Latar Belakang

šŸ“†Ā Hari/Tanggal: Selasa 1 Juni 2021

Eksistensi Desain Produk di Era Pandemi

Perkembangan ekonomi di negara berkembang tidak selalu sama dengan perkembangan ekonomi di negara-negara maju. Di negara-negara maju, perkembangan ekonomi umumnya dimulai dari era ekonomi pertanian, lalu era industri, kemudian era ekonomi informasi, dan selanjutnya ekonomi kreatif. Adapun diĀ  negara-negara berkembang, empat roda perekonomian tersebut tidak berjalan secara berurutan, namun berjalan secara bersamaan/pararrel.

Fenomena ini menunjukkan bahwa dibutuhkan pendekatan yang berbeda untuk mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif khususnya desain produk di Indonesia, kompleksitas yang dihadapi oleh industri kreatif pada masing-masingĀ  bidang desain produk sangat dipengaruhi oleh perbedaan konteks masing-masing. Perbedaan konteks ini merupakan isu yang penting untuk didiskusikan baik oleh pelaku industri kreatif dan institusi akademik di Indonesia. Terlebih adanya pandemi covid-19 menyebabkan tuntutan adaptasi dan eksistensi desain produk di Indonesia. Kontribusi desain produk di Indonesia dituntut untuk lebih adaptif dan sinergi dengan keadaan pandemi di Indonesia. Seminar Nasional Desain Produk Indonesia memberikan kesempatan pada semua pihak yang terkait dengan desain produk untuk saling berdiskusi dan bertukar pemikiran.