DPTSI

DIREKTORAT PENGEMBANGAN TEKNOLOGI DAN SISTEM INFORMASI
14 Agustus 2020, 09:08

Sosialisasi SIM Audit oleh DPTSI dan KAI

Oleh : ernis | | Source : -

Hari Jum’at, tanggal 14 Agustus 2020, DPTSI bersama KAI mengadakan sosialisasi SIM Audit pada sesi zoom webinar siang ini. Sistem ini memfasilitasi para BPP dan BPK untuk bisa mengupdate dan mengentry dokumen keuangan dan sudah dapat digunakan untuk entry SPJ bulan Agustus 2020.

Dalam sosialisasi ini, Umar Hasan sebagai salah satu Tim DPTSI yang menangani SIM Audit memberikan sosialisasi terkait menu-menu tambahan pada SIM Audit. Pelaporan SPJ oleh BPP akan memiliki tambahan akses untuk menu unggah SPJ. Akses untuk BPP didapatkan di Petugas Unit Kerja Keuangan pada SIM Keuangan. Isinya adalah seluruh transaksi jurnal yang harus diisi SPJ-nya. Pengunggahan SPJ dilakukan setiap tanggal 1 sampai tanggal 9 setiap bulan. Dokumen bisa diisi berupa file dokumen atau gambar. Jika sudah diupload, maka statusnya akan berwarna hijau.

Menu yang berikutnya adalah Menu Audit SPJ di mana menu ini merupakan bagian pelengkap dari SPJ, selain SPJ per transaksi, ada dokumen lain yang perlu diunggah, Rekap Per MAK, Rekap SPJ (Urut), Berita Acara Serah Terima UMK, Berita Acara Rekonsilasi, dan Bukti Setor Saldo. Dalam menu ini terdapat status berkas, batas upload, dan batas revisi. Jika masih dalam batas upload, berkas unggahan masih dapat direvisi, namun jika melewati batas upload maka unggah berkasnya akan disable, tidak bisa diunggah lagi. Namun, jika dinyatakan perlu ada revisi oleh pihak KAI, maka BPP dapat mengunggah berkas revisi namun tidak dapat menghapus berkas sebelumnya.

Harapannya SIM Audit ini dapat digunakan untuk pengadaan audit di masing-masing unit secara efisien dan tidak membutuhkan waktu yg lama dan dapat memperlancar proses SPJ.

 

Berita Terkait