News

Profil Nurul Amin Kahir: ‘Kesuksesan Dimulai Dengan Amanah dan Tepat Janji’

Jum, 12 Okt 2018
3:02 pm
Alumni
Share :
Oleh : Admin-Mesin   |

PT Lintech Duta Pratama (LINTECH) merupakan salah satu perusahaan swasta yang terletak di Kawasan Wirajatim Industrial Estate Jawa Timur. Dikutip dari situsnya, PT LINTECH merupakan salah satu perusahaan yang mencakup berbagai bidang, diantaranya Mechanical, Electrical, Civil, dan Instrumentation Engineering. PT LINTECH sendiri sekarang merupakan perusahaan besar di Jawa Timur dengan omzet mencapai milyaran rupiah  dan aset yang mencapai triliunan. Namun siapa sangka dibalik nama besar dan kesuksesan perusahaan yang juga sering memberikan sponsor untuk kegiatan di Teknik Mesin ITS ini terdapat nama seseorang alumni Teknik Mesin ITS yang mengawali berdirinya perusahaan ini.

Dari sekian banyak alumni Teknik Mesin saat ini, kawan DIMENSI dan teman-teman dari HUBLU HMM akhirnya mendapat kesempatan untuk dapat bertemu dan berbincang dengan salah satu pendiri sekaligus direktur dari PT LINTECH. Beliau adalah Nurul Amin Kahir atau yang akrab dipanggil Pak Nurul. Beliau merupakan salah satu dari sekian alumni  Teknik Mesin ITS yang berhasil menggapai kesuksesan yang gemilang. Pak Nurul merupakan alumni Teknik Mesin ITS tahun 1989 angkatan M32.

Perjalanan hidup beliau hingga mencapai kesuksesan seperti  saat ini diawali ketika masa beliau masih berkuliah di kampus Mesin ITS. Saat itu, semasa kuliah, berbeda dengan kebanyakan mahasiswa yang dibiayai penuh orang tuanya, beliau sudah memulai mengembangkan kemampuan wirausahanya dengan menjalankan berbagai macam usaha, salah satunya pada bidang komputer. Tentu kemampuan wirausaha beliau juga tak luput dari latar belakang orang tua beliau yang merupakan pedagang.  Beliau sendiri menempuh masa kuliahnya selama 4 tahun untuk mejadi sarjana Teknik Mesin ITS.

Saat mulai merintis karir sebelum mendirikan LINTECH, beliau sempat bekerja di IKPT sebagai cost control, tidak lama kemudian beliau mendapat tawaran untuk bekerja di PT Freeport Indonesia sebagai Sr. Mech.Engineer hingga keluar pada September 1999. Selama berkarir di PT Freeport inilah beliau banyak belajar maintanance dan manajemen, sehingga memperkuat pondasi beliau untuk merintis perusahaan beliau sendiri. Selama 6 tahun 7 bulan bekerja di PT Freeport Indonesia, beliau merasa bahwa peran PT Freeport untuk Indonesia masihlah kurang. Menurut beliau, PT Freeport hanya bekerjasama dengan perusahaan luar negeri. Hal itulah yang mendorong beliau untuk keluar dari PT Freeport Indonesia dan kembali lagi ke Jawa Timur untuk kemudian mendirikan PT LINTECH.

Beliau yang saat itu keluar dari PT Freeport Indonesia bertemu dengan teman kuliahnya dan bersama-sama mendirikan PT LINTECH. Pada awal pendirian PT LINTECH, beliau sempat mendapat tawaran proyek dari PT Petrokimia Gresik untuk membuat ship loader dengan nilai transaksi mencapai 1,5 milyar rupiah. Dalam proyek pertamanya, PT LINTECH sempat menyelesaikan desain ship loader meskipun akhirnya gagal mendapatkan proyek tersebut dan menjadikannya sebagai pembelajaran dan pengalaman. Proyek pertama yang dikerjakan oleh PT LINTECH adalah proyek pembuatan spareparts bernilai 60 juta rupiah.

Pak Nurul berkata dari proyek tersebut beliau membangun bisnisnya dan menjalin kepercayaan kepada customer. “Modal utamanya, ya.. amanah dan tepat janji.” Terang beliau kepada kawan DIMENSI. Dalam masa merintis perusahaannya beliau selalu berusaha untuk amanah dan menepati janji kepada customernya. Terbukti, saat ini PT LINTECH berkembang menjadi perusahaan besar dengan sekitar 500 orang karyawan dan beraset Trilyunan rupiah. Bahkan saat ini banyak customer PT LINTECH yang berasal dari luar negeri.

Di akhir percakapan beliau berpesan kepada mahasiswa mesin agar belajar dengan sungguh-sungguh serta kuliah dengan jujur dan amanah. Beliau berkata bahwa lebih baik nilai pas-pasan namun hasil usaha sendiri, daripada nilai baik namun bukan hasil usaha sendiri. Karena dari amanah dan kejujuran itulah akan terbentuk sarjana tangguh yang mampu merangkai kesuksesannya. (wib/img)

Latest News

  • Profil Nurul Amin Kahir: ‘Kesuksesan Dimulai Dengan Amanah dan Tepat Janji’

    PT Lintech Duta Pratama (LINTECH) merupakan salah satu perusahaan swasta yang terletak di Kawasan Wirajatim Industrial Estate Jawa Timur. Dikutip

    12 Okt 2018
  • Profil Hery Sumardiyanto : Kunci Untuk Sukses adalah Persiapan yang Matang

    Hery Sumardiyanto (M30), salah satu alumnus kebanggaan Teknik Mesin ITS yang kini bekerja di Astra Honda Motor (AHM). Beliau

    12 Okt 2018
  • Profil Jogyo Susilo : Bisnis, Hobi dan Tantangannya

    Setiap usaha yang di lakukan dengan ketekunan dan pemahaman akan pengetahuan  tentang usaha tersebut apalagi dibarengi dengan hobi &

    12 Okt 2018