News

Pertama Jakarta-New York via Doha, malam terus, sampai subuh 2 kali

Kam, 01 Nov 2018
7:42 am
Informasi
Share :
Oleh : Admin-TeknikKimia   |

Kali ini kita mau belajar matematika SD tentang waktu. Dengan mengambil kasus perjalanan team spektronics ITS (Hadi, Afif, Ronald, Rifqy, Widi, dan Auzan) dari Surabaya transit Jakarta kemudian Doha (Qatar) menuju New York terakhir mendarat di Pittsburfg Pennsylvania USA.

Perjalanan dari JKT ke Doha perlu waktu sekitar 8 jam 30 menit dan dari Doha ke New York perlu waktu 13 jam 30 menit.
Kami transit di Doha sekitar 3 jam.
Kami berangkat dari JKT 18.30 pertanyaannya, jam berapa tiba di NewYork? Hehe .. Seperti pertanyaan matematika kelas 6 SD kan…namun ini kenyataanya bikin penulis (Juwari, advisor) setidaknya yang baru pertama perjalanan super jauh..terjauh mungkin… Karena jika lebih jauh dari itu maka akan semakin dekat (laa kok?) ..iya karena jika lebih jauh dari itu maknanya lebih dari separo belahan bumi..ya lebih dekat lewat belahan bumi satunya (jika sekarang arah barat..maka lewatlah timur). Maka mungkin ada (atau banyak yaa) penerbangan JKT- NewYork melalui arah timur seperti Japan atau hongkong.

Klau hitung-hitungan waktu diatas perjalanan menempuh JKT NY perlu 25 jam (sdah termasuk transit). jadi klau jam 18.30 berangkat dari JKT akan tiba di NY jam 19.30 waktu JKT hari berikutnya.
Namun kenyataanya kami tiba lebih cepat dari Itu yaitu jam 08.30 waktu NY atau perjalanan kami JKT- NY cukup satu malam saja. Namun waktu malam saya jauh lebih panjang dari malam-malam sebelumnya. Anggap Waktu subuh nya NY sama dengan waktu subuhnya Pittsburgh (Pitt) jam 06.30. Dan waktu magrib JKT 18.00 Maka saat itu saya punya malam 23 jam 30 menit alias sehari semalam waktu seseorang jika tetap didaerahnya. Makanya sekarang saya berada di waktu yang hampir tepat berlawanan dengan Surabaya.
Jika di SBY jam 2 Siang..kami Jam 3 malam.

Karena lamanya malam di dalam pesawat saya merasa kok belum sholat lagi yaa…
Jangan-jangan kelewat dst… Saya pun sholat magrib Isyak di dalam peswat sebelum mendarat di Doha (kawatir waktu transit terburu karena pemeriksaan, bagasi dll). Namun ternyata di Doha jam 00.00 sudah siap biarding lagi pesawat take 01.55..artinya masih ada waktu..krn disini kami tidak perlu mengurus bagasi dan imigrasi.
Di dalam peswat..karena take off jam 01.55 jika subuh sekitar jam 05.00 maka perkiraan saya 3 atau 4 jam setelah terbang siap-siap subuh. Ternyata kok masih malam gelap..sampai 6 jam setelah terbangpun masih gelap.(Iya ya..ternyata pesawat kami lari menjauh saat dikejar matahari hehe).
Saya pu sholat subuh dan ngajak Aan sholat subuh (kawatir tahu tahu sdah kesiangan jika tidur lagi).
Setelah tidur luama pun ternyata masih gelap juga. ..wah subuh yang tadi terlalu awal berarti..hehe
Begitu yakin dijendela sudah terlihat fajar.. Dan juga di globe (peta) terlihat pesawat dalam area perbatasan malam dan pagi..akhir saya ajak semua anggota team lain utk segera subuh di pesawat..
Kami nggak tahu jam berapa harusnya waktu subuh itu tiba..
Alhamdulillah jam 08.30 pesawat mendarat di NY dengan selamat dalam cuaca cerah meskipun ternyata suhu diluar lumayan dingin sekitar 8 derajat.
(Joe/Pitt USA 301018)

Latest News

  • Leadership as Competitive Edge

    Kuliah soft skills pada sesi ke – 4 dengan tema Why Am I here? Leadership as Competitive Edge telah

    28 Jan 2021
  • Bangkitkan Jiwa Entrepreneurship Mahasiswa Melalui Kuliah Soft Skill “Why I Am Here? Building Entepreneurship”

    “Siapa bilang Entrepreneurship cuma milik pengusaha? Entrepreneurship bukanlah profesi apalagi cuma sekedar status. Entrepreneurship adalah cara memandang hidup, pola

    15 Des 2020
  • Mewujudkan Pembuatan Nata dengan Bahan Dasar Legen di Gresik

    Legen merupakan minuman tradisional dari Gresik Jawa Timur. Legen banyak ditemukan di sekitar wilayah Hendrosari Gresik. Minuman legendaris ini terbuat

    19 Nov 2020