Regulasi dan Informasi

Regulasi dan Informasi

Departemen Teknik Lingkungan berada di bawah Fakultas Teknik Sipil, Lingkungan dan Kebumian – Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Departemen Teknik Lingkungan berdiri pada tahun 1996 dengan Program Studi S-1 Teknik Lingkungan yang merupakan perubahan dari Program Studi S-1 Teknik Penyehatan.

Tujuan Pendidikan Departemen Teknik Lingkungan:

  1. Menghasilkan lulusan yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa berkepribadian luhur, beretika, bermoral akademik, memiliki sikap dan tata nilai yang kuat.
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu merancang bangun rekayasa di bidang teknik lingkungan, menghasilkan inovasi dalam mencegah dan menerapkan pengendalian pencemaran, dan mengaplikasikan teknologi inovatif dan merancang solusi pemulihan lingkungan dari bahan pencemar, yang berorientasi pada kemutakhiran serta menyebarluaskannya melalui publikasi ilmiah di tingkat nasional atau internasional.
  3. Menguasai prinsip-prinsip dasar konsep teoritis sains alam, aplikasi matematika rekayasa, prinsip-prinsip rekayasa, dasar teknologi pengendalian dan proses pencegahan pencemaran lingkungan, dan prinsip-prinsip dasar teknologi terbaru dan terkini, serta proses pemulihan lingkungan tercemar.
  4. Mampu mengelola pekerjaan dan mengambil keputusan yang tepat berdasar pada identifikasi masalah, analisa informasi dan data dengan berbekal wawasan pembangunan berkelanjutan (sustainable development) yang mencakup aspek lingkungan dan permukiman, kelautan, energi, dan teknologi informasi serta mengedepankan kepedulian sosial.

Standarisasi Industri sebagai bakal alumni berkualitas

Mulailah mengembangkan diri dengan mengikuti berbagai program yang memberikan kesiapan menghadapi dunia bekerja yang sesungguhnya serta sertifikasi keahlian yang diakui Internasional.