News

Pembekalan Calon Wisudawan 120 Teknik Kimia ITS oleh CEO PT. Pelopor Teknologi Implantindo

Jum, 09 Agu 2019
8:56 am
Informasi
Share :
Oleh : Admin-TeknikKimia   |

Departemen Teknik Kimia FTI-ITS mengadakan acara pembekalan bagi calon wisudawan periode September 2019. Acara pembekalan yang diadakan di Aula Oedjoe Djoeriaman Teknik Kimia FTI-ITS menghadirkan pemateri yaitu Teguh Hari Prasetyo, alumnus Teknik Kimia ITS, yang saat ini menjadi CEO PT. Pelopor Teknologi Implantindo. Acara diawali dengan sambutan oleh Sekretaris Program Studi S-1 Teknik Kimia FTI-ITS yaitu Fadlilatul Taufany, S.T., Ph.D., selaku perwakilan dari Departemen Teknik Kimia FTI-ITS.

Pada awal sesi pembekalan ini, pemateri menceritakan pengalamannya selama bekerja baik di dalam negeri maupun di luar negeri hingga mencapai posisinya saat ini sebagai CEO PT. Pelopor Teknologi Implatindo. Pembekalan dilanjutkan dengan materi mengenai Cashflow Quadrant yang terdiri dari 4 jenis yairu, employee (E), self-employee (S), business owner (B), dan investor (I). “Karir seseorang kebanyakan diawali dengan menjadi seorang pekerja di suatu perusahaan. Setelah beberapa tahun harus bisa mengembangkan suatu usaha sendiri,” tuturnya.

 

 

Teguh menyampaikan bahwa selain hardskill para calon wisudawan harus memiliki softskill yang mumpuni menghadapi dunia kerja. “Dari hasil survey yang ada hal yang paling utama yang harus dimiliki oleh seseorang adalah kemampuan berkomunikasi. Oleh karena itu, penting bagi kalian untuk memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik,” ungkap pemegang International Certified Lean Six Sigma Black Belt. Hal ini dinilai sangat penting disamping memiliki intelegensi maupun indeks prestasi yang baik.

Hal lain yang disampaikan adalah mengenai rekrutmen pekerjaan. Dalam mengikuti rekrutmen pekerjaan ada hal-hal yang perlu dipersiapkan dengan baik seperti Curiculum Vitae (CV). Isi dari CV tersebut harus lengkap dan mencakup kemampuan yang dimiliki sehingga mampu menarik perhatian perekrut pekerjaan. Selain itu, Teguh menyampaikan sikap yang perlu dimiliki seperti jiwa kepemimpinan (leadership) dan kerjasama tim yang baik (teamwork).

Teguh menambahkan bahwa dalam sesi wawancara saat rekrutmen pekerjaan harus memperhatikan bahasa tubuh atau gestur. Selain itu, sebelumnya juga perlu menyiapkan daftar pertanyaan yang akan diajukan pada saat tahapan wawancara. Sesi pembekalan calon wisudawan ini ditutup dengan sesi tanya jawab dari peserta kepada pemateri.

Acara pembekalan ditutup dengan penyerahan cinderamata dan penutup oleh Kepala Departemen Teknik Kimia FTI-ITS Juwari, S.T., M.Eng, Ph.D didampingi oleh Kepala Program Studi S-1 Teknik Kimia FTI-ITS Dr. Lailatul Qadariyah, S.T., M.T. dan Sekretaris Program Studi S-1 Teknik Kimia FTI-ITS Fadlilatul Taufany, S.T., Ph.D

Latest News

  • Darmawan: Tahun Ke 4 Abmas Pemanfaatan Potensi Lokal Limbah Air Kelapa Menjadi Pupuk Cair Berbasis Organik

    Ilmu bukanlah menara gading, yang seharusnya tidak sulit untuk dirasakan oleh masyarakat, melalui pelatihan atau kegiatan transfer knowledge, ataupun

    27 Jul 2020
  • AIChE Talk: Building an International Career

    Kamis (17/10/2019), AIChE ITS SC (American Institute of Chemical Engineers ITS Student Chapter) mengadakan sebuah acara, yaitu AIChE Talk:

    12 Nov 2019
  • KINI Gandeng PKH ITS dan ISNU Mengenalkan Halal

    Kehalalan suatu produk makanan maupun minuman menjadi isu yang hangat dibicarakan dewasa ini di Indonesia. Pemahaman akan kaidah halal

    11 Okt 2019