Prospek Karir

Prospek Karir

Waktunya berkarya !

Jangan bingung, Sebagai lulusan departemen teknik mesin industri ITS memiliki peluang untuk berkarir di perusahaan maupun berwirausaha. Berikut ini adalah beberapa contoh pekerjaan sebagai lulusan departemen kami :

ndustri Otomotif berkecimpung dalam semua hal berbau otomotif. Banyaknya komponen yang digunakan membuat lulusan teknik mesin dibutuhkan dalam industri ini.

Di sini kamu tidak ngelakuin seperti bengkel dealer kendaraan bermotor. Lulusan teknik mesin dibutuhkan untuk merancang kendaraan bermotor. Mulai dari bodi,sasis, transmisi kendaraan hingga spesifikasi engine yang ingin dibuat. Semua itu bisa dipelajari apabila memilih program studi teknik mesin.

Industri kedirgantaraan nggak jauh beda dengan industri otomotif. Yang membedakan adalah industri ini dikhususkan untuk merancang dan merakit pesawat.

Nggak hanya sekedar merakit pesawat. Menentukan material pesawat, membuat kerangka dan membuat spesifikasi mesin pesawat juga diajarkan di perkuliahan teknik mesin. Ini bisa jadi alternatif kalau kamu nggak diterima di sekolah kedirgantaraan tapi ingin kerja di bidang dirgantara.

Keterbatasan sumber daya alam membuat manusia mencari cara agar bertahan hidup. Mencari sumber daya alam lainnya dapat membantu kelangsungan manusia. Apalagi dengan sumber daya alam yang dapat diperbaharui.

Dalam bioteknologi, sumber daya yang ada diolah dan dijadikan produk yang bisa dipakai manusia. Sedangkan peran teknik mesin dibidang bioteknologi adalah membuat alat yang cocok dengan kebutuhan bioteknologi. Contohnya adalah peralatan farmasi, kedokteran atau bahan bakar yang berasal dari tumbuhan dan masih banyak lagi.

Konversi Energi adalah ilmu yang mempelajari cara membuat sumber energi terbaharukan. Karena pada dasarnya benda dari alam yang memiliki energi bisa dikonversikan menjadi alat yang bisa membantu kehidupan manusia.

Contoh dari konversi energi adalah kincir angin, kincir uap, fuel cell dan panel surya. Inti dari konversi energi adalah membuat energi listrik dari berbagai sumber energi yang ada di sekitar kita. Sekarang ini banyak bermunculan kendaraan bermotor yang menggunakan listrik sebagai sumber energi. Bahkan beberapa perusahaan besar menggunakan tenaga matahari sebagai sumber pasokan listrik.

Yang dimaksud kontrol lingkungan adalah pengaturan suhu pada sebuah ruangan. Apalagi pengaturan suhu lingkungan untuk penyimpanan benda. Tidak semua benda bisa disimpan dalam suhu kamar. Maka dari itu diciptakan alat seperti AC, kulkas, kompresor udara agar bisa mendapatkan suhu tertentu.

Biasanya untuk gedung perkantoran, rumah sakit dan gudang penyimpanan makanan selalu diatur suhunya yang sesuai dengan karakteristik lingkungan. Maka dari itu kebutuhan seseorang yang mengerti kontrol lingkungan sangat banyak.

Industri manufaktur adalah industri yang berkecimpung dalam produksi sebuah produk. Contoh industri manufaktur adalah perusahaan kendaraan bermotor. Tidak hanya kendaraan bermotor yang siap dijual, termasuk juga spare part dari produk tersebut.

Dalam perakitan produk banyak faktor yang harus diperhatikan. Mulai dari bahan material, desain, spesifikasi hingga karakteristik dari produk perlu dipertimbangkan. Apalagi melakukan perakitan dengan mesin otomatis.