Sambutan Kepala Departemen

Juwari, ST. M.Eng. Ph.D

Assalamualaikum wrwb dan salam sejahtera,

Departemen Teknik Kimia FTI-ITS sebuah institusi pendidikan yang mencetak calon calon insinyur Teknik Kimia dari jenjang Sarjana (ST), Master (MT) hinga jenjang Doktor (Dr). Kurikulum inti Teknik Kimia dirancang sedemikian sehingga para lulusannya mampu mengubah bahan baku menjadi produk yang bernilai lebih tinggi dengan menggunakan prinsip/proses fisika, Kimia, maupun biologi dalam kondisi yang aman, ramah lingkungan dan menguntungkan.

Pada awalnya Departemen Teknik Kimia FTI-ITS merupakan Fakultas Teknik Kimia yang didirikan pada tahun 1960. Sepanjang perjalanan ITS terjadi perubahan menjadi Jurusan Teknik Kimia dan pada tahun 2017 yaitu saat dimulainya ITS sebagai ITS-PTNBH berubah menjadi Departemen Teknik Kimia dibawah Fakultas Teknologi Industri (FTI). Sejak tahun 1993 telah dibuka program master (MT) dan tahun 2001 dibuka program doctor (Dr). Ketiga jenjang tersebut telah mendapat akreditasi BAN PT dengan nilai A. Jenjang sarjana telah tersertifikasi AUN-QA (Asean University Network-Quality Assurance) dan sekarang sedang dalam proses akreditasi internasional IABEE (Indonesian Acreditation Board for Engineering Education) di bawah lembaga akreditasi Washington Accord. Mahasiswa jenjang sarjana juga telah terdaftar sebagai anggota student chapter AICHE (American institute of chemical engineering) sejak 2017. Sepanjang 2016-2017 mahasiswa Departemen Teknik Kimia FTI-ITS berhasil menjadi juara pertama kompetisi Chem-E-Car di 4 negara yang berbeda yaitu Malaysia, Indonesia, Australia dan pada tahun 2017 menjadi juara pertama di Minneapolis Amerika.

Lulusan Departemen Teknik Kimia bisa bekerja di pemerintahan, BUMN maupun di perusahaan swasta. Lingkup pekerjaan diantaranya industri manufaktur, industri makanan, industri kimia seperti pupuk, pestisida, pewarna, cat, pelumas, minyak dan gas bumi, dan bahan kimia khusus lainya. Mereka juga bisa bekerja di bidang pelayanan industri baik sebagai tenaga peneliti maupun pelayanan pengembangan diantaranya di bidang energi dan pengembangan bidang bioteknologi dan nanoteknologi. Disamping itu mereka juga bisa bekerja di berbagai macam industri manufaktur selain manufaktur kimia seperti industri yang memproduksi elektronik, peralatan fotografi, baju, pulp dan kertas dan juga pengembangan pesawat terbang.

Department Teknik Kimia FTI-ITS mempunyai 17 laboratorium yang terdiri dari 11 laboratorium penelitian, 5 laboratorium pengajaran dan 1 laboratorium pelayanan (analisa) untuk umum. Staff pengajar di Departemen Teknik Kimia terdiri dari 10 guru besar (Profesor), 24 staff berjenjang Doktor dan 5 berjenjang Master yang semuanya lulusan dari berbagai universitas terkenal baik dalam negeri maupun luar negeri.

Berbagai kerjasama dibidang akademik maupun penelitian telah sedang dan terus dilakukan dengan perguruan tinggi dalam dan luar negeri serta dengan industri untuk meningkatkan kualitas lulusan Departemen Teknik Kimia FTI-ITS dan update perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta penerapnya di duni industri.

Departemen Teknik Kimia FTI-ITS berusaha terus menerus untuk memberikan kontribusi yang nyata bagi kemajuan dan kemandirian bangsa Indonesia menuju Indonesia yang semakin sejahtera dan bermartabat.

Sekian

Wassalamualaikum wrwb.

Kepala Departemen Teknik Kimia FTI-ITS

Juwari, ST., M.Eng., PhD