandemi, semua pegawai bekerja dari rumah, namun pekerjaan tetap ada dikarenakan penyesuaian pekerjaan dalam situasi pandemi, seperti munculnya permintaan aplikasi online seperti classroom, presensi online, dan lain-lain.

Setelah proses diskusi berlangsung Pak Rizky beserta beberapa rekan DPTSI menemani keduanya melihat situasi kerja di DPTSI dan berkunjung ke ruang server yang berada di ruang IKTI.

Berita Terkait